Sponsors Link

8 Fungsi Komunikasi dalam Jaringan Simulasi Digital

Sponsors Link

Fungsi komunikasi dalam jaringan simulasi digital menarik untuk dibahas terutama ketika kita melihat penerapan jenis komunikasi ini semakin lama semakin berkembang. Sebagaimana kita ketahui, komunikasi dalam jaringan atau biasa disebut sebagai komunikasi daring merupakan bentuk komunikasi yang sudah tidak asing lagi. Kita bisa menemukannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya bentuk percakapan melalui media sosial, surat elektronik dan lain sebagainya. Semuanya termasuk komponen pendukung komunikasi daring. Jenis komunikasi ini pun terbagi menjadi dua, yakni komunikasi sinkron dan komunikasi asinkron.

ads

Jaringan simulasi digital memiliki makna yang lebih mendalam lagi tentang bagaimana proses komunikasi yang ada di dalamnya akan menggunakan media-media digital. Artinya, komunikasi mungkin akan dilakukan dalam bentuk interaktif yang bisa dilihat, didengar atau diucapkan secara langsung. Proses ini terus dikembangkan sehingga membuat pertukaran dan penyampaian pesan bisa terjadi dengan lebih cepat dan efektif. Berikut ini adalah beberapa macam fungsi komunikasi yang ada pada jaringan simulasi digital:

  1. Menyingkat Waktu

Dengan adanya komunikasi dalam jaringan, maka proses komunikasi yang berlangsung bisa menjadi lebih singkat. Hal ini karena media komunikasi yang terjadi bisa memungkinkan penyampaian pesan secara cepat. Tentu saja ini akan menjadikan proses komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien. Fungsi-fungsi komunikasi menjadi lebih cepat untuk diterapkan.

  1. Pengiriman Data dalam Jumlah Besar

Data bisa dikirimkan dalam jumlah besar, menyebabkan proses pengiriman pesan tersebut menjadi lebih cepat. Pesan atau informasi juga tidak akan berubah bentuk. Simulasi digital saat ini sudah berkembang hingga end-to-end encryption, yakni proses enkripsi pesan dari pengirim kepada penerima pesan sehingga tidak ada pihak lain yang bisa mencuri data tersebut.

  1. Menghilangkan Jarak

Jarak mungkin menjadi salah satu hambatan dalam komunikasi, namun dengan adanya komunikasi dalam jaringan, maka jarak seakan hilang. Proses komunikasi menjadi lebih mudah dan juga efektif. Jarak semacam bukan hambatan lagi. Siapa saja bisa bertukar informasi melalui komunikasi dalam jaringan ini. (Baca juga: Fungsi gatekeeper dalam jaringan komunikasi organisasi)

  1. Memungkinkan Komunikasi dalam Skala Besar

Selain beberapa fungsi dasar tersebut, ada fungsi komunikasi dalam jaringan simulasi digital yang memungkinkan proses komunikasi dalam skala besar. Ini artinya, komunikasi bisa berlangsung dengan melibatkan beberapa orang sekaligus. Proses ini tentu saja membuat komunikasi menjadi lebih efektif sebab tidak perlu menggunakan media yang kompleks.

  1. Pengungkapan Emosional

Beberapa individu mungkin akan lebih nyaman ketika mengungkapkan apa yang dirasakannya tidak secara langsung. Komunikasi dalam jaringan termasuk bisa menjadi solusi terhadap ini. Seseorang bisa lebih bebas dalam mengungkapkan emosinya dibanding ketika harus berbicara secara langsung.

  1. Pengendali Komunikasi

Jaringan simulasi digital bisa menjadi pengendali komunikasi itu sendiri. Ini artinya, arus pesan atau informasi yang akan dikirim atau disampaikan akan sangat bergantung dengan bagaimana kualitas jaringan tersebut. Terdapat konsep pooling dalam jaringan komunikasi data yang merupakan salah satu bagian dari pengendali komunikasi.

  1. Sarana Motivasi

Sama halnya seperti pengungkapan emosional, komunikasi dalam jaringan ini juga bisa menjadi sarana motivasi yang efektif sebab penyampaian pesan bisa ditujukan langsung kepada target tanpa harus memukul rata informasi tersebut kepada semua orang. (Baca juga: Tujuan komunikasi daring sinkron)

  1. Sarana Evaluasi

Umpan balik atau evaluasi juga bisa disampaikan secara langsung pada seseorang melalui penerapan komunikasi daring simulasi digital tersebut. Ini juga akan membuat proses komunikasi yang berlangsung menjadi lebih cepat dan efektif.

Demikian beragam fungsi dari komunikasi dalam jaringan simulasi digital yang bisa kita ketahui. Ini akan menjadi sebuah informasi menarik yang tentu saja bisa dikembangkan lebih banyak lagi. Apalagi fungsi komunikasi dalam jaringan simulasi digital memang sangat beragam dan berguna.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring