Sponsors Link

10 Fungsi Informasi dalam Komunikasi Massa

Sponsors Link

Memahami fungsi informasi dalam komunikasi massa adalah hal yang cukup penting. Informasi merupakan komponen dari komunikasi secara umum. Setidaknya bila digambarkan, dalam proses komunikasi itu minimal ada tiga unsur utama yaitu komunikator, komunikan dan pesan. Pesan inilah yang kemudian bisa kita sebut sebagai informasi. Demikian pula jika kita sudah membahas bentuk komunikasi lain seperti komunikasi massa. Di dalamnya pasti ada juga proses pertukaran atau penyampaian informasi, hanya saja melibatkan individu dalam jumlah yang lebih besar. (Baca juga: Efek komunikasi massa)

ads

Melihat informasi menjadi begitu penting sebagai komponen dari komunikasi, maka tak heran bila kita perlu mengidentifikasi apa saja kira-kira yang bisa menjadi fungsi dari informasi tersebut (baca juga: Pengertian informasi menurut para ahli). Ada beberapa macam fungsi yang tentu saja berguna dalam proses komunikasi massa. Berikut adalah beberapa macam uraiannya:

  1. Pengetahuan Baru

Fungsi pertama dari informasi dalam komunikasi massa yaitu untuk memberikan pengetahuan baru dalam lingkup yang luas. Cakupan komunikasi massa biasanya bersifat umum sehingga akan lebih mudah dalam memberikan pengetahuan baru secara efektif. Ini adalah fungsi dari informasi yang cukup penting. (Baca juga: Jenis informasi edukatif persuasif dan rekreatif)

  1. Memberikan Pengaruh Tertentu

Informasi juga bisa memberikan pengaruh tertentu dalam suatu kelompok. Kita mungkin mengenalnya dalam bentuk propaganda. Biasanya ini dilakukan untuk kepentingan suatu kelompok tertentu dalam mempengaruhi massa dalam jumlah banyak.

  1. Sosialisasi Kebijakan

Informasi bisa berupa muatan kebijakan-kebijakan tertentu mengenai peraturan baru dan lain sebagainya. Komunikasi massa memang dinilai menjadi bentuk yang paling efektif dalam memberikan sosialisasi kebijakan ini. Fungsi komunikasi masa ini bisa dipakai untuk memberikan sosialisasi terbaru.

  1. Berita

Selain peraturan dan pengaruh, informasi juga bisa menyiarkan suatu berita dalam komunikasi massa. Bentuk ini juga tidak asing pula kita temui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penyiaran berita, orang-orang bisa mendapatkan kebutuhan akan jenis-jenis informasi dengan baik.

  1. Hiburan

Informasi juga bisa memiliki sifat sebagai hiburan. Kabar-kabar ringan atau pun pertunjukan komedi merupakan salah satu bentuk informasi yang sifatnya menghibur. Dengan adanya informasi dalam komunikasi massa, seseorang bisa mencari pula kebutuhan akan hiburan tertentu.

  1. Klarifikasi

Saat terjadi kesalahan penerimaan berita ataupun situasi lain dalam sekelompok masyarakat, maka fungsi informasi dalam komunikasi massa bisa menjadi sarana untuk klarifikasi. Informasi yang beredar akan diralat supaya tidak terjadi kericuhan lebih lanjut. (Baca juga: Teori pengolahan informasi)

  1. Pengumuman

Informasi juga memiliki fungsi untuk mengumumkan dalam komunikasi massa. Kita bisa menemukannya dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya pengumuman mengenai darurat bencana dan lain sebagainya yang ada di media massa.

  1. Ajakan

Fungsi selanjutnya dari informasi yaitu sebagai ajakan. Biasanya ini ditemukan dalam bentuk komunikasi persuasif. Dengan demikian, ada kaitan yang erat antara komunikasi massa dengan komunikasi persuasif tersebut.

  1. Promosi

Promosi juga bisa menjadi fungsi dari informasi di dalam komunikasi massa. Seseorang bisa mendapatkan penawaran terbaik berkat adanya informasi ini. Tentu saja hal ini juga biasa kita temui melalui penayangan-penayangan iklan di sekitaran kita.

  1. Pendidikan

Pendidikan adalah fungsi informasi yang bisa ditemukan dalam komunikasi massa terutama dalam konteks pendidikan. Ini tidak diragukan lagi sebab kita juga biasa mendapatkannya selama berada dalam jenjang sekolah.

Beragam fungsi dari informasi tersebut memang masih secara umum. Pada dasarnya informasi memang penting sebagai bagian dari unsur komunikasi. Setidaknya fungsi informasi dalam komunikasi massa bisa kita rasakan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa