Sponsors Link

10 Pengaruh Advertising dalam Komunikasi Global

Sponsors Link

Membahas pengaruh advertising dalam komunikasi global memang menarik. Perkembangan komunikasi saat ini memang cukup pesat. Bagaimana tidak, kemajuan teknologi memungkinkan terjadinya proses komunikasi internasional yang lebih mudah lagi. Jarak seakan sudah tidak ada lagi dan menjadi suatu hal yang memang bisa dibiaskan oleh teknologi. Seseorang bisa melakukan komunikasi di wilayah dengan jarak bermil-mil jauhnya. Tak heran bila kemudian komunikasi global juga sangat mudah dilakukan. Media sosial bahkan juga memungkinkan kita melakukan proses komunikasi efektif ini dengan sangat praktis.

ads

Advertising atau periklanan ternyata sedikit berpengaruh dalam proses komunikasi global. Periklanan biasanya sangat erat kaitannya pula dengan komunikasi bisnis dan komunikasi pemasaran. Tak heran bila kemudian komunikasi global biasanya juga akan terselip hal-hal yang berbau persuasif atau sifatnya ajakan. Berikut adalah beberapa macam pengaruh advertising jika dikaitan dengan komunikasi global.

  1. Menciptakan Bahasa Slang

Bahasa slang bisa terbentuk dari pengaruh advertising. Perhatikan saja setiap tag line dari suatu iklan. Manakala tag line tersebut memiliki sifat yang menarik (catchy) maka besar kemungkinan akan tercipta bahasa slang yang mendunia. Contoh yang paling mudah, kita mungkin mengenal istilah “googling”. Istilah ini bahkan masuk ke dalam kamus Oxford sebagai istilah yang merujuk pada proses pencarian informasi melalui mesin pencari milik Google.

  1. Terbentuknya Proses Branding Skala Internasional

Kita mungkin akan langsung terbayang logo perusahaan saat menyebut “Apple”. Ya, ini adalah salah satu contoh bentuk dari proses branding yang sudah berhasil melekat hingga skala nasional. Proses komunikasi pemasaran global akan dipengaruhi oleh proses advertising tersebut, dimana seseorang akan dengan mudah mengidentifikasi sesuatu hanya dengan membayangkan saja pada saat mendengar nama atau melihat suatu logo. Luar biasa, bukan?

  1. Memuat Konten Persuasif yang Luas

Pengaruh advertising dalam komunikasi global selanjutnya yaitu dalam hal memuat konten yang sifatnya persuasif. Biasanya iklan produk ini akan berisi ajakan-ajakan menarik untuk menggunakan suatu produk. Teknologi yang berkembang pesat kemudian menyebabkan konten tersebut disebar dalam skala internasional. Internet sebagai media komunikasi bisa menjadi contoh dalam penyebaran konten persuasif.

  1. Mengubah Gaya Komunikasi

Gaya komunikasi bahkan bisa berubah hanya karena pengaruh advertising. Istilah-istilah baru yang muncul kemudian bisa menyebabkan perubahan gaya komunikasi. Hal ini merupakan salah satu hal menarik yang juga menjadi pengaruh dari advertising itu sendiri.

  1. Mengenalkan Budaya Komunikasi yang Berbeda

Hampir mirip dengan proses terciptanya bahasa slang, pertukaran budaya komunikasi bisa saja terjadi karena pengaruh advertising. Inilah mengapa dalam komunikasi pemasaran harus memperhatikan latar belakang dan budaya dari kearifan lokal tempat periklanan tersebut berlangsung.

Sponsors Link

  1. Mempengaruhi Gaya Hidup

Gaya hidup sedikit banyak juga akan ikut dipengaruhi dengan adanya advertising. Gaya hidup bisa ikut berubah perlahan, seperti misalnya menjadi pola hidup yang lebih konsumtif. Disadari atau tidak, ini merupakan salah satu pengaruh dari proses periklanan.

  1. Mengenalkan Identitas Produk

Identitas produk juga bisa dikenal dengan luas berkat adanya proses advertising. Komunikasi bisnis secara internasional akan mempermudah hal ini. Sebenarnya ini menjadi dua hal yang saling berpengaruh. Advertising akan mengenalkan identitas produk, sementara komunikasi global akan mempermudah jaringan pengenalan produk tersebut.

  1. Memberikan Cara Komunikasi Berbeda

Cara komunikasi yang berbeda juga bisa muncul sebagai pengaruh dari advertising. Sama halnya dengan kemunculan bahasa-bahasa slang, seseorang mungkin akan meniru cara berkomunikasi yang ditunjukkan dalam suatu advertising.

  1. Membentuk Komunitas Tertentu

Advertising bahkan bisa membentuk suatu komunitas tertentu hanya karena mampu meningkatkan pengaruhnya dalam komunikasi global. Sebagai contoh, komunitas berupa fans produk tertentu mungkin akan mengeluarkan tag line tertentu dan dikenalkan secara global pula.

  1. Mempengaruhi Pola Komunikasi

Komunikasi global mungkin akan semakin cenderung menggunakan jenis komunikasi yang instan. Seseorang menginginkan cara yang lebih cepat pada saat akan berkomunikasi karena adanya pengaruh advertising. Ini adalah pengaruh advertising dalam komunikasi global yang cukup signifikan bisa dirasakan.

Demikian penjelasan terkait apa saja pengaruh advertising dalam komunikasi global yang ternyata memberikan pengaruh signifikan terhadap kelancaran dan keberhasilahn komunikasi global atau komunikasi internasional

Sponsors Link
, , ,
Oleh :