Sponsors Link

10 Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran

Sponsors Link

Menerapkan komunikasi efektif dalam pembelajaran tentu saja sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Tren yang berkembang saat ini adalah bagaimana proses pendidikan bisa berjalan dengan baik dan para pelajar juga bisa mengikutinya supaya penyerapan ilmu bisa lebih maksimal. Sayangnya, banyak yang sepertinya belum bisa menggunakan cara komunikasi yang lebih efektif agar proses pembelajaran juga berjalan dengan baik. Ini akan sangat berpengaruh terhadap proses transfer ilmu yang terjadi di sana.

ads

Berbagai macam cara sebenarnya tersedia sebagai langkah dalam membangun komunikasi efektif di pembelajaran. Tujuannya jelas untuk menjadikan komunikasi pembelajaran tersebut lebih bermakna dan juga menghasilkan output yang baik. Model komunikasi ini memang terlihat di dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk membangun komunikasi efektif.

  1. Kejelasan

Kejelasan menjadi faktor yang paling utama agar komunikasi efektif bisa tercipta dalam proses pembelajaran. Pesan yang tidak utuh atau hanya setengah-setengah akan menjadi proses ini rusak. Oleh karenanya, penting untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya sebelum dikomunikasikan kepada orang lain. Hal ini akan banyak membantu terutama dalam membangun komunikasi yang efektif.

  1. Ketepatan

Ketepatan merupakan bagian yang juga tidak lepas dari kejelasan. Bahasa yang tepat menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam penggunaan komunikasi efektif. Informasi yang benar dan sahih juga merupakan salah satu faktor agar komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif.

  1. Konteks

Berkomunikasi tanpa menggunakan konteks sama saja tidak fokus. Komunikasi yang tidak fokus akhirnya tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali informasi atau pesan yang masing mengambang. Oleh karenanya, perlu ketegasan konteks pada saat melakukan proses komunikasi di pembelajaran sehingga menjadikan orang lain paham dan mengerti apa yag sedang dibicarakan.

  1. Alur

Hampir mirip dengan konteks, alur juga diperlukan agar informasi yang diberikan runtut. Sistematika yang jelas akan membuang komunikasi efektif dalam pembelajaran bisa tercipta. Ini bisa dilakukan dengan cara membuat outline terlebih dahulu terhadap apa isi informasi yang akan dibagikan atau dikomunikasikan kepada orang lain. Ini adalah teknik komunikasi efektif yang bagus.

  1. Budaya

Budaya merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Di dalam proses pembelajaran, pihak yang terlibat belum tentu berasal dari budaya yang sama. Mengetahui latar belakang dan setting komunikasi pembelajaran akan berlangsung menjadi hal yang penting agar komunikasi tersebut nantinya menjadi lebih efektif.

  1. Menghindari judging

Sifat menghakimi atau membuat penilaian sendiri terhadap orang lain merupakan salah satu hal yang sangat dilarang manakala kita melakukan proses komunikasi efektif dalam pembelajaran. Komunikasi yang efektif bisa terwujud apabila ada rasa saling menghargai pendapat dengan orang lain.

  1. Menghindari “debat kusir”

Perdebatan dalam pembelajaran memiliki dua macam sifat. Sifat yang pertama adalah perdebatan yang berusaha mencari pemecahan masalah bersama-sama. Sementara sifat yang kedua adalah perdebatan yang tidak ada akhir atau pemecahan masalah karena masing-masing kukuh dengan argumennya, padahal argumen tersebut juga hanya argumen pribadi tanpa bukti ilmiah tertentu.

  1. Menghindari sifat menggurui

Sifat menggurui juga merupakan bentuk sifat yang hendaknya dihindari saat melakukan proses komunikasi pembelajaran. Komunikasi akan lebih efektif dilakukan dengan saling bertukar informasi. Masing-masing pihak merasa saling membutuhkan, bukan merasa sama-sama penting.

Melakukan komunikasi yang efektif merupakan salah satu tantangan tersendiri dalam kehidupan sehari-hari kita. Strategi yang tepat digunakan akan sangat membantu untuk membuat komunikasi yang lebih baik. Penerapan komunikasi efektif dalam pembelajaran memang menarik. Beragam strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran tersebut bisa diterapkan agar tercipta proses pendidikan yang baik pula.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :