Sponsors Link

15 Penggunaan Teknologi Dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link
Pengertian Komunikasi Bisnis adalah sebuah pertukaran informasi yang berhubungan dengan usaha ataupun bisnis tertentu baik produk jasa ataupun barang yang dilakukan oleh penjual dengan pembeli, penjual dengan relasi ataupun kolega hingga penjual dengan pembuat atau produsen produk. Bisnis pada umumnya memiliki Pengaruh Budaya dalam Komunikasi Bisnis yang dilakukan, tapi pengaruh budaya tersebut sepertinya semakin menurun akibat kecanggihan jaman dan teknologi. Kenapa? karena kemajuan jaman yang sangat pesat sekarang ini bukan hanya terletak pada kemajuan manusianya saja, tetapi juga pada perkembangan teknologi peralatan serta teknologi media digital, tentunya membawa pengaruh yang cukup besar didalam kehidupan berusaha ataupun berbisnis.
Seiring dengan perkembangan teknologi itulah, kini entah itu Komunikasi Bisnis Lintas Budaya, model komunikasi bisnis antar negara hingga berbagai bentuk komunikasi bisnis lainnya yang juga menggunakan berbagai Jenis-jenis Komunikasi Bisnis, semakin mudah untuk dilakukan. Jika dahulu dikatakan sebagai zaman susah berusaha atau berbisnis karena memiliki berbagai hambatan komunikasi bisnis seperti budaya, jarak, terkendalanya distribusi dan lain sebagainya, maka sekarang dimana saja dan kapan saja setiap orang dapat melakukan bisnis ataupun usaha yang mereka rintis melalui kecanggihan teknologi.
Kecanggihan teknologi memiliki peranan ataupun pengaruh yang sangat penting didalam kehidupan berbisnis. Pengaruh teknologi dalam komunikasi bisnis yang paling besar adalah untuk mempermudah penjual dan pembeli untuk berinteraksi, selain itu teknologi juga berfungsi untuk memberikan Pengaruh Komunikasi Bisnis dalam Perusahaan ketika merancang strategi ataupun rencana proses komunikasi pemasaran.  Meskipun begitu, teknologi dalam komunikasi bisnis haruslah digunakan dengan baik dan benar serta selalu mengikuti Etika Komunikasi Bisnis yang ada, agar tujuan komunikasi bisnis terutama Tujuan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya dapat memiliki fungsi komunikasi bisnis sebagaimana mestinya.
Ketika teknologi digunakan secara asal-asalan didalam dunia bisnis, maka yang tercipta hanyalah Dampak Komunikasi Tidak Efektif dalam Komunikasi Bisnis. Selain itu, berbagai fungsi komunikasi bisnis yang seharusnya bekerja untuk menjalankan strategi komunikasi pemasaran secara efektif tidak akan berjalan dengan efektif. Sebenarnya telah banyak sekali kegiatan bisnis ataupun Manajemen Komunikasi Pemasaran saat berbisnis menggunakan teknologi, untuk itu kami akan memberikan beberapa contoh penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis yang sering kita temui. Beberapa contoh penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis tersebut adalah :

Berikut ini terdapat beberapa penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis, mulai dari umum hingga penggunakan untuk keperluan yang khusus, antara lain:

ads

1. Satelit

Teknologi pertama yang digunakan dalam komunikasi bisnis adalah Satelit yang merupakan sebuah benda yang bekerja dengan cara mengorbitkan benda lain dalam waktu ataupun periode tertentu, dimana waktu tersebut meliputi revolusi ataupun rotasi. Kita mengenal 2 jenis satelit, yakni satelit buatan dan satelit alam. Penggunaan teknologi satelit dalam komunikasi bisnis tentunya sangatlah penting, karena ketika tidak ada satelit maka otomatis jaringan internet ataupun jaringan handphone serta jaringan TV tidak akan ada. Ketika hal itu tidak ada, tentu bisnis juga tidak akan berjalan dengan baik, efisien, cepat dan tepat.

2. Internet

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking ataupun jaringan koneksi saling terhubung antara satu dengan lainnya yang distandarisasi menggunakan sistem Global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP). Teknologi yang satu ini juga sangat penting ketika melakukan Komunikasi Bisnis. Ketika media komunikasi bisnis terhubung dengan internet, maka Proses Komunikasi Pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien. Penggunaan internet dalam berbisnis juga membuat Fungsi Komunikasi Bisnis semakin berjalan dengan baik dan mencapai tujuan utamanya yaitu untuk mempertahankan dan meningkatkan bisnis tersebut.

3. Enterprice Resource Planning
Enterprice Resource Planning atau ERP merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan untuk membantu setiap orang yang ingin berbisnis. Dengan menggunakan sistem ERP yang mencakup sistem manajemen bisnis yang cukup baik, maka pengelolaan bisnis dapat dilakukan secara terintegrasi. Secara umum, sistem teknologi pada ERP akan melakukan berbagai proses seperti pemasukan data, pemrosesan data, penyimpanan data, serta mendistribusikan data yang dilakukan secara otomatis.
Keuntungannya adalah biaya untuk kegiaatan tersebut akan semakin berkurang sehingga pengeluaran perusahaan juga akan semakin berkurang. Selain itu tingkat Fleksibilitas informasi dan data juga akan semakin terlihat dan menjadi lebih terorganisir dan tersentralisasi.  Penggunaan teknologi untuk menciptakan ERP ini menjadi sangat penting karena sistem ini akan mengurangi Hambatan Komunikasi Bisnis mengenai data dan membuatnya menjadi terintegrasi.
4. E-Commerce

E-Commerce adalah adalah perdagangan yang dilakukan dengan menggunakan Macam-macam Media Komunikasi dalam Jaringan seperti media sosial, website, blog dan lain sebagainya. Teknologi internet yang menjadi penopang utama dalam menjalankan Strategi Marketing Online tidaklah boleh dianggap sepele. Karena pada jaman sekarang ini, E-Commerce merupakan cara jual – beli yang paling digemari oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena masyarakat dimanapun dan kapanpun dapat membeli berbagai jenis kebutuhan mereka dengan mudah, aman dan cepat. E-Commerce terbagi kedalam tiga jenis, yakni :

  • Electronic Markets (EMs) yaitu sistem informasi yang menyediakan fasilitas jual dan beli serta pertukaran informasi tentang harga, spesifikasi atau produk yang ditawarkan.
  • Elektronic Data Interchange (EDI) yaitu sarana transfer data terintegrasi dan terstruktur dengan sistem komputer ke sistem komputer dengan standarisasi kode transaksi jual-beli secara otomatis dan tidak memerlukan hardcopy, bon, faktur ataupun nota pembelian.
  • Internet Commerce yaitu orang yang menggunakan internet untuk aktivitas jual-beli. Selain melakukan jual beli, pembuatan iklan juga masuk kedalan jenis yang satu ini.
Sponsors Link

5. Internet Banking

Didalam dunia bisnis perbankan, teknologi juga sangat memiliki peranan serta pengaruh yang sangat besar. Salah satu Pengaruh Teknologi dalam Komunikasi Bisnis yang dilakukan oleh perbankan adalah dengan menciptakan Internet Banking. Internet Banking merupakan sebuah sistem transaksi perbankan yang menggunakan jaringan internet didalam setiap aktivitasnya, apakah itu melakukan transfer, cek saldo, pembayaran hingga mutasi rekening, dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi didalam perbankan berdampak positif kepada konsumen ataupun nasabahnya, yakni nasabah dapat melakukan control terhadap account bank mereka dimanapun dan kapanpun.

6. Telephone atau Handphone

Jika dahulu telephone hanya digunakan untuk berkomunikasi baik melalui suara ataupun pesan singkat, maka kini telephone telah memiliki fungsi ataupun fitur lain seiring dengan perkembangan teknologi. Fitur lain dari telephone yang kami maksud adalah telephone kini sudah beralih fungsi sebagai sarana untuk melakukan jual-beli didalam berbagai Model Komunikasi Bisnis yang ada.

Perkembangan telephone menjadi handphone, handphone menjadi android, android menjadi smartphone, membuat setiap orang yang memiliki benda yang satu ini dapat melakukan bisnis dimana saja dengan sangat mudah. Bentuk Komunikasi Bisnis menggunakan teknologi telephone atau handphone juga sangatlah sederhana, cukup dengan membuka aplikasi yang diinginkan, maka bisnis pun dapat dimulai.

7. Komputer

Jika dahulu komputer hanya sebatas mengetik dan menyimpan data, maka sekarang ini penggunaan teknologi komputer didalam komunikasi bisnis adalah hal yang sangat penting. Perkembangan teknologi komputer membuat seorang pebisnis menjadi lebih mudah untuk melakukan dan menjalankan Fungsi Komunikasi Bisnis Dalam Manajemen perusahaan. Dari komputer pula berbagai aplikasi, gambar-gambar menarik, iklan dan berbagai faktor pendukung keberhasilan bisnis dibuat dan disebarkan keseluruh penjuru dunia. Selain itu, komputer sendiri juga telah menjadi bisnis yang cukup menjanjikan, misalnya seperti jasa penyewaan komputer atau yang lebih kita kenal dengan istilah warnet (warung internet).

8. Televisi

Penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis yang berikutnya dapat pula kita lihat pada perkembangan teknologi Televisi. Di Indonesia sendiri, dahulu TV hanya memiliki siaran tunggal yaitu TVRI. Namun, dengan perkembangan teknologi, kini ratusan siaran TV sudah bisa dinikmati dan ditonton setiap hari. Sekarang, TV juga menjelma menjadi media promosi yang sangat digemari.

Berbagai Strategi Komunikasi Pemasaran seperti iklan, talkshow, wawancara pengenalan produk, presentasi penggunaan produk, sponsor, dan lain sebagainya kini semakin sering muncul di TV. Dampaknya adalah terjadinya peningkatan jual-beli, karena masyarakat mengetahui sebuah produk yang mungkin saja mereka cari atau mereka butuhkan melalui TV.

ads

9. Aplikasi komunikasi bisnis

Perkembangan teknologi yang sangat pesat juga membuat munculnya berbagai jenis aplikasi bisnis yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, bukan hanya oleh pembeli melainkan oleh penjual. Di Indonesia saja, kita menemukan ribuan aplikasi bisnis yang dibuat dengan tujuan untuk melakukan berbagai kegiatan bisnis. Aplikasi juga sangat berperan untuk menciptakan Peran Komunikasi Pemasaran yang berfungsi dengan efektif dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, aplikasi juga berperan untuk menciptakan Proses Komunikasi Efektif melalui berbagai aplikasi seperti :

  • Aplikasi media sosial seperti facebook, youtube, twitter, path, instagram, dan sebagainya
  • Aplikasi chat email seperti yahoo, gmail, dan sebagainya
  • Aplikasi website seperti WordPress, Blog, dan sebagainya

10. Aplikasi Design

Aplikasi design merupakan teknologi yang juga sangat penting didalam kegiatan berbisnis sekarang ini, karena dari aplikasi inilah berbagai design menarik, unik, lucu serta memiliki bentuk dan ragam warna dibuat. Selain itu, kemajuan teknologi pada aplikasi design membantu bisnis untuk menciptakan sebuah brand produk yang baik dan berkualitas melalui berbagai kreasi seperti iklan, video, cover ataupun kemasan produk, logo produk, dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi aplikasi design dalam komunikasi bisnis secara tidak langsung juga membentuk pandangan atau citra produk pada konsumen. Ingat, salah satu Fungsi Iklan Bagi Pemasaran adalah untuk menciptakan brand atau citra produk pada konsumen.

11. Aplikasi pencari

Aplikasi pencari ataupun Search Engine merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan siapa saja untuk mencari apasaja sesuai dengan keinginannya. Dengan aplikasi ini, sebuah produk bisnis secara tidak langsung akan tersebar dengan sangat cepat dan dapat dicari oleh siapa saja. Selain itu, aplikasi pencari juga memiliki Tujuan Periklanan yang baik bagi sebuah produk. Penggunaan teknologi aplikasi pencari dalam komunikasi bisnis juga akan memberikan citra kepada perusahaan mengenai produk apa yang dicari oleh konsumen, sehingga perusahaan sebagai produsen atau penjual dapat mengambil kesempatan tersebut.

12. Customer Relationship Management

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah sistem yang bekerja untuk mencatat setiap interaksi yang terjadi antara penjual dengan pembeli. Ketika CRM bekerja, maka akan tercipta sebuah catatan mengenai data pelanggan secara berurutan mulai dari hari, tanggal, jam, menit hingga detik. Dengan demikian kegiatan bisnis akan lebih tertata dengan rapi, serta data para pelanggan akan tersimpan dengan rapi, aman dan dapat diakses oleh pelanggan itu sendiri. Penggunaan teknologi CRM dalam bisnis juga membuat perusahaan atau penjual produk semakin dapat memuaskan para pelanggannya.

13. Customer Service

Penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis juga dapat kita temukan pada sebuah bisnis atau usaha yang memiliki customer service. Customer service ini juga tidak terlepas dari Pengaruh Advertising dalam Komunikasi Global yang memberikan ruang bagi konsumen untuk memberikan kritik, saran ataupun keluhan serta aduan mengenai produk yang mereka beli dan mereka gunakan. Fungsi dari customer service dalam komunikasi bisnis adalah untuk merangkum seluruh keluhan, saran, kritik hingga aduan konsumen, agar perusahaan ataupun produsen produk dapat memperbaharui produk yang dikeluhkan tersebut.

14. Computer System

Computer system adalah sebuah system computer yang terintegrasi secara otomatis dan dapat bekerja sendiri. Penggunaan teknologi yang satu ini pada sebuah bisnis, akan memberikan keuntungan bagi perusahaan karena biaya produksi akan semakin berkurang. Biasanya akan dapat kita lihat pada bisnis yang sudah cukup besar dan memiliki pabrik pembuatan produk sendiri. Beberapa jenis computer system adalah :

  • Computer Numerical Contor (CNC) atau system untuk melakukan pengawasan dalam bentuk nomor ataupun perhitungan angka
  • Computer Aided Manufacture (CAM) adalah penggunaan software komputer untuk melakukan kegiatan control pada bagian-bagian mesin lain yang terhubung secara komputerisasi.
  • Computer Aided Design (CAD) adlah system yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan dalam hal mendesign sesuatu untuk keperluan bisnis.

15. Management Information system (MIS)

Management Information system (MIS) adalah sebuah sistem teknologi yang dibuat untuk memanage informasi yang masuk, seperti informasi jual – beli, informasi keuangan, informasi stok barang, informasi keluhan, dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi ini dalam komunikasi bisnis, dapat kita temui pada beberapa jenis bisnis seperti :

  • Bisnis retail atau toko perbelanjaan
  • ATM, Chasier atau alat pembayaran lainnya
  • Bisnis fashion, dan berbagai bisnis lainnya

Demikianlah penjelasan kami mengenai penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis. Semoga apa yang kami tuliskan diatas dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kepada kamu semua pembaca setia pakarkomunikasi.com. Sekian dulu perjumpaan kita kali ini, sampai bertemu pada artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis