Sponsors Link

5 Contoh Surat Persuasif dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link

Ada beragam contoh surat persuasif dalam komunikasi bisnis yang diterbitkan dalam rangka mencapai tujuan bisnis tertentu. Roda bisnis bisa dijalankan dengan baik manakala proses komunikasi di dalamnya bisa terlaksana dengan baik pula. Dalam komunikasi bisnis, salah satu bentuk yang umum dilakukan adalah melalui proses surat menyurat. Surat tersebut berfungsi untuk menghubungkan perusahaan satu dengan perusahaan lainnya demi mencapai kesepakatan tertentu. Oleh karenanya, dikenal pula istilah surat persuasif sebagai jenis surat untuk mengajak jalinan kerja sama. (Baca juga: Contoh fungsi persuasif dalam komunikasi organisasi)

ads

Beriku ini adalah beberapa macam jenis surat yang bisa dijadikan contoh dalam komunikasi bisnis. Surat-surat ini biasanya ditulis menggunakan bahasa-bahasa penawaran dan ajakan tertentu yang menarik minat perusahaan lain untuk menjalin kerja sama sebagai bentuk dari teknik komunikasi persuasif. Tidak hanya antar perusahaan, melalui surat persuasif tersebut seorang pebisnis juga bisa menyebarkan penawarannya langsung kepada individu lain. Apa saja contohnya? Simak ringkasannya berikut ini:

  1. Surat Pendidikan dan Pelatihan

Dalam suatu bisnis, kadang-kadang pengembangan di dalamnya membutuhkan suatu pendidikan dan pelatihan. Surat persuasif bisa digunakan untuk mengajukan pendidikan dan pelatihan ini pada lembaga lain. Ini bisa menunjang proses bisnis menjadi lebih berkembang dengan progresif. Surat persuasif biasanya juga cukup efektif untuk mengajukan pendidikan dan pelatihan bagi perkembangan bisnis tersebut. (Baca juga: Jenis-jenis komunikasi bisnis)

  1. Surat Kerja Sama Bisnis

Perusahaan atau lembaga bisnis lainnya akan menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk mengembangkan bisnisnya. Surat persuasif juga bisa digunakan untuk menjalin hubungan kerja sama ini. Tentu saja ini akan disesuaikan dengan bagaimana tujuan dari kerja sama yang akan dicapai dalam perusahaan tersebut. Kerja sama bisnis yang terjalin bisa dilakukan melalui penggunaan komunikasi persuasif ini.

Penulisan dari surat ini juga akan menggunakan bahasa-bahasa formal yang mengesankan sikap profesional. Harapannya adalah ajakan kerja sama bisa disetujui pada pihak yang terkait. Dengan demikian, bisnis akan semakin berkembang dan bergerak maju karena adanya upaya penjaringan kerja sama seperti ini.

  1. Surat Permohonan Investasi

Kerja sama antar pelaku bisnis bisa berupa investasi. Permohonan investasi ini juga bisa menggunakan surat persuasif. Bahasa-bahasa yang digunakan masih mengutamakan bahasa formal yang profesional. Di dalamnya juga akan tertera ajakan-ajakan tertentu yang memungkinkan pelaku bisnis untuk bisa menarik investasi. Dalam surat ini biasanya juga akan ditunjukkan keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa didapatkan pihak lain pada saat bergabung untuk berinvestasi.

  1. Surat Pembiayaan Penelitian

Sama halnya seperti poin lainnya, surat pembiayaan penelitian juga merupakan contoh surat persuasif dalam bentuk komunikasi bisnis. Biasanya pengajuan penawaran ini juga akan disertai dengan beberapa hal menarik yang bisa mengajak pihak lain supaya tertarik dalam terlibat pembiayaan tersebut. Pembiayaan penelitian bermanfaat untuk kemajuan bisnis itu sendiri. Manakala pelaku bisnis berhasil menemukan teknik baru dalam bisnis tentu ini juga akan berimbas pada penyedia pembiayaan.

  1. Surat Penjualan Produk

Penawaran produk atau jasa kepada pihak lain merupakan hal yang wajar di dalam dunia bisnis. Surat persuasif dapat digunakan untuk menjual produk tersebut. Isinya mungkin akan lebih banyak kepada hal-hal yang sifatnya promotif. Namun hal ini juga cukup efektif untuk diterapkan. Bentuk surat akan lebih banyak menawarkan apa saja keunggulan produk dan ajakan untuk menggunakannya. (Baca juga: Penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis)

Beberapa contoh surat persuasif di atas merupakan contoh secara umum yang bisa kita temui dalam komunikasi bisnis. Surat merupakan bagian dari komunikasi yang bisa menjadi media efektif. Selain itu, surat juga bisa didokumentasikan dengan lebih valid sehingga ini bisa menjadi rekam jejak dalam berbisnis. Kita bisa mencari lebih banyak tentang contoh surat persuasif dalam komunikasi bisnis untuk menambah wawasan kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis