Sponsors Link

15 Penggunaan Media Komunikasi Dalam Jaringan

Sponsors Link

Komunikasi dalam jaringan adalah sebuah kegiatan pertukaran informasi atau pesan yang dilakukan melalui jaringan internet atau disebut juga sebagai komunikasi daring atau komunikasi dunia maya (cyber space). Fungsi Komunikasi Daring sebenarnya sama dengan fungsi komunikasi pada umumnya, yakni untuk memberikan, melakukan serta menyebarkan atau mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Selain fungsi, Tujuan Komunikasi Dalam Jaringan juga sama dengan berbagai tujuan komunikasi pada umumnya. Adapun tujuan dari melaksanakan komunikasi dalam jaringan adalah :

ads
  1. Berbagi Sumber Daya (Resources)
  2. Integrasi data melalui media komunikasi
  3. Mengamankan data dan mengefisiensikan data, tenaga, waktu hingga biaya
  4. Mengontrol data dan melalukan pengembangan dan pemeliharaan
  5. Memudahkan pengelolaan hingga mengendalikan komunikasi dari jarak jauh
  6. Meningkatkan intensitas komunikasi, sebagai sumber informasi dan sebagainya

Untuk melakukan komunikasi dalam jaringan, maka terlebih dahulu kita harus mempersiapkan beberapa Komponen Pendukung Komunikasi Daring. Fungsi Komponen Pendukung Komunikasi Daring ini sangatlah penting, apabila komponen ini tidak ada atau rusak, maka komunikasi tidak akan dapat berjalan. Komponen ini terbagi kedalam 3 jenis, yaitu :

  1. Komponen perangkat keras (hardware)
  2. Komponen perangkat lunak (software)
  3. Komponen perangkat nalar atau akan (brainware)

Setelah komponen tersebut ada dan dapat bekerja dengan baik, tentunya komunikasi sudah dapat dilakukan. Sekarang ini banyak sekali Macam-macam Media Komunikasi dalam Jaringan yang dapat kita gunakan yang dibagi berdasarkan fungsi dan Jenis-jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Metode Penyampaiannya. Namun untuk melakukan komunikasi, terlebih dahulu kita harus mengerti cara penggunaan dan Etika dalam Penggunaan Media Komunikasi yang baik dan benar. Etika komunikasi yang kami maksud adalah :

  1. Menggunakan media komunikasi dengan baik dan benar
  2. Tidak melakukan tindak kejahatan menggunakan media komunikasi
  3. Berkomunikasi dengan jujur, terbuka, transparan dan saling menghargai
  4. Berkata dan berkalimat dengan sopan dan santun
  5. Menggunakan media komunikasi untuk tujuan pekerjaan dan kegiatan yang bermanfaat
  6. Menghormati privasi orang lain
  7. Menunjukkan rasa hormat ketika berkomunikasi
  8. Berhati hati dalam mengeluarkan setiap perkataan
  9. Selalu mematuhi peraturan berkomunikasi yang ada

Ketika tidak menggunakan Etika Komunikasi di Internet diatas, maka kemungkinan besar kita akan terjerat Undang-Undang Informasi dan Teknologi Elektronik (UU ITE) dan Tujuan Komunikasi Daring yang kita lakukan akan dicap negatif oleh orang banyak. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa jenis atau Macam-macam Media Komunikasi yang dapat digunakan sebagai media komunikasi. Adapun penggunaan media komunikasi dalam jaringan adalah :

1. Netmeeting

Netmeeting merupakan salah satu aplikasi atau media komunikasi dalam jaringan yang dibuat sekitar tahun 1998. Media komunikasi ini dapat kita temui pada Windows 98 yang penggunaannya biasanya pada saat rapat atau meeting. Itulah kenapa media komunikasi ini dinamai Netmeeting. Metode Komunikasi Dalam Jaringan Netmeeting berbasis VOIP (Voice Over Internet Protocol) yang mengharuskan semua komputer menggunakan atau memiliki software Netmeeting didalamnya untuk melakukan komunikasi.

2. Fax Modem

Fungsi dari penggunaan media komunikasi ini adalah untuk mengirimkan fax melalui komputer dengan menggunakan media modem. Cara kerjanya cukup sederhana, fax dibuat pada sebuah program di komputer dan diteruskan melalui jaringan internet didalam modem kepada komputer lain hingga ke jaringan fax server seperti printer. (baca juga : Konsep Pooling dalam Jaringan Komunikasi Data)

3. Email

Email atau surat elektronik merupakan sebuah aplikasi berkirim surat yang diciptakan untuk berkomunikasi secara tertulis kepada orang lain diwilayah lain dengan jarak yang cukup jauh. Sekarang ini sudah banyak sekali pengembang email yang terus berinovasi untuk mengembangkan email, diantaranya adalah Gmail dan Yahoo. Karena perkembangan itu pula, email tidak lagi sebatas berkirim surat elektronik, tapi juga bisa mengirimkan gambar, video ataupun file lainnya. Penerapan Komunikasi Daring email kepada seseorang sangatlah mudah, kita selaku pengirim email dan penerima email hanya perlu memiliki email agar komunikasi dapat dilakukan.

Sponsors Link

4. Chat

Fungsi Media Komunikasi yang satu ini hampir mirip dengan email atau faxmodem. Hanya saja, chat lebih responsif dan lebih cepat dalam cara kerjanya. Dahulu penggunaan chat hanya dapat dilakukan pada computer server ataupun computer workstation, karena sistem operasi chat berada pada terminal server windows yang bekerja hanya pada satu jaringan. Kini, chat merupakan salah satu Media Komunikasi Modern daring yang sekarang ini terdapat pada hampir setiap sistem operasi komputer ataupun smartphone.

5. Net Send

Mungkin tidak banyak yang mengenal Net Send karena biasanya Net Send sering juga disebut sebagai aplikasi Command Prompt. Media komunikasi daring yang satu ini sudah jarang digunakan oleh kebanyakan orang, hal ini disebabkan karena penggunaan Net Send hanya dapat dilakukan pada jaringan kecil saja. (baca juga : Penggunaan Teknologi Dalam Komunikasi Bisnis)

6. mIRC

mIRC adalah sebuah aplikasi atau media komunikasi daring yang memungkinkan seluruh penggunanya dapat terhubung, dimanapun dan kapanpun asalkan ada jaringan internet. Perangkat lunak ini dibuat sekitar tahun 1995 dan setiap orang yang ingin menggunakannya harus membayar untuk mendapatkan Internet Relay Chat berbasis windows. Arti dari mIRC sendiri diambil dari pembuatnya, yaitu Khaled Mardam-Bey yang digabungkan dengan Internet Relay Chat menjadi Mardam Internet Relay Chat.  Penggunaan dari aplikasi ini memiliki cakupan yang cukup luas dan dapat terhubung dihampir semua jaringan internet. Jenis Metode Komunikasi Daring yang digunakan hampir mirip dengan Yahoo Messenger.

ads

7. Infra merah

Media komunikasi ini menggunakan gelombang cahaya dengan frekuensi rendah. Cara kerjanya adalah membawa data melalui udara di sebuah jalur diantara dua titik yang disebut sebagai Direct Line Of Sight. Teknologi media komunikasi daring yang satu ini hampir sama dengan teknologi remote pada TV atau DVD. Infra merah biasanya hanya akan digunakan untuk berkirim data dan bukan berkomunikasi pesan atau informasi. Namun, media ini memiliki banyak sekali kekurangan, salah satunya adalah cuaca karena dapat mengganggu transmisi gelombang cahaya yang digunakan oleh infra merah.

8. Microwave

Jika pada peratalan memasak ada peralatan bernama Microwave, maka pada komunikasi daring juga ada media komunikasi bernama Microwave. Cara kerjanya hampir mirip dengan infra merah, hanya saja jika infra merah menggunakan frekuensi rendah, maka Microwave menggunakan frekuensi yang tinggi sehingga dapat menampilkan refleksi, fokus atau pembiasan pada pada jalur transmisi gelombang mikro diudara melalui kabel kawat tembaga. Penggunaannya biasa digunakan sebagai parabola, antena TV atau radio hingga melakukan pencitraan bentuk bumi. (baca juga : Hambatan Penggunaan Teknologi Dalam Komunikasi Bisnis)

9. Radio

Radio juga termasuk kedalam media komunikasi daring. Kini Sistem Komunikasi Radio sudah berkembang dengan sangat pesat. Dimana saja dan kapan saja, kita dapat menggunakan radio dengan menggunakan kabel, tanpa kabel, melalui jaringan telepon hingga melalui jaringan internet.

10. Satelit

Satelit adalah media komunikasi jaringan yang menggunakan signal gelombang mikro. Media komunikasi ini biasanya akan diterbangkan ke ruang angkasa pada jarak sekitar 35000 Km diatas tanah. Penggunaan satelit adalah untuk menerima atau mengirimkan suara, data, signal televisi hingga mengambil gambar suatu lokasi di bumi.

11.Short Message Service ( SMS)

Short Message Service atau SMS adalah sebuah media komunikasi jaringan yang penggunaannya adalah untuk mengirimkan pesan atau informasi dalam jumlah yang sedikit. Biasanya, SMS hanya dapat mengirimkan pesan dengan jumlah huruf diantara 200 – 500 huruf saja. Media komunikasi ini dapat kita temui pada berbagai jenis telephone genggam. adalah sebuah layanan yang dilaksanakan dengan sebuah telepon genggam untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek. Kini, SMS juga telah berubah wujud menjadi Chat pada aplikasi komunikasi jaringan modern. (baca juga : Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer dalam Komunikasi Data)

12. Telephone

Dahulu, media komunikasi yang satu ini hanya dapat digunakan pada jaringan telepon saja. Namun seiring perkembangan jaman, penggunaan telephone juga dapat dilakukan melalui jaringan internet yang dikenal sebagai Internet telephony dan voIP. Media ini memudahkan orang – orang untuk saling berkirim pesan suara maupun berkomunikasi dengan cara berbicara langsung. Jika pada media komunikasi seperti telepon atau handpone penggunaannya sudah otomatis karena telepon atau handphone sudah memiliki speaker dan mikrofon, maka pada komputer atau laptop pengguna terlebih dahulu harus menyiapkan mikrofon atau speaker.

13. Video Conference

Video conference adalah media komunikasi yang cukup modern dan terbaru. Media ini memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dalam bentuk audio vidio. Video Conference menggunakan jaringan internet untuk menjalankan proses komunikasi. Dalam penggunaannya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya seperti speaker, mikrofon, serta camera. Namun lagi – lagi karena perkembangan jaman, video conference kini dengan mudah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hanya perlu menyiapkan laptop atau komputer bahkan HP sekalipun sudah bisa untuk melakukan video conference. (baca juga : Prinsip Komunikasi Kesehatan)

Sponsors Link

14. Website atau Blog

Website atau blog adalah media komunikasi yang dapat memunculkan teks, video, gambar maupun gabungan dari ketiganya. Dengan menggunakan jaringan internet, para penggunanya sudah dapat berselancar ria mencari setiap informasi yang dibutuhkannya. Cara kerja dari website atau blog adalah dengan menyimpan seluruh informasi yang dibuat kedalam pusat server, diubah oleh sistem operasi kedalam hypertext dan ketika seseorang mencari informasi tersebut, maka sistem operasi akan menampilkannya pada media perangkat seperti komputer, laptop atau handphone.

15. Sosial Media

Sosial media adalah media komunikasi jaringan yang paling baru dan paling modern. Media ini memiliki kemampuan yang sangat mutahir dalam memberikan dan menjalankan komunikasi. Sosial media akan menampilkan profil penggunanya mulai dari fhoto, nama, hingga informasi lainnya sesuai dengan keinginan pengguna. Sekarang ini, sosial media sudah memiliki ratusan nama, diantaranya adalah facebook, instagram, path, Whatsapp, Line, Wechat, Google+, dan lain sebagainya. Pada media sosial, seluruh metode komunikasi dapat dilakukan, mulai dari pesan singkat, pesan panjang, telepon, hingga video call atau video conference. (baca juga : Hubungan Konsep Diri dalam Komunikasi Antar Pribadi)

Sekian dulu penjelasan kami mengenai penggunaan media komunikasi dalam jaringan pada tulisan kali ini, semoga tulisan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kamu semua tentang penggunaan media komunikasi. Kami berpesan untuk selalu menggunakan media komunikasi dengan baik, bijak dan selalu mengikuti peraturan yang telah ditetapkan dalam bentuk undang-undang. Jangan pergunakan media komunikasi apapun untuk melakukan kejahatan. Sampai ketemu pada artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring