Sponsors Link

7 Fungsi Foto dalam Jurnalistik Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Jurnalistik merupakan suatu bidang profesi dalam penyajian informasi, baik mengenai kejadian maupun kehidupan sehari-hari kepada publik.

ads

Penyajian yang dilakukan sendiri menggunakan sarana-sarana penerbitan yang tersedia secara berkala. Dengan kata lain jurnalistik merupakan suatu kegiatan yang memberi ruang bagi pers dan media masa untuk bekerja dan memiliki eksistensi yang diakui oleh publik.

Informasi yang disampaikan sendiri bukan hanya sekedar tulisan saja, tetapi biasanya juga akan mengandung foto yang memiliki fungsi penting didalamnya. Apa saja fungsi foto dalam jurnalistik? Berikut beberapa fungsi foto dalam jurnalistik yang biasa terdapat pada berbagai macam jenis-jenis berita jurnalistik secara umum:

  1. Menarik Perhatian Pembaca

Fungsi foto dalam jurnalistik yang pertama adalah dapat menarik perhatian pembaca. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tulisan yang memiliki foto didalamnya akan lebih menarik dibanding dengan informasi maupun berita yang hanya memiliki tulisan panjang didalamnya.

Dengan adanya foto didalam informasi yang disajikan juga dapat meningkatkan minat baca publik, karena dianggap tidak akan membosankan.

  1. Membantu Menyampaikan Isi Informasi

Foto dalam jurnalistik juga dapat membantu menyampaikan isi informasi atau berita secara lebih jelas. Dimana foto dalam jurnalistik biasanya dengan sendirinya akan mudah dimengerti dan dipahami.

Karena peristiwa atau informasi yang disampaikan sudah tergambar dengan sendirinya didalam foto yang ada. Oleh sebab itu, inti informasi yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan lebih jelas dan baik.

  1. Mempermudah Penyerapan Informasi

Selain membantu menyampaikan isi informasi, foto juga dapat mempermudah penyerapan informasi oleh publik. Hal ini disebabkan karena foto didalam jurnalistik merupakan suatu bentuk komunikasi visual atau salah satu pendukung bahasa jurnalistik.

Oleh sebab itu, foto dalam jurnalistik dapat secara langsung menyentuh perasaan publik, sehingga dapat mempercepat terciptanya pendapat publik

  1. Memberi Mutu Pada Berita atau Informasi yang Disampaikan

Fungsi foto dalam jurnalistik yang selanjutnya adalah dapat memberikan mutu pada berita atau informasi yang disampaikan. Artinya adalah dengan adanya foto dalam jurnalistik biasanya orang akan menilai bahwa berita atau informasi yang disediakan lebih bermutu. Hal ini juga meningkatkan minat atau daya tarik pembaca.

  1. Pelengkap Berita atau Informasi

Foto dalam jurnalistik juga berfungsi sebagai pelengkap berita atau informasi yang ditujukan pada publik. Artinya bahwa sesungguhnya foto dan tulisan dalam jurnalistik memiliki kedudukan yang sama, sehingga dapat melengkapi satu sama lain.

Informasi atau berita tanpa tulisan dan hanya foto saja pasti akan susah untuk dimengerti, dan sebaliknya jika informasi atau berita tanpa dilengkapi dengan foto pasti akan terasa kurang lengkap dan terkadang menurunkan minat baca. Terlebih lagi terdapat nilai berita dalam foto jurnalistik.

  1. Mengekalkan Daya Ingat Mengenai Isi Informasi

Dengan terdapatnya foto dalam jurnalistik juga dapat mengekalkan daya ingat mengenai isi informasi maupun berita yang disampaikan. Artinya bahwa orang biasanya akan lebih ingat mengenai sesuatu ketika melihat foto maupun gambar. Ini lah mengapa foto dalam jurnalistik juga berfungsi dalam mengekalkan daya ingat mengenai isi informasi yang disampaikan.

  1. Lebih Meyakinkan atau Membangun Kepercayaan Isi Informasi

Fungsi foto dalam jurnalistik yang terakhir adalah lebih meyakinkan atau membangun kepercayaan isi informasi. Dengan adanya foto didalam jurnalistik maka pembaca akan lebih yakin bahwa informasi yang disampaikan adalah benar adanya dan nyata terjadi. Bukan hanya pendapat atau bahkan karangan semata.

Itulah beberapa fungsi foto dalam jurnalistik secara umum, semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , , ,