Sponsors Link

8 Fungsi Judul dalam Berita Secara Umum

Sponsors Link

Sebelum menuliskan sebuah berita yang bagus, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu fungsi judul dalam berita. Sebagaimana kita ketahui, judul merupakan komponen yang penting dan termasuk menjadi bagian paling utama yang akan terlihat dari sebuah pengantar. Bila sebuah berita ditulis tanpa ada judul, tentu saja orang tidak akan tertarik membaca isi dari berita tersebut. Judul memiliki pengaruh yang termasuk penting. Berita sendiri termasuk dalam jenis komunikasi jurnalistik dan model komunikasi massa yang memang seringkali menjadi perhatian khusus.

ads

Terdapat beberapa macam fungsi dari judul pada sebuah berita. Fungsi-fungsi tersebut akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana judul bisa menjadi sebuah hal yang memang penting. Berikut ini adalah beberapa macam fungsi judul dari berita secara umum:

  1. Menarik perhatian pembaca

Fungsi paling pertama dari judul berita tentu saja adalah untuk menarik perhatian pembaca. Judul berita akan memuat kata-kata yang biasanya membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih detail dari berita yang dimuat tersebut. Selain itu, dengan adanya judul ini, maka pembaca akan lebih tergugah untuk mencari apa maksud dari judul yang sudah dituliskan dengan mencari jawaban tersebut di dalam berita.

  1. Menggambarkan isi berita

Judul dari sebuah berita juga bisa menjadi gambaran umum dari berita tersebut. Namun demikian, judul biasanya ditulis dengan kata-kata yang sedikit. Dalam hal ini, fungsinya hanya untuk menggambarkan secara keseluruhan dari apa yang ada di dalam berita tersebut. Ini artinya, judul biasanya tidak menyertakan kesimpulan akhir dari isi berita yang ada di dalamnya.

  1. Pemicu untuk membaca berita

Mengingat judul tidak memberikan kesimpulan dari berita, maka judul bisa menjadi pemicu untuk membaca berita. Judul akan menarik pembaca untuk mengetahui sebenarnya apa isi berita yang akan disampaikan. Tentu saja, judul sangat bermanfaat untuk mengantarkan berita tersebut agar dibaca oleh orang lain. Penulisan judul yang menarik akan membuat berita disampaikan dengan baik pula. Apalagi sekarang ini berita juga banyak dimuat dalam jurnalistik online.

  1. Bagian paling awal dari berita

Fungsi judul dalam berita yang sebenarnya sudah sangat jelas yaitu sebagai bagian awal dari berita. Judul akan dituliskan di bagian teratas berita dan biasanya menggunakan ukuran huruf yang lebih besar. Ini akan memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk mengetahui apa isi berita tersebut secara umum. Judul termasuk menjadi bagian dari karakteristik media cetak yang sering disinggung.

  1. Pemadatan isi berita

Selain menggambarkan berita, sebenarnya judul bisa juga digunakan sebagai pemadatan isi berita. Penulisan judul memang memiliki tantangan tersendiri. Berita yang isinya sangat banyak itu, bisa dituliskan hanya ke dalam beberapa kata-kata sehingga sudah terangkum sepenuhnya dalam sebuah kalimat pemicu. Ingat, karena sebagai pemicu, judul jarang sekali yang langsung memberikan suatu kesimpulan.

  1. Meringkas berita

Hampir mirip dengan pemadatan isi berita, tak jarang judul juga bisa meringkas berita. Ringkasan ini tentunya dalam bentuk yang sederhana dan kalimat-kalimat yang mudah untuk dibaca serta dikenali. Judul dengan kalimat-kalimat yang panjang biasanya justru tidak menarik perhatian pembaca.

  1. Memudahkan pencarian berita

Dengan adanya judul, pembaca juga bisa dengan mudah melakukan pencarian berita yang diinginkan. Tidak bisa dibayangkan bila beberapa berita tidak memiliki judul. Tentu saja menjadikan pembaca akan kesulitan untuk mencari berita yang diinginkan. Fungsi judul ini memang termasuk penting.

  1. Menggambarkan topik berita

Terakhir, sebuah judul juga akan menggambarkan topik berita. Ini artinya, macam-macam berita akan lebih mudah digolongkan pada kategori-kategori tertentu. Judul berbeda dengan topik. Biasanya tulisan dalam judul akan dibuat lebih menarik dibandingkan dengan topik utama sebuah berita. Topik pada umumnya menggunakan kalimat-kalimat panjang, sementara itu judul berfungsi meringkas topik tersebut dengan kalimat lebih pendek dan sekaligus menggambarkan isi berita.

Itulah tadi beberapa macam fungsi dari sebuah judul. Dengan mengetahui fungsi dari judul, maka kita juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai cara menulis berita yang baik. Ini akan sangat membantu terutama dalam membuat berita yang bagus. Fungsi judul dalam berita memang penting untuk diketahui dan diterapkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :