Sponsors Link

13 Tips Menulis Blog Layaknya Wartawan Profesional Sebuah Media Massa

Sponsors Link

Kegiatan blogging atau menulis blog menjadi salah satu kegiatan yang banyak digandrungi saat ini. Mulai dari anak muda hingga yang tua. Menulis di blog memberikan kesenangan sendiri bagi penulisnya. Namun menulis di blog layaknya wartawan profesional tidaklah mudah. Berikut ini adalah beberapa tips menulis blog layaknya wartawan profesional sebuah media massa.

ads

1. Banyak membaca

Salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh penulis blog agar bisa menulis dengan baik adalah dengan banyak membaca. Membaca akan sangat membantu meningkatkan penggunaan dan penulisan kalimat yang baik dan benar serta menambah wawasan.

Untuk dapat memaksimalkan penulisan blog layaknya wartawan profesional, bacalah bacaan yang memiliki hubungan dengan tema blog yang akan ditulis. Tak hanya sekedar membaca buku, tapi juga bisa membaca blog milik orang lain atau menonton berita lainnya.

Baca juga :

2. Menulis konten yang menarik

Meskipun Anda bukan penulis profesional, namun menulis di blog tidaklah harus mengikuti standar seorang penulis profesional yang sebenarnya. Hal yang paling penting ketika menulis blog adalah membuat tulisan yang menarik pengunjung. Dengan tulisan yang menarik, maka jumlah pembaca tentu akan meningkat.

Mulailah dengan menentukan topik yang sedang trending kemudian berikan judul yang menarik sehingga pengunjung dapat langsung tertarik untuk membaca lebih jauh ketika melihat judulnya.

3. Memberikan yang diinginkan pembaca

Seorang wartawan profesional selalu tahu apa yang diinginkan oleh pembaca. Maka Anda juga harus mengetahui apa keinginan pembaca yang dicari di dalam blog. Untuk dapat mengetahui hal yang diinginkan pembaca, Anda dapat melakukan beberapa riset atau penelitian kecil. Penelitian kecil ini akan memudahkan Anda mencari bagian yang paling penting yang diinginkan oleh pembaca.

4. Berani mengungkap kebenaran

Berikutnya, tips menulis blog layaknya wartawan profesional, Anda juga harus memiliki jiwa dan tekad seperti seorang jurnalis, yakni selalu mengutamakan kebenaran. Banyak media yang saat ini justru terbungkam atau takut menyuarakan kebenaran, padahal salah satu sumpah seorang jurnalis atau wartawan adalah memberitahukan kebenaran yang ada.

Anda dapat menuangkan setiap kebenaran atau fakta yang didapatkan pada blog Anda sehingga isi blog menjadi lebih menarik untuk dibaca. Kebenaran yang mungkin tidak didapatkan di tulisan lain tapi justru bisa didapatkan dalam tulisan Anda tentu merupakan nilai tambah tersendiri.

Baca juga:

5. Selalu ingin tahu

Seorang penulis harus selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Maka dari itu, untuk dapat menulis konten yang berkualitas dan tampak seperti profesional, rasa penasaran harus selalu dimiliki. Seorang wartawan biasanya akan ditempatkan dalam bidang yang selalu berubah-ubah sehingga diwajibkan memiliki rasa ingin tahu dan keinginan untuk selalu belajar agar hasil yang didapatkan nantinya juga berkualitas.

6. Sering bersosialisasi

Siapa bilang menjadi penulis itu kuper atau anti sosial? Seorang penulis blog justru harus lebih sering bersosialisasiatau bergaul dengan berbagai macam lingkungan. Untuk bisa mendapatkan bahan tulisan yang menarik dan sesuai dengan fakta yang ada. Satu lagi tips menulis blog layaknya wartawan profesional adalah Anda harus mampu terjun langsung ke lapangan dan bercampur baur dengan masyarakat sekitar.


7. Menyesuaikan gaya bahasa

Dalam pembuatan sebuah blog, pastinya telah diketahui siapa sasaran pembaca blog tersebut. Jika blog menyasar pada kalangan anak muda, maka penggunaan gaya bahasa yang lebih banyak menggunakan slang akan membuat tampilan blog menjadi lebih menarik.

Tapi jika sasaran pembaca adalah kaum intelek, maka penggunaan gaya bahasa juga harus menggunakan bahasa resmi yang sesuai dengan kaidah EYD. Penyesuaian gaya bahasa ini akan membuat pembaca tidak mudah bosan untuk membaca artikel selanjutnya.

8. Menentukan judul yang tepat

Banyak sekali blog yang menyesatkan para pembacanya. Hal ini dikarenakan adanya judul yang tidak sesuai dengan isi tulisan. Untuk bisa mendapatkan perhatian dari pembaca yang setia, gunakan judul yang tepat dan sesuai dengan isi konten yang ditulis di dalam blog. Jangan memaksakan diri membuat judul menarik namun sama sekali tidak mengandung keterkaitan dengan isi artikel.

Baca juga :

9. Ringkas dan padat

Menulis blog layaknya profesional tidak harus menggunakan rangkaian kalimat yang panjang hingga ribuan kata. Pembaca juga tentunya akan merasa cepat bosan jika yang dibaca terlalu panjang. Tulislah artikel dengan tulisan yang ringkas dan padat namun tetap menyampaikan inti dari tulisan itu sendiri.

10. Jangan terpaku pada SEO Friendly

Banyak penulis blog yang terjebak dengan aturan SEO friendly padahal aturan ini sudah lama ditinggalkan. Mesin pencarian Google kini tidak menempatkan artikel yang SEO pada urutan pertama dalam hasil pencariannya, melainkan menempatkan artikel yang paling banyak dibaca atau human friendly.

Artikel yang memiliki jumlah kata yang sama dengan tema yang sama sering kali memiliki jumlah pembaca dan rekomendasi yang berbeda dikarenakan perbedaan gaya dalam penulisannya. Jadi tulislah artikel semenarik mungkin menurut manusia, bukan mesin.


11. Jangan beri data yang salah

Jika Anda menulis sebuah artikel yang memiliki data angka di dalamnya, maka pastikan bahwa Anda menulis data tersebut dengan benar. Misalnya saja penulisan 0.02% tentu akan berbeda hasilnya dengan 0.2%. Selalu cek kembali data atau artikel yang ditulis sebelum diterbitkan.

12. Perhatikan format tulisan

Hal penting lain dari tips menulis blog layaknya wartawan profesional yang harus diperhatikan adalah format tulisan yang digunakan. Perhatikan ukuran tulisan apakah sudah sesuai dengan aturan dan membuat mata nyaman untuk membacanya. Kemudian perhatikan pula pemenggalan kalimat tiap paragarafnya. Jangan sembarangan memenggal kalimat karena akan terasa tidak nyaman ketika membaca.

Baca juga :

13. Selalu belajar dari kesalahan

Tidak ada manusia yang tidak pernah salah. Begitu pula seorang penulis blog. Sebagai penulis blog profesional harus tahan menghadapi berbagai komentar. Ketika menemukan kesalahan dalam sebuah tulisan yang dibuat, segera perbaiki dan jadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran agar mampu menulis lebih baik lagi ke depannya.

Itulah 13 tips menulis blog layaknya wartawan profesional yang bisa Anda coba. Namun untuk bisa menjadi penulis profesional memang membutuhkan waktu dan pembelajaran yang banyak, maka dari itu yang harus selalu dijaga adalah semangat untuk menulis.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital