Sponsors Link

8 Pengaruh Persepsi dalam Komunikasi Interpersonal

Sponsors Link

Terdapat pengaruh persepsi dalam komunikasi interpersonal yang perlu kita ketahui supaya kita bisa mengetahui betapa pentingnya menjaga persepsi supaya bisa tetap terjaga selama proses komunikasi. Persepsi bisa disebut sebagai suatu cara pandang seseorang dalam menerima suatu informasi. Manakala terjadi suatu kesalahan persepsi, atau sudah menggunakan persepsi yang salah, maka proses komunikasi mungkin bisa berjalan dengan kurang efektif. Inilah mengapa kita perlu mengetahui apa saja pengaruh dari persepsi dalam proses komunikasi interpersonal.

ads

Komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi merupakan proses komunikasi yang terjadi antara seorang individu dengan individu atau kelompok lainnya. Persepsi di dalam proses komunikasi ini harus sangat diperhatikan, supaya kita bisa membagikan informasi dengan baik dan pesan yang diterima pada penerima juga tetap utuh, tidak mengalami perubahan makna. Apa saja kira-kira pengaruh persepsi ini dalam komunikasi antar pribadi?

  1. Menimbulkan Perdebatan

Manakala terjadi kesalahan persepsi, perdebatan di dalam komunikasi antar individu bisa saja timbul. Persepsi harus disamakan terlebih dahulu sehingga tidak memicu terjadinya perdebatan. Hal ini akan sangat berguna terutama untuk mencegah terjadinya kesalahan pengiriman pesan. Dengan adanya persepsi yang baik, seseorang bisa menjadi lebih mudah dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi.

  1. Terjadinya Kegagalan Penyampaian Pesan

Kegagalan penyampaian pesan bisa terjadi akibat sempitnya persepsi seseorang. Pesan yang seharusnya bisa diterima dengan baik, akan ditolak oleh seseorang hanya karena dari awal ia sudah memiliki persepsi yang berbeda. Ini merupakan sebuah hal yang harus dihindari. Menambah wawasan merupakan cara supaya persepsi kita bisa menjadi lebih luas. (Baca juga: Teori persepsi dalam Komunikasi Antar Pribadi)

  1. Perubahan Informasi

Hampir mirip dengan kegagalan penyampaian pesan, perubahan informasi juga bisa terjadi jika seseorang memiliki persepsi yang berbeda, tetapi tidak dibahas pada saat itu juga. Seseorang mungkin bisa menerima informasi yang disampaikan, tetapi pada saat mengulangi isi pesan rupanya ia memberikan informasi yang berbeda jauh dari pesan awal. Ini adalah salah satu pengaruh persepsi dalam komunikasi interpersonal yang sering juga kita jumpai dan menimbulkan kesalahpahaman.

  1. Timbulnya Komunikasi Kurang Efektif

Komunikasi akan menjadi kurang efektif karena adanya persepsi yang tidak diluruskan. Klarifikasi menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan supaya proses komunikasi bisa berjalan dengan semestinya. Proses komunikasi bisa menjadi kurang efektif hanya karena adanya perbedaan persepsi elemen komunikasi interpersonal yang terlibat di dalamnya.

  1. Memicu Terjadinya Perselisihan

Akumulasi dari ada banyaknya perbedaan persepsi dalam komunikasi adalah terjadinya perselisihan. Ini menjadi masalah yang patut dihindari, mengingat hanya karena kesalahpahaman dari perbedaan persepsi, justru timbul suatu sikap saling memusuhi. Sekali lagi, klarifikasi bisa sangat membantu untuk menyelesaikan masalah ini.

Sponsors Link

  1. Mengembangkan Sikap Saling Menghargai

Dengan adanya perbedaan persepsi, ini juga bisa menciptakan sikap saling menghargai. Seseorang bisa mencerna informasi dengan lebih baik terlebih dahulu sebelum menanggapi lawan bicara. Sikap saling menghargai ini akan menjadi hal yang positif apabila perbedaan persepsi bisa diterapkan dengan baik.

  1. Mengenalkan Sudut Pandang Lain

Perbedaan persepsi juga bisa memunculkan cara berpikir yang bisa mengenali sudut pandang lain. Ini dikenal dengan istilah memperluas persepsi kita. Kita tidak akan mudah untuk mengambil kesimpulan hanya dari satu sudut pandang saja.

  1. Menumbuhkan Sikap Tidak Judgemental

Karena mampu untuk memperluas persepsi, maka sikap yang tidak judgemental juga bisa tumbuh dari diri seseorang. Seseorang akan berusaha bersikap netral terlebih dahulu selama proses komunikasi antar pribadi, hingga kemudian menyimpulkan berdasarkan pemikiran yang sudah membandingkan persepsi lain. Ini juga merupakan pengaruh persepsi dalam komunikasi interpersonal yang sifatnya positif.

Demikian penjelasan terkait beberapa pengaruh persepsi dalam komunikasi interpersonal yang berdampak pada komunikasi yang efektif.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :