Sponsors Link

20 Tujuan Komunikasi Daring Sinkron

Sponsors Link

Di era ini, masyarakat dari berbagai lapisan telah terbiasa melakukan komunikasi melalui jaringan, atau disebut komunikasi daring. Baik itu berupa komunikasi dalam bentuk pesan teks, pesan suara atau panggilan suara  atau juga panggilan video. Komunikasi daring dapat dilakukan dengan menggunakan media komputer, atau smartphone yang sekarang lebih banyak digunakan. untuk dapat berkomunikasi dapat menggunakan berbagai aplikasi seperti whatsapp, bbm, line, email, dan sebagainya (baca: internet sebagai media komunikasi).

ads

Sejak penggunaan komunikasi daring pertama kali, yaitu pada tahun 1960 di Universitas of Hawaii hingga sekarang, pengaplikasian komunikasi daring terus dikembangkan. Hingga sekarang, komunikasi bukan hanya dapat dilakukan antar komputer saja (menggunakan komputer) tapi juga dengan menggunakan telepon pintar yang tentunya lebih praktis digunakan dan dibawa kemana saja. Berbagai kecanggihan yang dimiliki komunikasi daring membuat proses komunikasi melaui jaringan menjadi semakin efektif dan efisien.

Seperti kita ketahui bahwa komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara dan bentuk, dan salah satunya melalui jaringan atau komunikasi daring. Pemilihan penggunaan komunikasi daring untuk berkomunikasi dengan seseorang atau kelompok orang tentu didasari oleh beberapa pertimbangan atau alas an. Misalnya untuk mempersingkat waktu dan biaya, atau lainnya. Berikut ini akan Pakar Komunikasi paparkan beberapa tujuan komunikasi daring sinkron, sebagai referensi anda untuk mempertimbangkan penggunaannya.

  1. Berbagi Sumber Data dan Informasi

Dengan komunikasi daring, kita dapat menyebarkan data pengetahuan maupun informasi penting lainnya keseluruh penjuru dunia. Jaringan internet memungkinkan hal tersebut untuk dilakukan, sebab sekali kita memposting suatu informasi kedalam jaringan misalnya dalam sebuah portal internet; maka seketika itu juga pengguna internet yang berada di ujung dunia sekalipun akan dapat mengakses dan membaca informasi dalam artikel yang kita posting.

Komunikasi daring memungkinkan penggunanya untuk dapat berbagi informasi kepada semua target penerima informasi yang diingikan tanpa terikat jarak maupun waktu.  Penyebaran informasi melalui dunia maya pun cenderung lebih bebas, sehingga kita perlu berhati-hati dalam menerima ataupun menyebarkan sebuah informasi. Pastikan kita tidak menyebarkan berita hoax. Dan pastikan pula tidak ada kesalahan dalam informasi yang kita sebarkan, karna sekali salah menyebarkan informasi, maka akan sulit ditarik kembali. Sebab informasi tersebut telah menyebar hinggga ke pihak yang mungkin tak terduga.

  1. Media Komunikasi

Selain untuk berbagi data dan informasi, komunikasi daring memiliki tujuan sebagai media komunikasi. Dengan menggunakan komunikasi daring, kita dapat mengkomunikasikan ide atau pesan yang ingin kita sampaikan kepada publik orang tertentu dan kemudian mendapatkan timbal balik dari penerima pesan  tersebut (baca juga: etika komunikasi di internet).  Media komunikasi daring bisa berupa media massa seperti youtube, situs berita, dkk; media sosial seperti twitter, facebook, ataupun media komunikasi yang sifatnya privat seperti whatsapp, line, bbm ataupun email.

Komunikasi daring memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antar penggunanya tanpa terpengaruh jarak maupun waktu.  Misalnya sepasang kekasih yang tengah tinggal di negara berbeda akan dapat saling berbicara bertatap muka menggunakan vitur panggilan video di whatsapp atau line. Contoh lain misalnya karyawan sebuah perusahaan di sebuah cabang dapat melakukan rapat jauh dengan pemimpin perusahaan yang berada dipusat melalui teleconference (baca juga: saluran komunikasi dalam organisasi).

  1. Keamanan Data

Kita dapat mengupload dan menyimpan berbagai file atau dokumen berisi informasi ataupun kedalam imternet. Kita juga dapat membuat akun dalam berbagai aplikasi media komunikasi daring dan saling bertukar informasi dengan pengguna lainnya. Namun kita tidak perlu khawatir menenai privasi ataupun keamanan data yang kita miliki tersebut. Data pribadi dalam dunia maya kita tetap terjaga keamanannya, dan tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Contohnya melalui pengaplikasian password dan user name dala, aplikasi yang kita gunakan.

Sponsors Link

  1. Web Browsing

Tujuan komunikasi daring selanjutnya adalah web browsing. Dengan web browsing kita dapat mencari sumber-sumber informasi yang relevan dengan informasi yang kita cari untuk kemudian mengaksesnya. Web browsing dapat dilakukan melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Ask.com.  informasi yang dapat kita caripun tak terbatas, nyaris semua informasi umum yang kita perlukan tersedia dalam jaringan internet (baca juga:  prinsip-prinsip komunikasi).

  1. Efisiensi Biaya

Komunikasi daring dapat memangkas biaya yang diperlukan untuk melakukan komunikasi. Misalnya untuk berbicara dengan seseorang  yang berada diluar negeri, biaya komunikasi lewat jaringan internet seperti whatsapp misalnya, akan lebih murah jika dibandingkan menggunakan telepon seluler, dan akan jauh lebih murah lagi dibandingkan dengan melakukan komunikasi lansung secara konvensional, yang memerlukan mobilitas fisik agar dapat bertemu muka.

Komunikasi daring juga memungkinkan dilakukannya penyebaran informasi hingga jangkauan seluruh dunia dengan biaya yang lebih murah. Misalnya untuk mengiklankan sebuah produk, dengan memanfaatkan media sosial maupun e-commerce jangkauan yang didapat bisa lebih jauh dan dengan waktu yang lebih cepat, namun dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan beriklan melalui televisi  (baca juga: komunikasi internasional).

  1. Efisiensi Waktu

Kommunikasi daring memangkas waktu yang diperlukan untuk dapat berkomunikasi dengan individu lain. Kita dapat berkomunikasi dengan orang di belahan dunia lain tanpa perlu menunggu orang tersebut dapat bertemu dengan kita. Komunikasi daring juga dapat memangkas waktu yang diperlukan untuk menyebarkan sebuah informasi kepada target yang lebih luas, jangkauannya hingga seluruh dunia. Seperti telah disebutkan sebelumnya, ketika kita memposting suatu informasi melalui jaringan internet, seketika itu pula postingan tersebut akan dapat diakses pengguna di negara atau belahan dunia lain.

Namun penyebaran infomasi dalam komunikasi daring, misalnya media sosial tetap dapat diatur secara spesifik. Misalkan kepada target yang lebih spesifik gendernya, atau lokasinya, atau hobi dan kesukaannya. Sehingga informasi yang kita sampaikan akan langsung mengenai target yang kita inginkan, dengan begitu tentunya akan menghemat waktu komunikasi yang diperlukan.

  1. Efisiensi Tenaga

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, komunikasi daring memangkas jarak dan waktu. Seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di belahan bumi lain secara langsung tanpa perlu bertemu muka. Dengan begitu komunikasi daring akan meminimalisir mobilitas fisik komunikan ataupun komunikator, artinya menghemat tenaga yang digunakan untuk melakukan mobilitas fisik tersebut.

  1. Hiburan

Komunikasi daring juga menyediakan berbagai hiburan yang bisa kita dapatkan dengan biaya yang relative murah. Misalnya dengan menonton film atau video-video pendek melalui you tube atau website penyedia konten tersebut, memainkan game online, atau membaca tulisan, novel ataupun artikel yang sifatnya menghibur secara online (baca juga: Jurnalistik Online).

ads
  1. Bersosialisasi

Seperti layaknya sebuah komunikasi, komunikasi daring juga bertujuan agar setiap penggunanya dapat bersosialisasi dalam masyaraklat. Dalam hal ini mungkin konteksnya masyarakat dunia maya, namun tidak menuntup kemungkinan bahwa sosialisasi yang kita lakukan melalui dunia maya ini akan sangat berpengsruh di dunia nyata. Komunikasi daring menyediakan media sosial seperti facebook, twitter, line, instagram dan sebagainya yang memungkinkan kita untuk mengungkapkan isi pikiran, bertukar informasi, dan saling terhubung dengan pengguna lain.

Melalui media sosial seseorang dapat tetap berkomunikasi secara  intens dengan sahabat lamanya yang kini tinggal di negara yang berbeda, meski tidak pernah saling bertemu muka secara langsung. Seorang artis juga dapat terus melakukan hubungan dan menyapa penggemarnya dengan memposting kegiatan kesehariannya melalui media sosial. Kita juga dapat mengetahui update terbaru mengenai kejadian yang sedang populer di masyarakat melalui media sosial  (baca juga: jenis-jenis interaksi sosial).

  1. Ekspresi Diri

Seperti telah disinggung sebelumnya, komunikasi daring memungkinkan penggunanya untuk mengungkapkan isi pikirannya melalui media sosial. Dengan begitu penggunanya dapat mengekspresikan dirinya, baik dengan memposting tulisan pendek, foto dengan caption tertentu, ataupun dengan megupload video kreativitas dirinya. Biasanya tulisan, foto, ataupun video yang diupload tersebut akan mendapatkan tanggapan dari pembaca atau pengguna lain yang melihatnya. Sehingga selain dapat mengkespresikan diri, pengguna juga dapat mengetahui tanggapan orang lain terhadap ekpresi tersebut (baca: model-model komunikasi).

Tujuan Lainnya (11-20)

Selain kesepuluh tujuan komunikasi daring yang telah disebutkan diatas, terdapat sepuluh tujuan komunikasi daring lainnya yang juga tidak kalah penting yaitu:

  1. Penenang: komunikasi daring menyediakan berbagai hiburan, berita, pengetahuan, atau informasi lain yang dapat digunakan untuk merefresh otak dari kepenatan sehabis bekerja.
  2. Integrasi Data: kita dapat mengakses informasi dari mana saja, dengan menggunakan perangkat yang berbeda sekalipun.
  3. Kritis: dengan kemudahan penyebaran informasi yang dilakukan melalui media sosial, kita dituntut untuk menjadi lebih kritis dalam menanggapi berbagai berita mengenai suatu kejadian yang terjadi di masyarakat.
  4. Otoritas Norma: komunikasi daring dapat digunakan oleh pem,erintah untuk mensosialisasikan berbagai pesan norma ataupun peraturan-peraturan baru kepada masyarakat dengan lebih cepat dan luas.
  5. Adaptasi Sosial: komunikasi daring yang bersifat terbuka, memungkinkan para penggunanya untuk dapat beradaptasi dengan lebih mudah dengan sesamanya.
  6. Kemajuan Sosial: komunikasi daring terus berkembang semakin canggih, berbagai inovasi baru bermunculan yang menawarkan berbagai kemudahan, dan efisiensi juga efektifitas dalam berbagai faktor.
  7. Pengembangan dan Pemeliharaan: dengan komunikasi daring, pengembangan dan pemeliharaan dalam melakukan komunikasi lebih mudah dilakukan. Misalnya dalam sebuah website, akan lebih mudah untuk menambahkan dan memsosialisasikan informasi baru.
  8. Manajemen dan kontrol: pengelolaan dan pengontrolan komunikasi daring lebih mudah dilakukan, karena kita dapat memilih target informasi secara lebih spesifik. Kita dapat mengontrol kemana informasi tersebut disebar, apakan bersifat publik atau hanya kepada orang-orang tertentu saja (baca: internet sebagai media komunikasi).
  9. Meningkatkan Intersitas Komunikasi: komunikasi daring memungkinkan terjadinya komunikasi yang intens meskipun tidak pernah saling bertemu. Berkomunikasi dengan orang yang pendiam juga kadangkala akan lebih mudah dilakukan melalui komunikasi daring, sebab orang tersebut memiliki waktu untuk berpikir dan kebebasan dalam menuliskan tanggapannya, serta berkurangnya intimidasi yang dirasakan dibandingkan ketika berbicara langsung (baca juga: psikologi komunikasi).
  10. Meningkatkan Partisipasi Komunikasi: komunukasi daring memungkinkan orang yang kurang dominan dalam pembicaraan langsung untuk dapat berpartisipasi aktif dalam sebuah forum, dan secara tidak langsung juga mengulangi dominasi pembicaraan oleh seseorang (baca juga: teori komunikasi kelompok)

Demikian artikel mengenai tujuan komunikasi daring ini. Anda juga bisa membaca artikel mengenai komunikasi daring  lainnya seperti  tujuan komunikasi dalam jaringan, tujuan komunikasi daring, jenis-jenis komunikasi dalam jaringan, penerapan komunikasi daring; atau jenis jenis komunikasi daring sebagai tambahan referensi. Semoga bermanfaat! ^^

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,