Sponsors Link

8 Fungsi Editor Dalam Jurnalistik Online

Sponsors Link

Saat ini arus informasi bergerak sangat cepat. Terlebih dengan adanya internet dan media sosial dimana siapa saja orangnya bisa membuat berita tentang apa yang sedang terjadi secara real time.

ads

Namun ternyata hal tersebut tidak bisa dilakukan jika menyangkut dunia jurnalistik karena setiap berita yang akan ditayangkan harus melalui proses editing oleh seorang editor. Dan dalam artikel ini, kami akan membahas 8 fungsi editor dalam jurnalistik online.

Dapat dikatakan bahwa jurnalistik online merupakan terobosan dunia jurnalistik. Hal ini karena jurnalistik online lebih cepat dibanding jurnalistik konvensional yang biasa menggunakan media cetak. Namun dibalik itu, terdapat seorang editor yang menjadi kunci berjalannya jurnalistik online. Dan berikut 8 fungsi editor dalam jurnalistik online yang jarang diketahui oleh banyak orang:

  1. Memeriksa Akurturasi Kalimat

Tugas editor jurnalistik online tidak jauh berbeda seperti tugas editor film yang harus bekerja sama dengan tugas kru dalam film karena sangat menekankan ketelitian dalam bekerja. 8 fungsi editor dalam jurnalistik online yang pertama adalah mereka harus mengecek setiap berita yang masuk yang diserahkan oleh reporter yang bertugas di lapangan.

  1. Memeriksa Tata Bahasa

Walaupun kini banyak media jurnalistik online yang menggunakan bahasa santai dan tidak baku dalam penyampaian berita, namun editor tetap harus memeriksa penggunaan tata bahasa yang ada didalam sebuah berita. Beberapa kata yang biasanya di periksa tata bahasanya oleh seorang editor adalah alamat, nama orang beserta jabatan yang dimilikinya, ataupun istilah yang ada dalam bahasa Indonesia.

Fungsi editor dalam jurnalistik online ini tidak jauh berbeda dengan fungsi gatekeeper dalam komunikasi massa dimana seluruh data dan informasi diperiksa dan di olah olehnya sebelum disajikan kepada masyarakat.

  1. Struktur Pelaporan

Secara umum, fungsi editor berbeda dari fungsi administrator dalam jurnalistik online karena seorang editor harus benar-benar memeriksa struktur pelaporan yang dibuat oleh reporter sebelum akhirnya diserahkan kepada administrator untuk dipublikasikan. Tugas dari seorang editor adalah memastikan bahwa berita yang akan ditayangkan memiliki struktur yang jelas seperti struktur piramida terbalik atau sejenisnya sehingga alur pelaporan jelas serta tidak membuat bingung masyarakat.

  1. Melihat Gaya Penulisan

Salah satu peran media massa adalah memberikan informasi kepada masyarakat secara rinci dan apa adanya. Namun terkadang, informasi tersebut disampaikan dalam bahasa yang santai bahkan terkadang terkesan apa adanya. Gaya bahasa merupakan salah satu pembeda satu media massa dengan media massa lainnya dan tugas seorang editor adalah menentukan gaya penulisan dari media massa tempatnya bekerja untuk membedakannya dari media massa yang lain.

  1. Merencanakan Naskah Yang Akan DIterbitkan

Poin selanjutnya dalam 8 fungsi editor dalam jurnalistik online adalah menekankan fungsi informasi dalam komunikasi massa. Artinya, editor adalah orang yang membuat konsep berita yang akan disajikan. Bahkan sebelum berita dari reporter yang berada di lapangan dia dapatkan. Seperti misalnya ketika editor yang harus menentukan konsep naskah berita tentang fungsi komunikasi bisnis yang akan disajikan dalam berita bisnis di situs jurnalistik online mereka.

Sponsors Link

  1. Menyetujui Postingan Naskah

Positingannaskah yang akan diterbitkan oleh adminstrator harus melalui persetujuan editor melalui fungsi media komunikasi. Editor inilah yang menentukan perlu atau tidaknya fungsi emosi dalam komunikasi massa diterapkan dalam berita yang akan di terbitkan.

  1. Pemberi Saran Pada Desain Cover

Tidak hanya mengatur isi dari sebuah berita yang akan diterbitkan, ternyata fungsi editor dalam jurnalistik online yang lain adalah memberikan saran kepada designer dalam pembuatan cover berita. Hal ini bisa terjadi karena editor lah yang menentukan struktur berita sehingga editor sangat mengerti berita yang akan ditayangkan.

Hal ini dilakukan agar cover berita benar-benar mendukung isi berita sebagai bagian dari fungsi komunikasi tertulis sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membaca beritanya.

Tugas dari editor jurnalistik ini tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau asal karena editor jurnalistik online terikat dalam fungsi kode etik jurnalistik yang mengikat semua jurnalis yang ada.

Sponsors Link

  1. Mengatur Deadline

8 fungsi editor dalam jurnalistik online selanjutnya adalah menentukan deadline dari sebuah berita. Ini karena jurnalistik online merupakan tipe jurnalistik yang beritanya selalu update setiap jam. Kecepatan update berita inilah yang menjadikan berita-berita jurnalistik online lebih segar atau update di bandingkan dengan media massa yang tidak online.

Terlebih pada berita yang mengangkat peristiwa besar yang mengangkut hajat hidup orang banyak dimana setiap perkembangan yang terjadi harus selalu dilaporkan dalam bentuk berita kepada masyarakat.

Inilah kenapa terkadang  sebuah berita yang ada dalam media jurnalistik online hanya terisi tiga sampai empat paragraf saja sebagai perkembangan berita sebelumnya.

Itulah 8 fungsi editor dalam jurnalistik online yang merupakan kunci penting dari kualitas berita sebuah media jurnalistik online. Berita yang berkualitas adalah berita yang sangat dicari saat ini.

Terlebih, saat ini arus informasi berkembang dengan sangat cepat. Berita yang berkualitas tentu dapat menangkal berbagai macam berita palsu atau hoax yang merugikan banyak orang karena lengkapnya data yang dimiliki. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :