Sponsors Link

6 Fungsi Naskah dalam Sebuah Video

Sponsors Link

Dalam pembuatan sebuah video atau pun program audio visual, pastinya diperlukan ide maupun gagasan di dalamnya. Dimana ide-ide dan gagasan tersebut akan dituangkan di dalam sebuah naskah atau juga yang biasa di sebut sebagai script. Dari sejarah teknologi komunikasi video, naskah sendiri merupakan suatu landasan yang berisi ide atau gagasan yang diperlukan dalam pembuatan suatu video.

ads

Sebagai suatu landasan maka tanpa adanya naskah, proses pembuatan video akan kacau bahkan juga dapat berpengaruh buruk terhadap isi maupun pesan yang terdapat di dalam video. Oleh sebab itu, naskah berperan sentral dalam produksi maupun pembuatan suatu video berdasarkan pula pada beberapa fungsi utama dari naskah dalam sebuah video. Apa saja fungsi naskah dalam sebuah video? Berikut ini ada 6 fungsi utamanya, diantaranya adalah:

1. Sebagai konsep dasar atau basic concept

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa naskah merupakan landasan dalam sebuah video, maka dapat dipahami juga bahwa naskah memiliki fungsi sebagai suatu konsep dasar atau basic concept. Dalam fungsi ini, kualitas dari naskah yang dibuat akan sangat menentukan hasil akhir dari proses pembuatan video nantinya.

Mengapa demikian? Karena sebuah naskah biasanya akan mengandung elemen-elemen penting didalam pembuatan sebuah video. Beberapa diantaranya seperti berisi ide, gagasan, atau pesan dan informasi yang ingin disampaikan melalui sebuah alur cerita, karakter dari berbagai macam tokoh didalamnya, setting, peralatan termasuk jenis-jenis kamera video yang digunakan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, naskah berfungsi sebagai konsep dasar sebuah video.

Baca juga :

2. Sebagai arah atau direction

Selain sebagai suatu konsep dasar, naskah juga berfungsi sebagai suatu arah atau direction dalam sebuah pembuatan video. Hal ini juga masih berkaitan dengan adanya alur cerita maupun elemen lainnya dari sebuah video yang terdapat di dalam sebuah naskah.

Oleh sebab itu, naskah menjadi suatu dokumen yang digunakan oleh sutradara maupun kerabat kerja seperti staff dalam melangsungkan pekerjaannya dalam pembuatan video. Dimana mereka harus mematuhi isi dan juga alur cerita yang telah dituangkan di dalam naskah yang digunakan.

3. Sebagai acuan atau reference

Fungsi utama naskah didalam sebuah video yang terakhir adalah sebagai suatu acuan atau reference,termasuk juga dalam komunikasi interpersonal. Artinya bahwa naskah digunakan oleh sutradara, staff, pemeran atau tokoh, dan lainnya untuk mewujudkan ide, gagasan, maupun cerita dalam naskah menjadi sebuah video yang komunikatif.

Dari fungsi ini juga dapat dipahami bahwa segala aktivitas yang berhubungan dengan proses pembuatan video harus mengacu atau sesuai dengan naskah yang telah dibuat. Oleh sebab itu, dalam pembuatan maupun penyuntingan naskah harus dilandaskan pula dari kode etik dalam penyuntingan naskah sebuah video.

Selain ketiga fungsi utama dari naskah dalam sebuah video tersebut, ada pula beberapa fungsi lainnya yang sesuai dengan peran naskah tersendiri didalam sebuah video. Beberapa diantaranya seperti:

4. Sebagai dasar penentuan pemeran

Fungsi naskah jika dilihat dari perannya selain dari ketiga fungsi utama naskah diatas salah satunya adalah sebagai dasar penentuan pemeran. Untuk mewujudkan isi cerita dari naskah pastinya dibutuhkan pemeran yang sesuai dengan karakter maupun watak tokoh yang telah dituangkan didalam sebuah naskah. Oleh sebab itu, dalam penentuan pemeran akan digunakan naskah sebagai landasan utamanya.

Baca juga :

5. Sebagai dasar perhitungan anggaran

Naskah juga berfungsi sebagai dasar perhitungan anggaran, hal ini pastinya tidak terlepas dari fungsi naskah sebagai konsep dasar dimana mengandung berbagai macam elemen dari sebuah video. Oleh sebab itulah, anggaran pembuatan sebuah video juga dapat dilihat maupun diperhitungkan melalui sebuah naskah.

6. Sebagai penentu hasil akhir

Seperti yang telah disampaikan, bahwa naskah sebagai konsep dasar maka akan menentukan hasil akhir dari sebuah video. Oleh sebab itu, naskah berperan sebagai penentu hasil akhir dimana juga berhubungan dengan minat  dan tanggapan para audience atau penerima pesan terhadap sebuah video yang akan ditampilkan.

Itulah dia 6 fungsi naskah dalam sebuah video baik fungsi utama maupun fungsi dalam perannya, dimana dari fungsi -fungsi naskah diatas dapat diketahui bahwa peran penulis naskah dalam sebuah film maupun video sangat signifikan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital