Sponsors Link

8 Pentingnya Komunikasi dalam Manajemen Sekolah

Sponsors Link

Membahas mengenai pentingnya komunikasi dalam manajemen sekolah memang menjadi sesuatu yang tidak terlepas dari berbagai macam komponen yang ada dari komunikasi itu sendiri. Jika bisa kita artikan terlebih dahulu, kita harus mengerti bahwa komunikasi merupakan proses pertukaran informasi dimana di dalamnya akan melibatkan unsur-unsur komunikasi seperti misalnya pengirim pesan, penerima pesan dan pesan itu sendiri. Sementara jika kita melihat manajemen sekolah, kita pasti akan selalu identik dengan komunikasi pendidikan yang ada di dalamnya. Ini akan berkaitan dengan bagaimana proses komunikasi yag ada di dalamnya, termasuk strategi komunikasi dalam pembelajaran yang ada dalam sekolah.

ads

Baca juga:

Melihat kerangka konsep yang demikian, maka kita bisa mulai mengidentifikasi apa saja pentingnya komunikasi di dalam pengaturan manajemen sekolah. Kita akan mendapatkan sebuah pola bahwa komunikasi tidak bisa dihilangkan begitu saja di dalam proses tersebut. Langsung saja, berikut adalah uraian umumnya::

  1. Menghubungkan Arus Informasi

Arus informasi yang ada di dalam sekolah bisa dihubungkan dengan baik melalui proses komunikasi. Tanpa adanya komunikasi, proses pembelajaran dalam sekolah pun tidak mungkin bisa terjadi sebab interaksi antara guru dengan murid pun sudah pasti melibatkan sebuah proses komunikasi yang ada di dalamnya.

  1. Membantu Tercapainya Tujuan Umum dari Manajemen Sekolah

Manajemen sekolah biasanya memiliki tujuan umum yang tertuang di dalam visi dan misi organisasi masing-masing. Komunikasi akan membantu pencapaian tujuan tersebut karena melalui proses komunikasi itulah visi misi bisa dijabarkan dan disosialisasikan kepada setiap pihak yang terlibat dalam manajemen sekolah. (Baca juga: Manajemen komunikasi dalam pendidikan)

  1. Menyelesaikan Masalah Akademik dalam Sekolah

Berbagai permasalahan akademik bisa diidentifikasi menggunakan komunikasi yang ada dalam sekolah. Ini akan membantu proses penyelesaian di dalamnya pun cukup terbantu menggunakan proses komunikasi. Tanpa adanya komunikasi, mungkin masalah akademik bisa menjadi lebih berkembang tanpa solusi.

  1. Memuat Informasi Pendidikan Terbaru dalam Sekolah

Keilmuan pasti akan selalu berkembang, inilah yang menjadi dasar pentingnya komunikasi dalam manajemen sekolah selanjutnya yaitu tentang pembaruan informasi pendidikan dalam sekolah. Komunikasi akan membantu sosialisasi dari program kurikulum tertentu yang bisa diterapkan oleh sekolah.

  1. Menyusun Strategi Pembelajaran Bermutu

Strategi pembelajaran bermutu juga bisa terwujud dengan adanya komunikasi. Komunikasi akan menghubungkan setiap unsur sivitas akademik yang kemudian bisa membuat strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran yang dirasa lebih sesuai dan juga berguna bagi setiap pihak.

  1. Memberikan Kebebasan Berekspresi

Adanya kesempatan dalam mengungkapkan pendapat, menjadi salah satu fungsi dalam memberikan wadah kebebasan berekspresi dalam manajemen sekolah. Komunikasi memungkinkan hal ini sehingga dinamika dalam amanejemen sekolah pun bisa mulai terlihat.

  1. Menjembatani Hubungan Sekolah dan Orang Tua Siswa

Hubungan antara sekolah dengan orang tua siswa juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan dalam manajemen sekolah. Komunikasi menjadi jembatan yang baik sebagai penghubung kedua komponen ini sehingga terjadi proses pembelajaran yang baik bagi peserta didik. Tahap-tahap komunikasi akan tercipta dengan baik.

  1. Menciptakan Iklim Edukatif yang Baik

Terakhir, iklim edukatif yang baik bisa terwujud dengan adanya proses komunikasi yang ada di dalam manajemen sekolah. Iklim edukatif ini membuat setiap hal menjadi saling terhubung dan konteks pendidikan yang ada di dalamnya menjadi benar-benar terasa.

Demikian uraian ringkas mengenai berbagai macam esensi pentingnya komunikasi di dalam sistem pendidikan. Kita dapat memperhatikan fungsi-fungsi dari pendidikan tersebut memang menjadi sebuah hal yang cukup berguna bagi kita. Kita dapat mempelajari pentingnya komunikasi dalam manajemen sekolah ini sehingga konsep komunikasi pendidikan juga menjadi wajib untuk kita ketahui.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :