Sponsors Link

15 Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Ada banyak jenis komunikasi di dunia ini yang dapat kita pelajari. Dari komunikasi organisasi, komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, dan lain sebagainya. Salah satu jenis komunikasi yang penting untuk dipelajari adalah komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis sangat penting terutama dalam dunia wirausaha atau dunia bisnis. Apabila kamu tertarik untuk menjalankan bisnis, maka salah satu pengetahuan atau ilmu yang perlu kamu pelajari adalah ilmu komunikasi bisnis. Untuk itu, ada baiknya kita mempelajari komunikasi bisnis menurut para ahli di bawah ini, sehingga kamu dapat mengetahui apa itu komunikasi bisnis walaupun hanya dasarnya saja.

ads

Berikut beberapa pendapat ilmuwan tentang komunikasi bisnis.

1. Katz

Menurut Katz, komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial. Artinya, komunikasi tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan untuk terjadi perdagangan.

2. Djoko Purwanto

Dalam bukunya, Djoko Purwanto berpendapat bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang terdiri atas berbagai macam bentuk komunikasi, baik verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan kepentingan bisnis pelaku komunikasi tersebut.

Baca juga:

3. Rosenbalt

Menurut Rosenbalt, komunikasi bisnis merupakan sebuah proses pertukaran ide-ide atau opini, informasi, perintah dan sejenisnya, yang diutarakan baik secara personal ataupun tidak melalui tanda-tanda atau simbol tertentu demi mencapai tujuan-tujuan perusahaan tertentu.

4. William C. Himstreet

Menurut William C. Himstreet bersama koleganya, komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (dipakai, dikenal, digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan (yang dapat dipahami oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut).

5. Wyne Murlin Baty

Wyne Murlin Baty adalah orang yang membantu Himstrees merumuskan tentang komunikasi bisnis. Seperti rekannya, ia juga berpendapat bahwa komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (dipakai, dikenal, digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan (yang dapat dipahami oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut).

6. William Albig

Menurut Albig, komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran gagasan, pendapat, informasi, perintah tertentu yang memiliki tujuan tertentu (berhubungan dengan masalah bisnis) baik secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

Baca juga:

Sponsors Link

7. Persing

Menurut pandangan Persing, komunikasi bisnis merupakan suatu proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang memiliki hubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi untuk membayar seseorang untuk memproduksi barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan.

8. Curtis

Menurut Curtis, komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi yang dilakukan di dalam organisasi bisnis dalam rangka memecahkan masalah dan membuat keputusan.

9. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, salah satu ilmuwan yang menjadi rujukan dalam dunia manajemen dan pemasaran, komunikasi bisnis merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan (seseorang) melalui proses pertukaran.

ads

10. Hughess dan Kapoor

Menurut Hughess dan Kapoor, komunikasi bisnis merupakan kegiatan atau usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang-jasa guna mendapatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga:

11. Anwar Arifin

Menurut Anwar Arifin, komunikasi bisnis adalah konsep yang memiliki banyak makna makna. Makna-makna tersebut dapat dibedakan dengan melihat komunikasi bisnis sebagai proses sosial, yang dalam hal tersebut komunikasi bisnis dipelajari dalam ilmu sosial. Para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi bisnis untuk mengetahui kaitan pesan dengan perilaku seseorang pada suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia tertentu.

12. Bernard Barelson

Menurut Bernard Barelson dan temannya, komunikasi bisnis merupakan sebuah transfer informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan lain sebagainya menggunakan simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sebagainya di dalam ruang lingkup dunia bisnis.

13. Gary A.

Menurut Gary A., yang merupakan teman dari Bernard Barelson, juga berpendapat seperti Barelson bahwa komunikasi bisnis merupakan sebuah transfer informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan lain sebagainya menggunakan simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sebagainya di dalam ruang lingkup dunia bisnis.

Baca juga:

14. Raymon S. Ross

Menurut Ross, komunikasi bisnis merupakan suatu suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol dengan tujuan untuk membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator yang terjadi di dalam dunia bisnis.

15. Shanon dan Weaver

Menurut Shannon & Waever, komunikasi bisnis adalah suatu bentuk interaksi yang saling mempengaruhi satu sama lain (dari pihak yang terlibat di dalam interaksi tersebut), baik disengaja atau tidak sengaja. Komunikasi bisnis dapat menggunakan berbagai bentuk pesan, seperti bahasa, ekspresi muka, seni, teknologi dan lain sebagainya.

Itulah beberapa pendapat ilmuwan tentang komunikasi bisnis yang dapat kita gunakan untuk memahami komunikasi bisnis dengan lebih detail. Semoga dengan mempelajari pendapat para ilmuwan ini dapat membantumu memahami dengan lebih jelas apa itu yang disebut dengan komunikasi bisnis. Pada prinsipnya, dari berbagai pendapat ilmuwan tersebut, komunikasi bisnis merupakan suatu aktivitas komunikasi yang terjadi di dalam dunia bisnis, dengan tujuan antara lain untuk membuat terjadinya suatu perdagangan dengan menggunakan berbagai macam pesan yang tidak terbatas pada bahasa saja, tetapi dapat menggunakan berbagai bentuk pesan yang lain seperti ekspresi wajah, seni, bahasa tubuh, dan lain sebagainya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, selamat belajar!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis