Sponsors Link

6 Perubahan Dalam Jurnalisme Tradisional Saat Ini

Sponsors Link

Kemajuan teknologi saat ini memberikan banyak perubahan dalam berbagai profesi, termasuk profesi jurnalis. Adanya perubahan dalam teknologi komunikasi juga ikut menggeser beberapa aspek dalam jurnalisme.

ads

Jurnalisme tradisional kini mulai berubah menjadi jurnalisme modern yang lebih maju dengan segala kelebihannya. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah beberapa perubahan dalam jurnalisme tradisional:

1. Lebih cepat

Perubahan paling mudah dilihat dari jurnalistik tradisional adalah penyampaian informasi yang jauh lebih cepat. Bahkan tak hanya sekedar cepat, kini informasi dapat disajikan secara langsung atau real time. Jika dulu kita harus menunggu berhari-hari untuk bisa mendapatkan kabar dari saudara atau teman di luar kota dengan menggunakan surat, bahkan penyampaian informasi pada jaman dulu dilakukan dengan menggunakan kuda atau merpati, kini kita hanya perlu menunggu beberapa detik saja dengan menggunakan surat elektronik alias email.

Baca juga :

2. Lebih mudah memilih informasi

Salah satu perubahan lain yang paling mencolok dari jurnalisme tradisional adalah saat ini jurnalisme memiliki lebih beragam jenis informasi. Jurnalisme modern yang saat ini menggantikan jurnalisme tradisional memiliki banyak pilihan yang beragam untuk dinikmati.

Jika dulu jurnalisme hanya diisi dengan berita politik atau idealisme, kini kita semua bisa menikmati berita tentang gaya hidup, selebriti, kesehatan, teknologi, dan lain-lain. Keberagaman berita ini sekaligus ikut mendongkrak jumlah jurnalis semakin meningkat. Bahkan pembaca dapat memilih dan meminta secara langsung kepada jurnalis untuk menyajikan berita yang diinginkan.

3. Mudah didapatkan

Jurnalisme tradisional memiliki kekurangan dalam hal kemudahan mendapatkan informasi. Namun kini semua sudah berubah berkat internet yang memudahkan siapa saja mendapatkan informasi apapun dalam waktu yang sangat singkat. Kita bisa menemukan informasi bahkan hingga data pribadi seseorang yang rahasia sekalipun berkat internet.

Namun kemudahan inilah yang kadang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kemudahan dalam mendapatkan informasi apalagi yang rahasia dan bersifat pribadi inilah yang menyebabkan meningkatnya kejahatan di dunia maya.

Selain itu, kemudahan lain adalah kita bisa mendapatkan informasi apapun dimana pun kita berada. Misalnya saja jika kita menginginkan informasi tentang negara lain, maka kita tidak perlu pergi ke negara lain untuk bisa mendapatkannya. Kita juga bisa mendapatkan informasi tersebut dari negara kita sendiri.

Jurnalistik modern saat ini telah melepaskan batas antara ruang dan waktu sehingga kita bisa mendapatkan informasi mengenai apapun dan pada tahun berapa pun dengan mudah hanya dengan membuka internet.

Baca juga :

4. Mudah disimpan

Jika dulu seorang jurnalis membutuhkan ribuan kertas yang memakan banyak tempat untuk bisa menyimpan arsip yang ia miliki, namun sekarang tidak lagi. Dengan adanya perubahan dalam jurnalisme tradisional ke yang lebih modern, kesulitan dalam menyimpan informasi tidak akan lagi dirasakan karena saat ini jutaan informasi bisa disimpan dengan mudah dan tidak memakan tempat.

Hal ini berkat adanya internet yang mampu menampung jutaan informasi tanpa memerlukan ruangan secara fisik. Kemudahan ini juga sangat membantu mengurangi penggunaan kertas yang tentunya akan sangat baik bagi lingkungan.

5. Lebih lengkap

Pada jaman dulu, para jurnalis hanya bisa menyajikan informasi di atas media tulis atau cetak dengan memuat tulisan atau gambar saja sehingga informasi yang didapatkan kadang kurang lengkap. Bahkan informasi yang pertama kali ditulis di atas batu atau daun. Namun kini semuanya telah berbeda. Kini pembaca atau penikmat berita bisa mendapatkan informasi dengan lebih lengkap.

Di internet, kita bisa menikmati berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk. Ada yang hanya menyajikan tulisan, ada yang menyajikan tulisan dan gambar, bahkan ada yang menyajikan tulisan, gambar, beserta suara berupa video. Penampilan atau penyajian informasi yang jauh lebih lengkap seperti ini tentu akan membuat kita menjadi lebih tertarik dan nyaman untuk membaca berita.

Baca juga :

6. Lebih menarik

Penyajian informasi saat ini jauh lebih menarik dibandingkan dengan yang ada pada jaman dahulu. Perubahan jurnalistik tradisional yang kini jauh lebih attractive membuat banyak orang sangat menyukai informasi atau berita apapun itu.

Penyajian yang menarik ini tidak terlepas dari adanya tambahan gambar atau video dalam sebuah informasi. Penggunaan visual yang lebih menarik akan membuat penyajian berita lebih mudah diingat.

Itulah beberapa perubahan dalam jurnalisme tradisional. Meskipun banyak terjadi perubahan, namun pada dasarnya semua perubahan tersebut berakibat baik pada penyampaian informasi selama ini. Kini tugas kita sebagai pembaca hanyalah berusaha menyaring informasi yang baik dan benar agar tidak mudah tertipu oleh media yang tidak bertanggung jawab.

Sponsors Link
, ,
Oleh :