Sponsors Link

8 Fungsi Administrator dalam Jurnalistik Online

Sponsors Link

Mengetahui fungsi administrator dalam jurnalistik online bisa menjadi hal yang menarik. Dalam jurnalistik online, kita harus tahu bahwa ada orang-orang di belakang layar yang cukup handal untuk mengelola situs atau halaman web mereka sedemikian rupa supaya tetap bisa memberikan informasi, berita dan hal-hal lain yang bermanfaat. Administrator biasa juga disingkat dengan istilah “admin” memiliki peranan penting supaya sebuah website bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya admin, sebuah website atau akun media sosial mungkin tidak bisa berfungsi dengan semestinya.

ads

Melihat peranan inti dari seorang admin yang memang penting tersebut, maka berikut ini ada beberapa macam fungsi administrator yang bisa kita telaah. Fungsi-fungsi ini mungkin sifatnya masih secara umum sesuai dengan jenis-jenis jurnalistik yang digeluti. Yang jelas masing-masing administrator pasti memiliki job description atau tugas pokok sesuai dengan kebijakan yang ada di setiap penyedia layanan jurnalistik online. Simak beberapa macam tugas atau fungsi dari administrator berikut ini:

  1. Memastikan Posting Tepat Waktu

Konten yang ada dalam jurnalistik online biasanya harus diposting dengan tepat waktu. Ini biasanya akan dilakukan oleh administrator untuk benar-benar memastikan bahwa konten yang diharapkan sudah diposting sudah ada dalam media tersebut. Admin akan memastikan bahwa posting tersebut tepat waktu dan sesuai dengan target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

  1. Memeriksa Kualitas Konten

Kualitas konten kadang-kadang terlihat tidak terlalu baik. Oleh karena itu, seorang admin akan bertugas mengelola konten tersebut supaya tetap berkualitas. Admin akan memilah mana konten yang tepat untuk diberikan dan mana konten yang kurang penting. Prioritas ini akan dibuat oleh admin sesuai dengan tema media yang dipakai. Admin harus bisa membangun karakteristik media online yang khas melalui pemeriksaan konten.

  1. Melakukan Perbaikan atau Revisi Konten

Manakala terjadi kesalahan di dalam konten, maka admin akan melakukan perbaikan. Walaupun kadang-kadang tugas ini diserahkan kepada pihak lain (seperti misalnya penulis konten secara langsung), namun admin-lah yang paling pertama harus tahu bahwa konten tersebut butuh untuk direvisi. Ralat dan lain sebagainya juga termasuk dalam poin ini. (Baca juga: Konvergensi media)

  1. Pemeliharaan Rutin

Fungsi administrator dalam jurnalistik online selanjutnya adalah untuk memelihara media sebaik mungkin. Pemeliharaan ini bisa bermanfaat terutama dalam menjaga situs web tetap berjalan dengan semestinya. Manakala ada kerusakan jaringan misalnya, maka admin akan berusaha untuk melaporkan perbaikan kepada teknisi yang lebih handal menangani.

  1. Memberikan Respon atau Umpan Balik

Admin juga bisa menjadi jembatan di dalam website dengan pemirsa yang ada di dalamnya. Seorang admin akan memberikan respon atau umpan balik manakala ada fitur komentar yang disematkan dalam jurnalistik online tersebut. Ini akan sangat berguna terutama dalam memberikan fungsi interaktif sehingga lebih menarik banyak pemirsa.

  1. Mencari Ide Penulisan

Jurnalistik online tentu tidak terlepas dari penulisan artikel yang menarik. Seorang admin bisa juga memberikan ide-ide mengenai isu tertentu atau topik menarik lainnya. Diperlukan kemampuan untuk peka terhadap isu-isu yang ada di sekitar dalam waktu yang bersamaan pula. (Baca juga: Teori media baru)

  1. Mengatur Lalu Lintas Konten

Lalu lintas konten biasanya sangat tinggi terutama ketika media yang digunakan suatu penyedia layanan jurnalistik online berupa forum diskusi online. Admin memiliki tugas untuk memonitor lalu lintas konten tersebut. Apakah ada yang menyalahi aturan forum dan lain sebagainya.

  1. Memperhatikan Trend

Sama halnya seperti poin dalam pencarian ide, admin juga bisa memperhatikan trend-trend tertentu yang ada saat ini. Biasanya ini bisa memberi sumbangan yang cukup dalam pencarian ide. Trend juga berfungsi untuk menarik minat pengunjung situs web. (Baca juga: Pengaruh media massa terhadap masyarakat)

Demikian beberapa fungsi administrator secara umum. Bagi Anda yang juga bekerja menjadi admin mungkin bisa membagikan pengalamannya untuk menambah wawasan ini. Jangan segan berbagi tentang fungsi administrator dalam jurnalistik online dan selamat membaca artikel menarik lainnya seputar komunikasi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring