Sponsors Link

7 Contoh Penggunaan Komunikasi dalam Program Pembangunan

Sponsors Link

Kali ini kita akan mengulas tentang contoh penggunaan komunikasi dalam program pembangunan. Sebagaimana kita ketahui, pembangunan merupakan bagian dari sebuah perkembangan wilayah. Komunikasi akan sangat diperlukan untuk kelancaran pembangunan. Pembangunan yang baik biasanya akan melibatkan banyak unsur, dimana komunikasi termasuk menjadi bagian yang paling utama di dalamnya. Bayangkan apabila tidak ada komunikasi yang digunakan selama proses pembangunan. Tidak mungkin bisa dilakukan perbaikan jalan atau pun pembangunan gedung-gedung mewah jika tidak ada koordinasi yang baik dalam komunikasi tersebut.

ads

Dengan melihat gambaran ringkas tersebut, maka kita perlu mengetahui beberapa gambaran nyata bagaimana contoh peran komunikasi pembangunan. Kita akan mendapatkan bahwa ternyata proses pembangunan memang sangat membutuhkan komunikasi di dalamnya. Kita bisa membedakan beberapa contoh proses komunikasi ini dalam program pembangunan di bidang-bidang yang berbeda. Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Pembangunan di Bidang Kesehatan

Proses pengembangan di bidang kesehatan akan sangat membutuhkan komunikasi kesehatan yang sangat jelas. Contohnya, suatu rumah sakit mungkin tidak dapat berkembang dengan baik bila akses informasi rumah sakit tersebut sulit. Masyarakat saat ini cenderung memilih cara-cara yang praktis untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Di sinilah peran komunikasi bisa diterapkan sebagai bagian dalam pembangunan di bidang kesehatan. Bisa kita lihat, banyak rumah sakit yang menerapkan situs informasi untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan.

  1. Pembangunan di Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian, komunikasi pun menjadi penting. Bahkan kita mengenal istilah komunikasi pertanian. Di sini akan banyak membahas mengenai bagaimana teknik-teknik pertanian terbaru yang bisa diterapkan. Tanpa adanya komunikasi, mungkin informasi seputar teknik pertanian tersebut tidak bisa berjalan dengan baik.

  1. Pembangunan di Bidang Infrastruktur

Dalam contoh gambaran awal, kita bisa melihat bahwa suatu proses pembangunan gedung tidak bisa terlaksana dengan baik tanpa adanya koordinasi. Koordinasi ini tentu saja akan melibatkan proses komunikasi di dalamnya. Inilah mengapa pembangunan di bidang infrastruktur juga sangat membutuhkan komunikasi. Contoh lain juga bisa dilihat ketika kita akan membangun sebuah rumah. Umumnya, kita akan mengkomunikasikan mengenai tipe dan seperti apa rumah yang akan kita bangun tersebut bukan?

  1. Pembangunan di Bidang Tata Kota

Dalam bidang tata kota, komunikasi akan membuat koordinasi pembuat kebijakan pemerintah menjadi lebih baik. Tata kota yang baik akan membuat masyarakat di dalamnya juga nyaman untuk tinggal di sana. Inilah alasan mengapa pembangunan di bidang tata kota juga bisa menjadi contoh penggunaan komunikasi dalam program pembangunan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi komunikasi di dalamnya.

Sponsors Link

  1. Pembangunan di Bidang Bisnis

Tak hanya melulu soal fasilitas dan layanan, dalam pembangunan di bidang bisnis pun dibutuhkan komunikasi. Penyebaran promosi, informasi lowongan kerja hingga proses branding adalah bentuk dari contoh komunikasi yang ada dalam pembangunan bidang bisnis. Komunikasi akan membuat semuanya menjadi lebih mudah dan terstruktur. Beragam jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampainnya juga mungkin muncul dalam pembangunan di bidang bisnis.

  1. Pembangunan di Bidang Peternakan

Kita mungkin sudah mendapatkan contoh tentang penerapan komunikasi di bidang pembangunan pertanian, ini sebenarnya juga mirip-mirip dengan bidang peternakan. Informasi terbaru seputar pengembangan peternakan akan dijembatani oleh proses komunikasi. Ini merupakan bagian mendasar yang akan sangat bermanfaat. Ini merupakan bagian dari model-model komunikasi yang sudah kita ketahui sebelumnya.

  1. Pembangunan di Bidang Hukum

Di bidang hukum, pembuatan kebijakan atau birokrasi akan lebih mudah diteruskan ke masyarakat dengan adanya komunikasi. Setidaknya ini akan mewujudkan iklim hukum yang lebih baik. Contoh yang paling mudah adalah ketika ada sosialisasi mengenai peraturan baru. Komunikasi akan membuat informasi tersebut disalurkan ke masyarakat dengan lebih mudah. Contoh penggunaan komunikasi dalam program pembangunan ini tentu saja sering kita jumpai dan banyak diterapkan dalam keseharian.

Demikian penjelasan terkait beberapa contoh penggunaan komunikasi dalam pembangunan yang bisa dijadikan panduan dalam menggunakan komunikasi untuk pembangunan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :