Sponsors Link

Sejarah Teknologi Komunikasi Video

Sponsors Link

Perkembangan teknologi turut berperan penting dalam mendukung kelancaran dan perkembangan komunikasi. Contohnya zaman dahulu ketika belum ada telepon. Informasi disampaikan dan disebarkan melalui media surat yang perlu waktu lebih lama untuk sampai serta bersifat satu arah.

ads

Kemudian ada telegram yang meskipun dapat menyampaikan pesan atau informasi dengan lebih cepat namun masih tetap bersifat satu arah. Kemudian teknologi terus berkembang dan hadirlah telepon yang memungkinkan kita untuk bercakap-cakap dengan lawan bicara secara langsung melalui media suara atau audio.

Hal ini tentu berdampak besar pada perkembangan komunikasi khususnya telekomunikasi dimana pesan atau informasi dapat disebarkan lebih cepat. Kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang di berbagai tempat.

Tidak berhenti sampai di situ, kemudian ditemukan pula handphone yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang tertentu secara langsung dimanapun ia  berada selama masih ada sinyal.

Hal ini memecahkan salah satu kekurangan telepon yang tidak bisa dibawa-bawa atau dipindahkan sehingga untuk dapat berkomunikasi dengan seseorang kita harus tahu ia sedang berada dimana dan apakah di lokasinya ada telepon atau tidak. Kini komunikasi dapat dilakukan lebih cepat dan tepat sasaran. Kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan seseorang secara langsung dimanapun ia berada.

Teknologi komunikasi terus mengalami perkembangan. Tidak hanya berkomunikasi secara audio bahkan kini kita dapat berkomunikasi secara visual dengan mengandalkan smartphone yang didukung kamera serta jaringan selular 3G dan 4G.

Kita dapat berkomunikasi secara langsung tidak hanya melalui suara namun bertatapan langsung dengan orang tersebut seperti berbincang-bincang secara langsung. Sungguh teknologi telah membuat jarak semakin tidak ada artinya. Apa yang kini terjadi di belahan benua lain dapat segera kita ketahui.

Sejarah teknologi komunikasi video tidak terlepas dari perkembangan teknologi kamera dan jaringan telepon seluler. Dengan pemasangan kamera pada handphone atau smartphone tidak hanya memudahkan kita dalam mengambil gambar tetapi juga berperan penting untuk mendukung komunikasi video.

Semakin canggih dan tinggi resolusi kamera yang digunakan maka semakin baik pula kualitas video yang dihasilkan sehingga komunikasi menjadi lebih nyaman.

Faktor lain yang berperan penting dalam sejarah teknologi komunikasi video adalah perkembangan teknologi jaringan 3G, 4G, bahkan 5G. Ketersediaan jaringan inilah yang memungkinkan kita untuk terhubung secara visual dengan lawan bicara sehingga seolah-olah kita berkomunikasi secara langsung.

Semakin bagus kualitas jaringan yang digunakan maka komunikasi video akan semakin stabil. Anda tentu pernah melihat orang melakukan video call namun tampak terputus-putus yang mengurangi kenyamanan saat berkomunikasi. Tidak hanya melalui smartphone kita juga dapat berkomunikasi secara visual menggunakan komputer desktop atau laptop dengan memanfaatkan webcam dan tentunya jaringan internet sehingga kita dapat berkomunikasi melalui aplikasi seperti skype.

Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi di indonesia terutama dalam bidang audio visual membuka banyak kesempatan untuk melakukan berbagai hal yang biasanya terkendala masalah jarak.

Misalnya video call yang memungkinkan kita berkomunikasi secara langsung dengan seseorang, video conference yang memungkinkan kita mengadakan rapat atau meeting jarak jauh dengan beberapa orang sehingga dapat mengurangi biaya transportasi dan lebih efektif dari segi waktu, kursus online sehingga orang-orang di berbagai daerah dapat belajar atau mengikuti kursus tertentu tanpa terkendala masalah jarak, dan lain sebagainya.

Sejalan dengan perkembangan teknologi sejarah teknologi komunikasi video juga akan terus berkembang. Kita tidak tahu teknologi komunikasi seperti apa lagi yang akan muncul dan berkembang. Bahkan mungkin ke hal-hal yang tidak atau belum terbayangkan sebelumnya oleh kita.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Visual