Sponsors Link

8 Dampak Komunikasi Tidak Efektif dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link

Komunikasi bisnis adalah perpaduan dua kata komunikasi dan bisnis. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan dari komunikator kepada komunikan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi atau makna. Bisnis merupakan proses kegiatan jual-beli produk atau jasa kepada konsumen. Secara sederhana dapat diartikan bahwa komunikasi bisnis adalah proses komunikasi yang digunakan untuk menjalin hubungan antara perusahaan kepada kliennya untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli adalah sebagai berikut:

ads
  • Katz mendefinisikan komunikasi bisnis sebagai pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.
  • Curtis mengatakan bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi dalam organisasi bisnisyang ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.
  • Purwanto mendefinisikan bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai bentuk komunikasi (verbal dan non verbal) untuk mencapai tujuan tertentu. (Baca juga: Pengertian Komunikasi Bisnis)

Kesimpulan dari pengertian komunikasi bisnis adalah proses pertukaran gagasan, ide, konsep, pesan dengan tujuan tertentu. Komunikasi bisnis bersifat persuasif karena untuk memberikan keyakinan kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang akan ditawarkan. Komunikasi bisnis ini digunakan pada saat mempresentasikan atau menawarkan produk atau jasa. Selain itu, komunikasi bisnis memiliki manfaat untuk perusahaan agar terjalin hubungan yang baik terhadap perusahaan lain atau konsumen.

Baca juga:

Suatu bisnis akan mencapai tujuan jika komunikasi yang dilakukan berjalan dengan efektif. Apabila komunikasi tidak efektif maka akan menimbulkan dampak buruk dalam bisnis. Dampak kesalahan komunikasi tidak efektif dalam bisnis ini akan berdampak pada tingkat penjualan suatu perusahaan. Komunikasi dalam bisnis mempengaruhi kerjasama antar perusahaan, pemasaran produk atau jasa, penjualan produk atau jasa, dan kualitas produk atau jasa. Dengan kata lain, perusahaan harus memiliki keahlian dalam berkomunikasi dengan baik. Dampak komunikasi tidak efektif dalam komunikasi bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Produktivitas menurun

Komunikasi yang tidak efektif mempengaruhi tingkat produktivitas suatu perusahaan. Dalam dunia bisnis perusahaan tidak hanya berkomunikasi dengan perusahaan lain, tetapi perusahaan juga menjalin hubungan denga konsumen. Dimana konsumen berperan dalam tingkat produktivitas perusahaan. Komunikasi yang tidak efektif berdampak pada tingkat produktivitas yang menurun. Perusahaan dapat berkomunikasi dengan efektif ketika mempresentasikan dan menawarkan produk kepada konsumen. Komunikasi yang efektif memberikan kejelasan mengenai produk yang ditawarkan, sehingga konsumen akan merasa puas dan tingkat produktivitas meningkat. (Baca juga: Tipe Negosiator Komunikasi Bisnis)

 

  1. Strategi bisnis berantakan

Komunikasi yang tidak efektif berpengaruh pada strategi bisnis sebuah perusahaan. Strategi bisnis akan berantakan jika pihak pelaku bisnis tidak dapat berkomunikasi dengan baik maka pihak pelaku bisnis tidak dapat memberikan solusi ketika bisnis tersebut diterpa masalah. Oleh karena itu, strategi bisnis yang berantakan berdampak pada berkembang bisnis itu sendiri. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Bisnis Umum)

Sponsors Link

  1. Kinerja tidak maksimal

Kinerja kerja seseorang ditentukan dari cara seorang pelaku usaha (komunikator) menyampaikan informasi dengan benar atau secara efektif. Hal ini berkaitan dengan komunikasi yang efektif. Seorang dari perusahaan akan tidak maksimal kinerja kerjanya apabila informasi yang disampaikan tidak sesuai atau salah. Dampak ini berkaitan dengan kesalahpahaman. (Baca juga: Fungsi Bahasa Komunikasi Bisnis)

  1. Efisiensi yang rendah

Komunikasi yang tidak efektif berdampak pada efisiensi perusahaan. Efisiensi yang rendah disebabkan oleh komunikasi yang tidak jelas yang berdampak pada proyek yang terhambat, sehingga akan sulit mencapai kesuksesan. (Baca juga: Hambatan Komunikasi Bisnis)

  1. Perbedaan persepsi

Ketidakefektifan dalam komunikasi bisnis berdampak pada sudut pandang yang berbeda. Seorang komunikator harus dapat berkomunikasi dengan baik untuk membangun pandangan yang sama terhadap komunikan. Akibat dari perbedaan persepsi ini menimbulkan kesalahpahaman. Seorang komunikator harus dapat menyampaikan dan menerima informasi dengan baik untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman karena perebdaan sudut pandang. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya)

  1. Hilang kepercayaan

Dampak komunikasi tidak efektif ini berkaitan dengan kesalahpahaman. Dampak kesalahpahaman tersebut akan menimbulkan rasa tidak percaya. Hal ini dirasakan oleh perusahaan lain yang ingin menjalin kerjasama pada perusahaan tesebut. Padahal kerjasama merupakan strategi utama dalam menjalankan bisnis agar tercapai kesuksesan. Selain itu, kehilangan kepercayaan juga dirasakan oleh konsumen. Keadaan tersebut berkaitan juga dengan tingkat produktivitas yang menurun dan kredibilitas perusahaan.

Sponsors Link

  1. Pelayanan menurun

Ketika sebuah perusahaan ingin menjalin kerjasama dengan perusahaan lain maka ada beberapa pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Kondisi inilah yang memberikan penilaian bagaimana sebuah perusahaan bisa berkomunikasi dengan efektif atau tidak efektif dalam melayani rekan kerja atau konsumen. Jika pelaku bisnis tidak dapat berkomunikasi secara efektif maka tingkat pelayanan menurun dan berdampak pada proses produksi dan kredibilitas menurun. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Bisnis Manajemen)

  1. Berkurangnya Inovasi

Berkurangnya inovasi karena berkurangnya ide, keterampilan komunikasi, dan kontrol dari pihak pelaku usaha. Hal tersebut berkaitan dengan kinerja kerja yang menurun. Kinerja kerja yang buruk mempengaruhi aktivitas bisnis dan kapasitas bisnis tersebut. Kapasitas bisnis yang berkurang terjadi ketika pelaku usaha tidak dapat berkomunikasi dengan efektif. Hal tersebut berpengaruh terhadap inovasi perusahaan. (Baca juga: Komunikasi Bisnis yang Efektif)

Demikian penjelasan terkait dampak komunikasi tidak efektif dalam komunikasi tidak efektif dalam komunikasi bisnis yang ternyata memiliki dampak signifikan dalam kelangsungan komunikasi bisnis.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis