Sponsors Link

8 Pengaruh Budaya dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Masyarakat di Indonesia terdiri atas beranekaragam suku, ras, adat istiadat, dan bahasa. Budaya merupakan suatu cara hidup atau kebiasaan yang digunakan masyarakat sebagai peraturan dalam kehidupan yang kemudian berkembang dan diturunkan atau diwariskan dari generasi ke generasi. Istilah budaya berasal dari bahasa sanskerta “buddhayah” yang berupa bentuk jamak dari buddhi yang artinya budi atau akal. Istilah budaya dari bahasa Inggris “culture” yang berarti budaya, kemudian diadopsi ke dalam bahasa Indonesia menjadi kultur.

ads

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Bahasa merupakan salah satu perwujudan dari budaya. Bahasa yang berbeda-beda terkadang mempengaruhi proses komunikasi. Ketika seorang komunikator kesulitan berkomunikasi dengan komunikan yang berbeda latar belakang budayanya maka cara yang tepat untuk menciptakan komunikasi yang efektif adalah mempelajari latar belakang budaya komunikan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa budaya menjadi pembelajaran di masyarakat. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Antar Budaya)

Budaya berkaitan dengan komunikasi yang tercermin dalam beragam bahasa. Perkembangan zaman memberikan pengaruh dalam kehidupan sosial, yaitu budaya mempengaruhi komunikasi bisnis. Tujuan kegiatan bisnis adalah mencari keuntungan. Sebuah perusahaan harus berlaku adil kepada konsumen, tidak menipu.

Oleh karena itu, perilaku etis sangat dibutuhkan dalam proses bisnis. Perilaku etis tidak hanya untuk proses pemasaran produk saja, perilaku tersebut juga berlaku untuk nilai dan moral sebuah perusahaan. Dalam sebuah perusahaan multinasional biasanya karyawan yang dipekerjakan dari berbagai negara, perbedaan budaya tersebut memberikan pengaruh dalam komunikasi bisnis. Perusahaan yang maju dapat berkembang dengan baik. Perusahaan tersebut akan dibangun dibeberapa wilayah seperti di lingkungan domstik maupun luar negeri. Untuk itu perusahaan diimbau agar mampu memahami kebudayaan-kebudayaan yang ada di dalam kehidupan sosial. Berikut adalah pengaruh budaya dalam komunikasi bisnis:

  1. Pemasaran

Pemasaran dalam sebuah perusahaan menjadi hal yang lumrah. Perusahaan berusahan meningkatkan pemasaran dalam negeri maupun luar negeri. Pemasaran luar negeri atau pemasaran internasional menjadi salah satu pengaruh budaya dalam komunikasi bisnis. Hal yang penting dalam pemasaran internasional adalah memahami budaya di setiap wilayaj karena budaya mempengaruhi hasil produksi. Oleh karena itu, budaya menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. (Baca juga: Etika Komunikasi Antar Budaya)

  1. Sumber daya manusia

Budaya dalam komunikasi bisnis berpengaruh terhadap sumber daya manusia. suatu perusahaan besar akan banyak membuka cabang perusahaan lain baik di domestik maupun internasional. Hal ini berhubungan dengan pengangkatan atau recruitment karyawan dalam perusahaan tersbut. Semakin banyak cabang perusahaan yang tersebar maka semakin beragam budaya karyawan dalam perusahaan tersebut. Misalnya, perusahaan asing yang membuka lapangan kerja di Indonesia. Karyawan yang ada di perusahaan tersebut tidak hanya dari warga asing, tetapi ada beberapa karyawan dari domestik. (Baca juga: Pengertian Komunikasi Bisnis)

  1. Perbedaan budaya di tempat kerja

Perkembangan perusahaan berpengaruh terhadap sumber daya manusia dimana sumber daya manusia tersebut menjadi heterogen karena memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Perbedaan budaya tersebut terjadi di dalam satu perusahaan atau tempat kerja. Untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis, pelaku perusahaan harus mempelajari latar belakang budaya yang dimiliki oleh karyawannya. Salah satu cara adalah dengan mengadakan diskusi. Diskusi memberikan pengaruh yang baik untuk kegiatan bisnis dan memudahkan pelaku bisnis dalam memberikan arahan kepada karyawannya. Dengan demikian, pelaku bisnis lebih dapat berkomunikasi secara efektif kepada karyawannya. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Bisnis Umum)

Sponsors Link

  1. Inovasi

Budaya mempengaruhi inovasi dalam sebuah perusahaan. Perbedaan latar belakang budaya pada setiap karyawan dapat memberikan nilai positif sebagai pengetahuan baru. Dengan adanya pengetahuan-pengetahuan tersebut maka karyawan dapat berinovasi. (Baca juga: Etika Komunikasi Bisnis)

  1. Penghargaan

Penghargaan merupakan salah satu wujud penghormatan dari pelaku perusahaan terhadap karyawannya. Perbedaan budaya antara karyawan tentu memberikan budaya yang berbeda pula dalam melakukan pekerjaan. Penghargaan dapat menciptakan keharmonisan dalam tim dan memberikan motivasi kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja dalam bekerja. (Baca juga: Bentuk Komunikasi Bisnis)

  1. Kinerja kerja

Budaya berpengaruh terhadap kinerja kerja karyawan. Perbedaan budaya menjadi tolak ukur karyawan untuk meningkatkan kinerja kerja. Dalam hal ini, karyawan berlomba-lomba untuk memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaan karena termotivasi oleh penghargaan yang diberikan oleh perusahaan. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Bisnis)

  1. Produksi

Suatu budaya dalam masyarakat mencakup nilai dan sikap. Nilai dan sikap seseorang dalam proses bisnis mempengaruhi proses produksi. Hal ini juga berkaitan dengan pemasaran produk. (Baca juga: Model Komunikasi Bisnis)

  1. Keuangan

Budaya dalam masyarakat mempengaruhi proses bisnis khususnya tingkat produksi yang melibatkan keuangan perusahaan. Keuangan perusahaan merupakan aset yang paling berharga. Budaya berpengaruh dalam proses pengolahan keuangan perusahaan. Budaya kejujuran adalah hal utama yang dibutuhkan dalam proses pengolahan keuangan karena budaya tersebut dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dari pelaku perusahaan. (Baca juga: Hambatan Komunikasi Bisnis)

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis