Sponsors Link

7 Jenis Metode Komunikasi Daring dan Contohnya

Sponsors Link

Ada beberapa jenis metode komunikasi daring yang kian populer seiring dengan perkembangan zaman. Istilah komunikasi daring (dalam jaringan) atau biasa dikenal sebagai komunikasi online merupakan istilah yang hadir seiring dengan perkembangan zaman. Ini menjadi salah satu bukti bahwa komunikasi merupakan hal yang dinamis, berkembang sepanjang masa dan mengikuti perkembangan zaman. Lepas dari itu, komunikasi daring memang memiliki sebuah keunikan tersendiri. Ada konsep-konsep lugas yang menjelaskan komunikasi daring ini.

ads

Jenis-jenis komunikasi daring pada dasarnya dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu komunikasi sinkron (real time) dan komunikasi asinkron (delayed). Dari dua macam kelompok besar komunikasi daring ini, kemudian terdapat metode-metode di dalamnya yang sangat bermacam-macam. Agar lebih memudahkan pemahaman, berikut adalah beberapa macam penerapan komunikasi daring:

  1. Video conference

Video conference merupakan salah satu jenis metode komunikasi daring yang termasuk dalam kelompok komunikasi sinkron. Biasanya para pelaku video conference ini akan saling terhubung satu sama lain kemudian membahas suatu topik. Di situlah proses komunikasi terjadi di dalam jaringan (daring) dan juga real time).

Tentunya metode ini termasuk populer sekarang ini. Tidak hanya dua orang saja yang bisa terlibat dalam bentuk komunikasi ini, bahkan sekarang banyak penyedia layanan yang juga memungkinkan konferensi video dilakukan secara majemuk. Tak heran bila kemudian kita juga harus memperhatikan tata krama komunikasi sinkron.

  1. Pesan instan

Metode selanjutnya yaitu melalui pesan instan. Bila dilihat dari jenis kelompok besar dari komunikasi daring, maka pesan instan masuk ke dalam jenis komunikasi sinkron. Umumnya pada saat melakukan pesan instan, elemen-elemen komunikasi terlibat akan saling berbalas pesan di sana. Inilah mengapa kemudian pesan instan bisa menjadi salah satu metode dari komunikasi daring yang sifatnya real time.

  1. Jejaring sosial

Jejaring sosial sekarang ini juga menjadi salah satu pionir seseorang dalam mencari sebuah informasi. Sifatnya juga termasuk ke dalam kategori komunikasi sinkron, mengingat seseorang bisa mendapatkan info-info terbaru dari apa yang dikomunikasikan oleh orang lain melalui berita-berita yang ia tuliskan.

  1. Surel

Surel atau surat elektronik (e-mail), merupakan bentuk metode komunikasi dalam jaringan dengan sifat asinkron. Meskipun beberapa orang bisa saja menyebutnya sebagai proses yang realtime, karena saat seseorang meminta dikirim pesan saat itu bisa dilakukan juga, namun pada prinsipnya tujuan surel bukanlah itu.

Surat elektronik lebih kepada pengganti surat konvensional, yang ketika ia sudah terkirim, bisa saja penerima pesan membukanya beberapa waktu kemudian. Inilah yang kemudian membuat surat elektronik lebih tepat apabila disebut sebagai salah satu jenis komunikasi asinkron.

  1. Blog

Metode selanjutnya yang juga termasuk tidak kalah populer adalah blog. Jenis komunikasi ini termasuk ke dalam jenis komunikasi asinkron. Seseorang akan membuat sebuah blog untuk dibaca oleh orang lain. Sifatnya juga tidak serta merta biasa dibaca pada waktu tulisan atau informasi tersebut terbit. Ada yang memiliki sifat komunikasi informal mau pun formal. Orang lain bisa membacanya di lain waktu bahkan hingga beberapa lama sampai informasi tersebut mungkin sudah kurang begitu berguna.

Sponsors Link

  1. Forum daring

Forum dalam jaringan adalah salah satu bentuk komunikasi dalam jaringan yang bisa memiliki dua macam jenis, sinkron ataupun asinkron. Apabila forum tersebut dibuka dan disepakati untuk dibahas dalam waktu yang bersamaan, maka komunikasi pada forum daring bisa disebut sebagai forum sinkron. Namun ada juga, jenis forum yang hanya dibuka kemudian tanggapan terhadap pemicu masalah (thread) yang ada di forum tersebut ditanggapi beberapa hari kemudian. Semua tergantung tujuan komunikasi dalam jaringan yang ingin dicapai.

  1. Berita daring

Berita dalam jaringan juga termasuk jenis komunikasi daring yang bisa bersifat  sinkron maupun asinkron. Ia akan bersifat sinkron manakala selalu memberitahukan kejadian dan ditanggapi langsung oleh pembacanya. Namun demikian, tak jarang berita juga sifatnnya merangkum beberapa kejadian tertentu. Dalam hal ini, berita daring tersebut bisa memiliki sifat asinkron. Selain itu, berita daring juga termasuk bentuk komunikasi digital yang cukup populer saat ini.

Beberapa jenis komunikasi tersebut sebenarnya masih ada lagi. Namun seperti yang sudah dijelaskan, secara umum komunikasi dalam jaringan dibedakan menjadi komunikasi sinkron dan asinkron. Tentunya dengan mempelajari metode jenis komunikasi daring ini kita akan bisa lebih mudah memahami tentang konsep komunikasi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,