Sponsors Link

Tiga Gelombang Peradaban Menurut Alvin Toffler

Sponsors Link

Alvin Toffler adalah seorang penulis yang telah melahirkan banyak karya tulis yang berisi tentang berbagai teori mengenai revolusi komunikasi dan digital. Salah satu bukunya yang cukup fenomenal dan banyak digunakan dalam pembahasan mengenai revolusi komunikasi adalah ‘The Third Wave’.

ads

Dalam ‘The Third Wave’, Alvin Toffler menjelaskan bahwa terdapat 3 gelombang peradaban manusia. Gelombang pertama adalah gelombang agraris, gelombang kedua adalah industri dan gelombang ketiga adalah informasi. Untuk lebih memahami tentang ketiga gelombang peradaban manusia dalam The Third Wave, berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai tiga gelombang peradaban menurut alvin toffler.

Era Agraria

Pada gelombang pertama yang berlangsung pada 800 SM hingga 1500 M ini atau era agraria, manusia bergantung pada teknologi pertanian yang masih sangat tradisional untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dalam era ini, tidak ada teknologi mutakhir yang serba instan seperti yang kita jumpai sekarang. Mereka masih menggunakan berbagai hasil alam yang berupa sinar matahari, angin, air, hewan buruan atau ternak, dan bentuk alam lainnya.

Baca juga :

Teknologi yang digunakan dalam gelombang pertama ini sangatlah sederhana yakni berupa kincir air, kincir angin, penggerek, pengungkit, cangkul, garpu, dan lainnya. Teknologi pada gelombang pertama ini berfungsi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan agar tidak terlalu berat. Penggunaan teknologi pada gelombang pertama ini juga tidak mencemari lingkungan sehingga keseimbangan alam dan ekosistem tetap terjaga dengan baik.

Pada era agraria ini, komunikasi tidak secanggih sekarang. Komunikasi pada manusia di gelombang pertama ini dilakukan dengan sangat sederhana. Kebanyakan komunikasi dilakukan secara lisan atau dengan langsung bertatap muka. Untuk pengiriman surat atau penyampaian pesan jarak jauh biasanya dilakukan dengan mengirim pengirim pesan atau hewan pengirim pesan seperti merpati untuk menyampaikan pesan yang jaraknya jauh.

Era Industri

Era industri terjadi pada tahun 1500 M hingga 1970 M. Pada era ini, masyarakat yang ada di dalamnya jauh lebih berkembang dibandingkan dengan masyarakat pada gelombang pertama. Perekonomian masyarakatnya juga jauh lebih maju. Perubahan kemajuan ini tidak terlepas dari peranan Revolusi Perancis.

Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah munculnya berbagai macam kemajuan dalam bidang industri. Banyak muncul penemuan baru yang membantu berbagai macam pekerjaan sehingga pekerjaan jadi jauh lebih cepat dikerjakan. Hasil produksi yang keluar juga jauh lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan teknologi sebelumnya. Pekerjaan masyarakat yang dulunya adalah petani pun bergeser menjadi pekerja pabrik yang jumlahnya meningkat tajam.

Baca juga :

Pergeseran lain pada era industri adalah pendidikan yang sebelumnya kebanyakan dilakukan di rumah, kini telah bergeser menjadi pendidikan formal yang diadakan di sekolah umum. Selain pendidikan di sekolah, jumlah media cetak yang banyak dihasilkan pada era industri ini juga menyebabkan semakin menurunnya jumlah penderita buta huruf. Masyarakat jadi lebih luas wawasannya berkat kemunculan berbagai macam media cetak.

Menurut Toffler :“Masyarakat Gelombang Kedua adalah industri dan berdasarkan produksimassal, distribusi massa, massa konsumsi, pendidikan massa, media massa, massa rekreasi, massa hiburan, dan senjata pemusnah massal. Anda menggabungkan mereka hal dengan standarisasi, sentralisasi , konsentrasi, sinkronisasi dan birokrasi”

Era Komunikasi

Gelombang ketiga adalah era komunikasi. Gelombang ketiga ini berlangsung pada tahun 1970 M hingga 2000 M. Pada era komunikasi, banyak hal yang jadi semakin lebih mudah dilakukan. Hal yang paling mencolok dari era komunikasi adalah perubahan pada komunikasi. Komunikasi pada masa ini sangatlah mudah dilakukan. Bahkan seolah menembus batas ruang dan waktu.

Baca juga :

Pada masa ini, komunikasi yang dilakukan tidak lagi terhambat dengan jarak. Kini mengirimkan pesan dari satu negara ke negara lain dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik. Tak hanya itu saja, komunikasi juga dilakukan dengan melihat wajah orang secara langsung meskipun jaraknya adalah jutaan kilometer. Hal ini berkat adanya satelit dan internet yang membuat segalanya jadi lebih mudah.

Dari tiga gelombang peradaban menurut alvin toffler, gelombang ketiga memiliki beberapa karakteristik seperti di bawah ini:

  • Teknologi Baru : Adanya industri yang dinamis. Kegiatan produksi didominasi melalui komputer, penerbangan canggih, petrokimia canggih, komunikasi canggih, sistem teknik, kecerdasan buatan, polimer kimia dan diversifikasi dan terbarukan, sumber energi serta ilmu ruang angkasa.
  • Industri ruang: Melahirkan industri luar angkasa. Orang-orang akan dapat pulang pergi ke luar negeri dengan mudah
  • Mendekat dengan laut: Laut menjadi sarana dalam memperoleh harta. Pengembangan dan budidaya laut sangat membantu meningkatkan kesejahteraan
  • Industri Genetik: Masyarakat dapat menghasilkan tanaman yang lebih berkualitas, banyak, dan cepat berkat kecanggihan teknologi.

Itulah penjelasan singkat mengenai tiga gelombang peradaban menurut alvin toffler. Mungkin saja akan ada gelombang selanjutnya yang membawa perubahan yang lebih baik dibandingkan dengan saat ini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi