Sponsors Link

5 Contoh Komunikasi Langsung yang Benar

Sponsors Link

Tentunya banyak dari kita yang sudah pernah mengetahui tentang contoh komunikasi langsung dan bagaimana bentuk komunikasi tersebut diterapkan. Ada perbedaan mendasar mengenai komunikasi langsung dan tidak langsung dimana pada komunikasi langsung, komunikasi dilakukan secara tatap muka dan tanpa media perantara lainnya. Sementara itu, pada komunikasi tidak langsung, diperlukan suatu media tertentu agar komunikasi tersebut bisa dilakukan karena terdapat jarak di antara komunikan.

ads

Penggunaan kedua jenis komunikasi ini juga tergantung pada situasi dan kondisi, sehingga masing-masing jenis komunikasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada dasarnya, komunikasi yang bersifat langsung terdiri dari empat macam, yaitu antar individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan individu dan kelompok dengan kelompok. Berikut ini adalah beberapa contoh dari komunikasi yang bersifat langsung:

  1. Percakapan antar individu dengan saling bertatap muka

Percakapan antar individu adalah contoh paling mudah dari bentuk komunikasi langsung. Apabila seseorang melakukan percakapan dengan orang lain tanpa menggunakan bantuan pihak ketiga atau macam-macam media komunikasi tertentu, maka ini merupakan contoh dari komunikasi yang bersifat langsung. Komunikasi ini biasanya termasuk jenis komunikasi verbal. Tentunya ada banyak fungsi komunikasi verbal yang bisa didapat dengan lebih efektif melalui cara komunikasi antar individu ini.

  1. Guru yang mengajar murid-muridnya di kelas

Contoh selanjutnya dari komunikasi yang bersifat langsung adalah guru yang mengajar murid-muridnya di kelas. Ini merupakan bentuk komunikasi secara langsung antara individu dengan kelompok. Interaksi yang dilakukan oleh guru akan diterima langsung oleh murid-murid di kelas tanpa menggunakan media dan tidak memiliki jarak di sana. Pada komunikasi ini, umpan balik bisa langsung diberikan sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif.

  1. Kegiatan presentasi atau seminar dalam forum

Kegiatan presentasi atau seminar juga merupakan bentuk dari komunikasi secara langsung. Jenis komunikasi yang terjadi pada presentasi yaitu komunikasi langsung antara individu dengan kelompok. Seseorang akan mempresentasikan bahan diskusi atau temuannya kepada sekelompok orang di dalam forum. Tentu saja, kemampuan untuk mengatasi hambatan-hambatan komunikasi menjadi penting untuk dimiliki seseorang.

Syarat yang paling utama kegiatan ini menjadi komunikasi yang bersifat secara langsung adalah kegiatan dilakukan di ruangan dan bersama-sama. Bagaimana pun juga, tidak dipungkiri juga ada kegiatan presentasi atau seminar yang bisa dilakukan secara tidak langsung (membutuhkan media akibat terdapat jarak).

  1. Demonstrasi

Demonstrasi atau unjuk rasa adalah contoh komunikasi langsung yang dilakukan antara kelompok terhadap suatu individu. Sekelompok orang biasanya akan menyampaikan pendapatnya secara bersama-sama terhadap satu individu. Tentunya ini dilakukan secara langsung dan bisa direspon langsung juga oleh individu. Sebenarnya ini merupakan salah satu bagian dari fungsi komunikasi dalam organisasi yang bisa menjadi teknik untuk mendapatkan tanggapan lebih cepat dari aspirasi-aspirasi suatu kelompok.

Sponsors Link

  1. Diskusi Kelompok

Kegiatan diskusi kelompok adalah bentuk komunikasi langsung yang dilakukan antar kelompok. Meskipun nantinya yang akan berbicara adalah perwakilan individu, tetapi biasanya tanggapan yang muncul tidak terjadi hanya pada satu individu lainnya. Inilah mengapa komunikasi langsung juga bisa terjadi antar kelompok.

Ada banyak jenis dari diskusi kelompok, seperti misalnya diskusi antar kelompok di kelas, diskusi antar kelompok pada suatu wilayah dan lain sebagainya. Yang jelas, kita juga harus memperhatikan cara berkomunikasi dengan baik supaya informasi yang akan kita sampaikan bisa diterima dengan baik pula.

Itulah tadi beberapa contoh dari macam-macam komunikasi langsung. Komunikasi langsung memiliki kelebihan yang unggul terutama mengenai keefektifannya. Tanggapan dan umpan balik bisa langsung diterima pada saat itu juga. Selain itu, komunikasi langsung juga memberikan kemudahan bagi komunikan dalam mendapatkan informasi.

Untuk penerapannya sendiri tentu sudah sering kita lakukan. Paling mudah adalah saat kita melakukan komunikasi lisan. Itu adalah contoh penerapan yang tentu sudah biasa kita lakukan. Masih ada banyak contoh komunikasi langsung tetapi pada dasarnya beberapa contoh di atas adalah contoh yang paling umum dan sering diterapkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :