Sponsors Link

17 Peran Komunikasi Pemasaran Secara Umum

Sponsors Link

Komunikasi bagi sebuah pemasaran produk dan jasa merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan serta harus dijalankan dengan baik agar menghasilkan kesuksesan dari pemasaran itu sendiri. Komunikasi pemasaran akan mempresentasikan pesan kepada publik selaku konsumen mengenai keberadaan produk atau jasa yang akan dipasarkan. Secara umum strategi komunikasi pemasaran yang baik harus dilakukan secara berhati-hati dan penuh perhitungan dalam menyusun rencana, terlebih lagi jika yang dilakukan untuk sebuah produk atau jasa yang masih baru dirilis, maka strategi pemasaran produk baru tersebut haruslah tepat dan benar.

Menurut Philip Kotler & Kevin lane Keller secara teori komunikasi pemasaran sangat berguna untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan elemen komunikasi pemasaran dari berbagai jenis model komunikasi pemasaran yang ada. 
Bauran komunikasi pemasaran yang kita kenal juga sebagai langkah-langkah komunikasi pemasaran tidaklah boleh dianggap sepele. Karena jika hal itu terjadi maka strategi pemasaran suatu produk atau jasa tidak akan efektif dan efisien serta tidak akan mampu mengambil hati konsumen. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran sangat memiliki peran yang sangat-sangat penting dan harus kita ketahui sebelum memasarkan sebuah produk atau jasa.

ads

Apa saja peran dari komunikasi pemasaran yang sangat penting untuk diketahui? silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Membentuk ekuitas merek

Komunikasi pemasaran memiliki peran untuk membentuk ekuitas merek dari sebuah produk atau jasa dengan menggunakan bauran komunikasi serta kerangka-kerang dasar komunikasi. Ekuitas merek akan berubah naik atau turun tergantung pada upaya-upaya untuk meningkatkan ekuitas merek tersebut.

Cara untuk meningkatkan ekuitas merek dapat dilakukan dengan menggunakan nama yang unik namun memiliki makna yang baik, selain itu program pemasaran dan komunikasi pemasaran yang efektif dan konsisten juga akan membangun ekuitas merek dengan nilai yang baik.Komunikasi pemasaran ini juga akan memberikan pemahaman terhadap konsumen yang berimbas kepada meningkatnya penjualan dan permintaan dari produk atau jasa itu sendiri.

2. Memilih Media Komunikasi

Peran komunikasi pemasaran sebagai untuk memilih media komunikasi sebagai alat menyampaikan pesan juga sangatlah penting. Contohnya adalah memilih iklan sebagai media pemasaran akan memberikan dampak positif bagi produk ataupun jasa yang dipasarkan. Seperti kita ketahui bersama, fungsi iklan bagi pemasaran sangatlah besar dan berguna sekali untuk menginformasikan dan menawarkan produk ataupun jasa kepada para konsumen. Jika sebuah produk tidak diiklankan, maka kemungkinan besar masyarakat selaku konsumen tidak akan mengetahui produk tersebut.

3. Menjadikan Produk Diterima Dengan Baik

Peran komunikasi pemasaran yang dilakukan baik juga akan mengakibatkan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan diterima dengan baik oleh masyarakat. Sebuah produk atau jasa akan terlihat diterima dengan baik ketika produk atau jasa tersebut diminati oleh seluruh lapisan masyarakat, diterima untuk menjadi sebuah sponsor acara atau kegiatan dan lain sebagainya. Jika produk tidak diterima dengan baik, maka sebesar apapun perusahaan yang mengeluarkan produk atau jasa tersebut, hanya akan menimbulkan kesia-siaan saja.

4. Alat Penyambung Perusahaan

Komunikasi pemasaran juga memiliki peran sebagai penyambung suara dan keinginan perusahaan dengan tujuan membangun hubungan baik dengan konsumen. Setiap perusahaan yang mengeluarkan sebuah produk atau jasa, haruslah menggunakan komunikasi pemasaran yang baik demi terciptanya hubungan jual-beli yang baik juga.

5. Kesadaran

Peran komunikasi pemasaran yang kelima adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat selaku konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya saja ketika memasarkan sebuah produk sabun mandi. Jika sebagian besar konsumen belum sadar apa fungsi dan kegunaan dari produk tersebut, maka komunikasi pemasaran akan meningkatkan kesadaran konsumen bahwa sabun mandi itu perlu digunakan setiap kali seseorang sedang mandi karena akan membersihkan seluruh tubuh serta menghilangkan kuman.

Baca juga :

6. Penambah Pengetahuan

Jika konsumen memiliki kesadaran terhadap suatu jenis produk ataupun jasa, namun mereka tidak tahu terbuat dan dibuat oleh siapa produk tersebut, maka komunikasi pemasaran memiliki peran sebagai media atau alat informasi. Contohnya seperti sabun mandi diatas, jika konsumen mengerti sabun mandi  digunakan untuk apa, maka kali ini komunikasi pemasaran memiliki fungsi untuk menambah pengetahuan konsumen dengan cara memberitahu komposisi pembuatan, perusahaan pembuat, harga produk, produk dijual dimana, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

7. Memberikan Rasa Suka dan Kenyamanan

Peran komunikasi pemasaran yang satu ini berfungsi untuk memberikan konsumen kenyamanan dan suka dengan produk yang dipasarkan. Kenyamanan dan kesukaan konsumen terhadap sebuah produk yang ditawarkan harus tetap terjaga dengan baik, agar produk yang ditawarkan dapat bertahan dengan jangka waktu yang lama dan selalu dicari oleh konsumen. Jika rasa suka dan kenyamanan yang didapatkan oleh konsumen dirasa mengecewakan, maka bagian komunikasi pemasaran harus mengetahui penyebabnya dan segera memperbaikinya.

8. Referensi Pembanding

Jika konsumen sudah mengenal merek, mengetahui merek tersebut dengan jelas serta suka dan nyaman ketika menggunakan merek produk yang ditawarkan tentu bukan lagi ada halangan untuk memasarkan sebuah produk. Tapi bagaimana jika ada produk lain yang sejenis dan diyakini oleh konsumen lebih unggul? nah disinilah peran komunikasi pemasaran sebagai pemberi referensi pembanding dibutuhkan. Komunikasi pemasaran yang dilakukan haruslah bisa menyakinkan konsumen, bahwa produk yang dipasarkan tersebut lebih baik dengan produk yang sudah ada.

9. Menyakinkan Pembeli

Peran komunikasi pemasaran juga akan berpengaruh terhadap pembelian produk yang dipasarkan tersebut. Oleh karena itu, komunikasi yang dilakukan juga harus mampu untuk meyakinkan konsumen untuk membeli dan produk tersebut. Peran komunikasi pemasaran yang satu ini juga akan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan penjualan serta semakin membuka kesempatan untuk memperluas pasar.

ads

10. Pembuat Keputusan

Peran komunikasi pemasaran juga berfungsi sebagai pembuat ataupun penentu keputusan yang akan diambil ketika ingin melakukan kegiatan pemasaran. Keputusan ini biasanya akan berpengaruh terhadap metode pemasaran apa yang akan digunakan, berapa anggaran pemasaran, apakah menggunakan media TV sebagai iklan pemasaran, atau hal-hal lainnya yang dibahas pada saat komunikasi pemasaran berlangsung.

11. Mengelola Pemasaran

Mengelola pemasaran dan mengkoordinasikan proses pemasaran secara terintegrasi juga merupakan salah satu peran dari komunikasi pemasaran demi terciptanya kegiatan pemasaran yang baik dan efektif. Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang ini mengelola dan mengkoordinasikan pemasaran bukan lagi menjadi hal yang sulit. Dimana saja dan kapan saja pemasaran dapat dikontrol dan dikoordinasikan.

Baca juga :

12. Alat Ukur Keberhasilan Pemasaran

Komunikasi pemasaran juga memiliki peran sebagai alat untuk mengukur hasil pemasaran tersebut apakah berjalan dengan baik dan mendapat apresiasi dari konsumen atau malah sebaliknya. Hal ini dapat dilakukan dengan langsung bertanya kepada konsumen mengenai tingkat kepuasan dan kesukaan mereka terhadap produk yang dipasarkan serta sikap mereka sebelum dan setelah produk dipasarkan.

13. Merancang dan Menentukan Target

Komunikasi pemasaran juga memiliki peran sebagai perancang strategi dari sebuah pemasaran serta menentukan target pemasaran produk yang dilakukan. Seperti yang dituliskan pada awal artikel ini, rancangan strategi yang baik serta dijalankan dengan baik akan menghasilkan target yang baik pula. Oleh karena itu, diperlukan rancangan strategi pemasaran yang paling baik agar target yang sudah ditentukan dapat dipenuhi dengan baik.

14. Meningkatkan Penjualan dan Permintaan

Peran komunikasi pemasaran yang satu ini merupakan peran yang paling penting, karena berfungsi untuk meningkatkan penjualan produk. Penjualan produk yang meningkat tentunya harus diikuti oleh pelaksanaan komunikasi pemasaran yang baik dan efektif. Namun, perlu diingat ketika penjualan telah meningkat maka sebuah perusahaan pencipta produk tersebut juga harus mampu memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen terhadap produk tersebut.

15. Mempelajari Pasar

Komunikasi pemasaran juga berperan untuk mempelajari karakteristik dari sebuah pasar yang dipilih sebagai market place produk yang dipasarkan. Mempelajari karakteristik dari sebuah pasar juga akan sangat berguna untuk merancang strategi pemasaran agar berjalan lebih baik serta akan mempermudah bagian pemasaran untuk berinteraksi terhadap konsumen karena sudah mengerti karakter pasar yang dituju.

16. Sales Promotion

Komunikasi pemasaran juga berperan sebagai Sales yang lebih menekankan kegiatan penjualan atau kegiatan pemasaran produk langsung kepada baik konsumen maupun distributor. Biasanya Sales Promotion akan menggunakan pria ataupun wanita yang mengunjungi langsung konsumen di titik-titik lokasi yang telah ditentukan seraya memberikan informasi terhadap produk tersebut dan berusaha meyakinkan konsumen agar membeli produk tersebut. Pemasaran sebuah produk juga dapat menggunakan saja Sales Promotion lepas atau Freelance.

17. Magnet Pengingat Bagi Konsumen

Peran dari komunikasi pemasaran juga berguna sebagai magnet atau daya tarik dan pengingat bagi konsumen yang menggunakan produk yang dipasarkan. Hal ini akan terjadi jika pemasaran yang dilakukan memiliki strategi komunikasi efektif ditambah proses komunikasi efektif dengan cara berkomunikasi dengan baik, ramah, sopan dan murah senyum. Jika hal tersebut dilakukan, maka tahap-tahap komunikasi pemasaran yang dilakukan tidak akan memiliki hambatan-hambatan komunikasi yang berarti.

Selain beberapa peran komunikasi pemasaran diatas, tentunya masih banyak sekali peran komunikasi pemasaran yang sangat berguna untuk mendukung terciptanya pemasaran sebuah produk ataupun jasa. Semua peran komunikasi pemasaran tersebut haruslah digunakan dan dilakukan dengan baik agar produk yang dipasarkan dapat diterima dengan baik oleh konsumen, serta peningkatan penjualan dari produk tersebut juga dirasakan oleh semua pihak.

Pada komunikasi pemasaran, juga terdapat banyak sekali hambatan-hambatan yang akan mempengaruhi kinerja pemasaran tersebut. Hambatan tersebut antara lain adalah hambatan komunikasi antar pribadi diantara para karyawan, hambatan komunikasi lintas budaya yang mungkin terjadi karena belum mengerti karakteristik pasar, hambatan komunikasi bisnis antara perusahaan pembuat produk dengan sebuah organisasi misalnya, serta hambatan-hambatan lainnya yang harus dihindari dan segera diselesaikan.

Kami sangat berharap semoga beberapa peran komunikasi pemasaran yang kami rangkum dari beberapa sumber dan kami tuliskan pada artikel kali ini dapat memberikan tambahan informasi serta pengetahuan bagi Anda pembaca setia Pakar Komunikasi dimanapun berada.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,