Sponsors Link

11 Cara Mengurangi Tingkat Ketidakpastian Dalam Komunikasi Antar Budaya

Sponsors Link

Komunikasi antar budaya adalah komunikasi antara dua budaya yang berbeda. Perbedaan budaya yang seperti ini sering kali menimbulkan ketidakpastian dalam komunikasi. Meskipun begitu, ada beberapa cara untuk mengurangi hal ini. Berikut ini adalah beberapa cara mengurangi tingkat ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya:

ads

1. Berani bicara

Sering kali karena adanya perbedaan budaya, terutama bahasa membuat beberapa orang justru tidak berani untuk berbicara dengan orang lain. Padahal sikap yang tertutup seperti inilah yang semakin memperbesar ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya. 

Beranikan diri untuk tetap berkomunikasi meskipun terdapat banyak perbedaan akan membuat diri kita menjadi lebih terbuka dan ramah bagi orang lain sehingga tidak ada lagi kejengahan dalam berkomunikasi. 

Baca juga:

2. Menggunakan bahasa isyarat

Salah satu kesulitan dalam berkomunikasi antar budaya adalah perbedaan bahasa. Perbedaan bahasa sering kali menjadi batu sandungan terbesar untuk saling berkomunikasi. Namun hal ini dapat dikurangi dengan menggunakan beberapa bahasa isyarat atau bahasa tubuh. 

Dengan menggunakan bahasa isyarat atau bahasa tubuh, maka lawan bicara akan dapat langsung mengerti apa yang dikatakan. Misalnya saja ingin mengatakan minum, Anda bisa melakukan gerakan seperti orang sedang minum. 

3. Perhatikan ekspresi lawan bicara

Jika masih mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain, Anda sebaiknya juga memperhatikan ekspresi dari lawan bicara Anda. Ekspresi biasanya menunjukkan sesuatu yang diinginkan.

Selain itu, memperhatikan wajah lawan bicara saat berbicara adalah salah satu adab dalam berbicara yang wajib dilakukan untuk menghargai lawan bicara Anda.

Baca juga :

4. Menjaga bahasa tubuh dengan baik

Hal lain yang perlu dilakukan untuk cara mengurangi tingkat ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya adalah dengan menggunakan bahasa tubuh yang baik. Menjaga bahasa tubuh yang baik disini maksudnya adalah mengedepankan adab dalam berbicara. 

Misalnya saja ketika berbicara sebaiknya gunakan gerakan tangan yang sopan. Gerakan tangan yang tidak arogan seperti menunjuk-nunjuk lawan bicara akan membuat lawan bicara menjadi lebih nyaman dalam berkomunikasi.

5. Berusaha menggunakan bahasa asli lawan bicara

Meskipun Anda tidak terlalu fasih dalam menggunakan bahasa lawan bicara Anda, namun sangat baik jika Anda berusaha untuk menggunakan bahasa tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk membuat lawan bicara menjadi lebih nyaman dan merasa jauh lebih dihargai.

Baca Juga :

Penggunaan bahasa lain dalam berbicara mungkin akan sedikit menyulitkan namun berdampak sangat baik pada lawan bicara yang berbeda budaya dari Anda. Anda akan terlihat jauh lebih baik karena telah berusaha menghargai lawan bicara. Toh meskipun salah, lawan bicara Anda akan dengan senang hati memperbaiki kesalahan Anda.

6. Mendekatkan diri

Perbedaan budaya hendaknya tidak menjadi batas dalam mendekatkan diri pada orang lain. Justru dengan semakin mendekatkan diri, maka ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya akan hilang secara perlahan.

Membuat diri orang lain menjadi nyaman pada kita sangat penting sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik. Ketika seseorang sudah nyaman berinteraksi, maka tidak akan ada lagi ketidakpastian dalam sebuah komunikasi.

7. Memperbanyak intensitas komunikasi

Hal lain yang perlu dilakukan untuk mengurangi ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya adalah dengan memperbanyak intensitas komunikasi. Dengan semakin sering berkomunikasi, maka akan semakin banyak informasi yang didapatkan. Komunikasi yang tadinya penuh dengan keraguan dan ketidakpastian pun semakin lama akan semakin samar.

Baca juga:

8. Mengenali lawan bicara dengan baik

Layaknya kata pepatah, kalau tak kenal maka tak sayang. Untuk mengurangi ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya, saling mengenali kepribadian masing-masing sangatlah penting. Membicarakan latar belakang masing-masing dapat membuka jalan komunikasi antar budaya yang baik dan lancar.

Kita tidak bisa menilai seseorang dari luarnya saja karena hal seperti inilah yang dapat menyebabkan kesalahpahaman. Pribadi seseorang sering kali berbeda dengan penampilan luarnya, maka dari itu intensitas komunikasi juga harus lebih ditingkatkan.

9. Tidak memotong pembicaraan

Dalam komunikasi antar budaya, adab dalam berbicara haruslah dikedepankan. Sebagai manusia yang memiliki budaya, maka salah satu hal penting dalam berbicara adalah tidak memotong pembicaraan saat orang lain sedang berbicara.

Namun sayangnya, banyak orang yang tidak mengerti akan adab yang satu ini dan lebih mementingkan ego. Maka dari itu, sangat diperlukan kesadaran diri untuk saling menghargai satu sama lain.

10. Gunakan pakaian yang sopan

Jangan menggunakan pakaian yang tidak sopan saat berbicara dengan orang lain karena hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman yang meningkatkan ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya. Pakaian yang sopan juga merupakan salah satu bentuk menghargai dan menghormati orang lain. Maka dari itu, sebaiknya hindari pakaian yang terlalu terbuka dan berantakan ketika melakukan komunikasi. 

Baca juga:

11. Memperkenalkan budaya sendiri

Hal lain yang dapat mengurangi ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya adalah dengan memperkenalkan budaya sendiri kepada orang lain. Ketika kita berhadapan dengan seseorang yang memiliki budaya yang berbeda, maka ada baiknya jika kita juga memperkenalkan sedikit mengenai budaya kita agar mereka mendapatkan informasi lebih mengenai diri kita.

Itulah 11 cara mengurangi tingkat ketidakpastian dalam komunikasi antar budaya. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. 

Sponsors Link
, ,
Oleh :