Sponsors Link

20 Teknik Komunikasi Efektif dan Efisien

Sponsors Link

Pada saat melakukan Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung seperti Komunikasi BisnisKomunikasi OnlineKomunikasi IntrapersonalKomunikasi Antar BudayaKomunikasi Antar PribadiKomunikasi VertikalKomunikasi InternalKomunikasi Lisan maupun tulisan, Komunikasi PemasaranKomunikasi AsertifKomunikasi Politik, ataupun Komunikasi Massa serta jenis komunikasi lainnya, sangatlah penting mengetahui cara-cara atau teknik Cara Berkomunikasi dengan Baik agar Proses Komunikasi Efektif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Efektif berarti memiliki sebuah efek atau pengaruh  yang dapat membawa hasil yang berguna, atau biasa juga diartikan mencapai sasaran atau target yang diinginkan. Artinya, sebuah komunikasi yang dijalankan dengan efektif akan memberikan hasil yang baik sesuai dengan yang diinginkan.

ads

Namun, untuk mencapai sebuah komunikasi yang efektif kita harus mengerti dan paham bagaimana menjalankan Strategi Komunikasi Efektif agar setiap Tahap-tahap Komunikasi yang dijalankan akan menghilangkan atau memperkecil Hambatan-hambatan Komunikasi yang mungkin saja terjadi. Sebenarnya banyak sekali cara atau teknik komunikasi yang bisa digunakan melakukan komunikasi efektif, yaitu dengan menggunakan bahasa yang gampang dimengerti, intonasi suara yang baik dan sesuai dengan ekspresi yang dikeluarkan, bahasa atau gerak tubuh yang benar, kontak mata, serta lawan bicara yang juga mendengarkan komunikasi tersebut secara aktif.

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas bagaimana sebenarnya teknik yang baik dan benar untuk menciptakan komunikasi yang efektif didalam kehidupan sehari-hari karena sekarang ini komunikasi menjadi hal yang paling mudah untuk dilakukan setiap saat. Banyak sekali Macam-macam Media Komunikasi  seperti handphone, komputer, media massa, media sosial diciptakan untuk mempermudah komunikasi, karena Fungsi Media Komunikasi juga terus dikembangkan agar setiap orang atau kelompok semakin mudah untuk bertukar informasi dan berkomunikasi. Berikut 5 teknik komunikasi efektif yang harus kamu ketahui.

  • Latihlah kemampuan komunikasi Verbal atau Non verbal kamu.
  • Samakan persepsi kamu dengan lawan bicara.
  • Persiapkan diri menjadi pendengar yang baik.
  • Pelajari Etika Komunikasi yang baik dan benar.
  • Lakukan komunikasi dengan Respect, Empathy, Audible, Clear, dan Humble (REACH)

Setelah kamu sudah mempersiapkan kelima teknik diatas dengan baik, dan kamu telah siap untuk berkomunikasi dengan orang lain ataupun kelompok lain, maka coba tanyakan kepada diri kamu pertanyaan dibawah ini.

  • Apa kesamaan antara kamu dengan lawan bicara?
  • Apa mereka nyaman berkomunikasi dengan kamu?
  • Apa kamu mengerti dengan keinginan mereka?
  • Komunikasi apa yang akan dilakukan?
  • Apa kamu dapat memberikan energi positif kepada mereka?

Jika kamu sudah menjawab pertanyaan diatas, maka langkah selanjutnya kamu hanya perlu melakukan teknik lanjutan untuk memperlancar komunikasi. Nah, berikut ini teknik komunikasi efektif yang harus kamu lakukan saat komunikasi sedang berlangsung.

1. Berbicaralah dengan antusias 

Saat komunikasi sedang berlangsung agar lawan bicara kamu merasakan bahwa kamu peduli dan mendengarkan setiap perkataan mereka. Akibatnya, mereka akan lebih terbuka kepada kamu, karena percaya diri mereka akan meningkat. Sehingga komunikasi akan berjalan dengan baik dan penuh dalam canda tawa. (baca juga: Model Komunikasi Transaksional)

2. Berikan pertanyaan yang bersifat terbuka 

Kepada lawan bicara kamu seperti hobby mereka, apa yang mereka sukai, bagaimana kehidupan mereka dan lainnya. Usahakan untuk mengetahui kehidupan dari lawan bicara secara detail, agar kamu mungkin dapat memberikan perspektif baru tentang diri dan tujuan hidup mereka. (baca juga: Model Komunikasi Gudykunst)

3. Gunakan bahasa tubuh

Kamu ketika sedang berbicara, misalnya dengan menggerakkan tangan, mengeluarkan ekspresi wajah dan lain sebagainya. Sebisa mungkin cobalah untuk mengetahui perasaan mereka ketika berkomunikasi dengan cara mengamati gerak tubuh dan intonasi suara mereka. Teknik ini akan memberikan kamu kesempatan yang lebih besar untuk menyesuaikan kata-kata, bahasa tubuh, dan nada suara serta respon yang kamu berikan akan bermakna lebih positif. (baca juga: Perkembangan Media Massa di Indonesia)

Sponsors Link

4. Sanjung dan pujilah mereka

Serta tunjukkan rasa kagum kamu akan kepribadian mereka, adat budaya mereka dengan jujur. Berikan juga alasannya kenapa kamu menyukai atau mengagumi mereka. Jika kondisi komunikasi tidak tepat untuk menyatakannya secara langsung, cobalah untuk menyatakan pujian kamu secara tidak langsung.

5. Dengarkan semua yang mereka katakan 

Dengan baik dan penuh perhatian serta usahakan selalu fokus terhadap apa yang dibicarakan dan responlah pertanyaan mereka dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memang mendengarkan apa saja hal yang mereka bicarakan sehingga mereka merasa kamu adalah bagian dari komunikasi itu juga.

6. Beri tatapan mata

Yang kuat kepada mereka untuk menunjukkan bahwa kamu bukan hanya sebagai pendengar saja, melainkan kamu juga mengerti dan paham apa yang dibicarakan. Ketika dilakukan dengan baik, mereka juga secara alami akan lebih memperhatikan apa yang kamu katakan.

7. Bukalah diri kamu seterbuka mungkin 

Agar kamu mendapatkan kepercayaan dari mereka. Ceritakan kejadian menarik yang kamu alami, bagaimana kehidupan kamu dan lain sebagainya. Tapi, jangan terlalu berlebihan sehingga menganggap mereka cerita mereka tidak penting. Biarkan mereka mengetahui lebih jauh tentang diri kamu seiiring berjalannya komunikasi.

8. Jangan gunakan kata Aku atau Saya

Karena hal itu hanya akan memberikan kesan bahwa hanya kamulah yang harus didengarkan. Sebaiknya, ketika berkomunikasi gunakanlah kata “kita” atau “kami” untuk menciptakan hubungan layaknya keluarga dan berada pada pihak atau sisi yang sama dengan lawan bicara.

ads

9. Tersenyumlah kepada mereka 

Agar ketika komunikasi sedang berlangsung tidak terjadi ketegangan antara kamu dengan mereka. Pada saat tersenyum, kamu sebenarnya telah menunjukkan bahwa kamu telah siap untuk berkomunikasi dengan mereka, serta mengganggap berkomunikasi dengan mereka adalah sebuah kebahagiaan.

10. Berikan saran yang bermanfaat 

Kepada lawan bicara kamu seperti tempat yang enak untuk berkomunikasi, makanan apa yang enak pada tempat tersebut, acara apa yang berlangsung pada hari itu, peluang karir yang mungkin bisa mereka dapatkan, dan lain sebagainya. Ketika kamu memberikan saran atau ide yang menarik perhatian mereka, maka secara tidak langsung kamu telah memberikan kesan kepada mereka bahwa kamu memiliki banyak pengetahuan. Jadi, ketika mereka membutuhkan sesuatu, maka mereka akan menghubungi kamu. (baca juga:Contoh Komunikasi Langsung)

11. Berikan mereka motivasi 

Ketika kamu sedang berkomunikasi dengan orang yang lebih muda dari kamu, atau kehidupannya lebih sulit dari kamu karena biasanya mereka akan menganggap kamu lebih baik dari mereka. Untuk itu, motivasi yang kamu berikan mungkin saja akan menggugah semangat mereka agar bekerja lebih giat dan menjalani hidup dengan lebih semangat. Yakinkan mereka bahwa mereka pasti mampu menghadapi setiap masalah yang mereka hadapi, sehingga mereka akan menjadikan kamu sebagai teman. (baca juga: Teori Kepribadian Kelompok)

12. Percaya dirilah 

Kamu ketika sedang berkomunikasi dengan orang lain dengan cara menunjukkan suara dan bahasa tubuh yang lebih bersemangat dan lebih berenergi positif. Tapi jangan pula kamu terlalu berlebihan sehingga peran mereka sebagai lawan bicara menjadi tidak terlihat. Apapun yang terlalu berlebihan, efek atau akibatnya akan kembali kepada diri kamu sendiri. (baca juga: Tujuan Komunikasi Pemasaran)

13. Panggilah mereka dengan sopan 

Seperti menyebutkan nama mereka dengan baik, atau misalnya dengan memanggil mereka dengan sebutan ” Bro “, ” Guys”, ” Boss “, ” Sobat” dan panggilan lainnya yang membuat mereka senang. Ketika kamu memanggil mereka dengan baik, mereka akan menganggap bahwa kamu sudah menjadi teman mereka. Jangan pernah memanggil lawan bicara dengan kata-kata yang kurang sopan dan tidak enak didengar.

14. Ajak mereka menjalin hubungan yang lebih erat 

Dengan cara misalnya mengajak mereka makan atau bersama, mengajak mereka pergi berwisata, mengajak mereka untuk mampir kerumah kamu, dan ajakan lainnya. Meskipun mereka menolak tawaran kamu, mereka akan merasa tersanjung dengan apa yang kamu tawarkan serta disisi lain, mereka akan menganggap kamu memiliki keberanian menjalin persahabatan dengan baik kepada siapa saja.

15. Jangan pernah terlambat datang 

Ketika ingin melakukan komunikasi atau pembicaraan dengan mereka pada lokasi yagn telah ditentukan. Ketika kamu datang lebih awal atau tepat waktu, maka hal ini akan memberikan mereka kesan bahwa, ketika berkomunikasi kamu sangat menghargai mereka dan mendengarkan mereka.

Faktor Komunikasi Efektif

Dari kesemua teknik komunikasi efektif diatas, masih ada faktor lain yang harus kamu perhatikan, karena faktor – faktor ini juga sangat berpengaruh untuk menciptakan sebuah komunikasi yang efektif. Faktor – faktor yang tersebut antara lain adalah :

  • Completeness (Lengkap): Komunikasi harus dilakukan dengan penyampaian yang lengkap atau boleh juga menggunakan rumus 5W+1H
  • Conciseness (Ringkas): Meskipun komunikasi harus lengkap, tapi usahakanlah meringkasnya sebaik mungkin agar pengucapan kata-kata lebih singkat, padat dan menarik perhatian.
    Sponsors Link

  • Consideration (Penuh Pertimbangan): Selalu pertimbangkan kata-kata yang kamu keluarkan dengan cara melihat pola pikir, tingkat pendidikan, minat, kebutuhan, kepentingan, dan emosi dari lawan bicara kamu.
  • Clarity (Jelas): Gunakan kata-kata yang tepat, jelas, bermakna tunggal, dan tidak membingungkan lawan bicara kamu.
  • Concreteness (Nyata): Ketika berkomunikasi, usahakan memberikan informasi sesuai dengan data dan fakta yang ada agar informasi tersebut tidak disalah tafsirkan.
  • Courtesy (Tata Krama): Berkomunikasilah dengan tata krama yang baik dan benar, jujur, tulus, sopan, bijak, reflektif, dan antusias, serta perhatikan juga  perasaan penerima pesan dan hal atau kondisi apa yang sedang dibahas.
  • Correctness (Benar): Berkomunikasilah dengan informasi atau kata-kata yang mengandung kebenaran dan kejujuran, jangan pernah berbicara menggunakan informasi yang masih diragukan kebenarannya.

Dengan menerapkan teknik-teknik komunikasi efektif diatas dengan baik dan benar dalam setiap komunikasi yang akan kamu lakukan, maka komunikasi tersebut akan berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan. Setiap orang yang mengerti tatacara atau teknik berkomunikasi dengan baik dan benar tidak akan pernah mengalami kendala apapun pada saat berkomunikasi. Setiap komunikasi yang dilakukan akan dipenuhi oleh suasana kebahagiaan, penuh persahabatan, dan rasa kekeluargaan antar komunikan juga akan semakin tercipta.

Oleh karena itu, kami berharap tulisan ini dapat menjadi acuan anda untuk menciptakan komunikasi yang baik pada setiap orang yang anda ajak berkomunikasi. Demikianlah ringkasan atau penjelasan kami mengenai teknik komunikasi efektik yang kami rangkum dari berbagai sumber, dan kami tuliskan kembali untuk kamu pembaca setia kami. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi