Sponsors Link

9 Jenis Informasi Edukatif, Persuasif, dan Rekreatif

Sponsors Link

Terdapat beragam jenis informasi edukatif persuasif dan rekreatif yang bisa kita jadikan sebagai pedoman dalam menentukan tipe komunikasi yang akan diterapkan. Beragam jenis informasi tersebut tentu saja akan sangat menentukan bagaimana keberhasilan proses komunikasi yang akan kita lakukan. Masing-masing jenis informasi tersebut juga masih dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Ini menjadi menarik sebab informasi rupanya memiliki beragam jenis.

ads

Berikut ini adalah beberapa penggolongan informasi baik dari yang sifatnya edukatif, persuasif hingga rekreatif. Tentunya ini akan memberikan gambaran umum mengenai bagaimana sebuah proses komunikasi di dalamnya terjadi banyak sekali pertukaran jenis informasi.

a.  Edukatif

Informasi dengan sifat edukatif akan memberikan pengetahuan baru bagi siapa saja yang mendapatkannya. Informasi ini paling mudah ditemukan terutama dalam kegiatan yang sifatnya pendidikan. Komunikasi pembelajaran sebagai contoh, seringkali memiliki pertukaran informasi dengan sifat yang edukatif. Ini merupakan salah satu tipe informasi yang umumnya akan memberikan pengetahuan baru bagi penerima pesan. Informasi edukatif ini sendiri masih dibagi menjadi beberapa macam kelompok, di antaranya:

  1. Informasi berisi tips
  2. Informasi berisi trik
  3. Informasi tutorial
  4. Informasi demonstrasi
  5. Informasi tanya jawab
  6. Informasi diskusi
  7. Informasi pelajaran
  8. Informasi petunjuk penggunaan
  9. Informasi berita

Beragam contoh informasi tersebut adalah jenis-jenis informasi yang sifatnya edukatif. Sebagai contoh, informasi yang memiliki isi kiat-kiat tertentu akan memberikan suatu petunjuk atau pengetahuan baru dalam menyelesaikan suatu kerangka kerja. Informasi ini biasanya bisa dalam bentuk komunikasi tulisan dan menggunakan media-media tertentu. Informasi tersebut juga penting digunakan, terutama kaitannya dengan memberikan pengetahuan atau tambahan ilmu kepada penerima pesan.

b.  Persuasif

Jenis informasi persuasif merupakan salah satu jenis informasi yang sering muncul pada saat melakukan komunikasi persuasif. Sesuai dengan makna harafiahnya, informasi persuasif memiliki pengertian bahwa informasi tersebut umumnya akan berisi pesan ajakan bagi penerima pesan. Bentuk informasi ini biasa juga diterapkan pada komunikasi bisnis, terutama pada bagian strategi marketing komunikasi bisnis. Komunikasi massa juga seringkali menggunakan isi informasi dengan sifat persuasif. Oleh karenanya, informasi ini juga masih dibedakan menjadi beberapa macam seperti:

  1. Informasi iklan
  2. Informasi ceramah
  3. Informasi dakwah
  4. Informasi promosi
  5. Informasi layanan masyarakat
  6. Informasi propaganda
  7. Informasi penawaran produk
  8. Informasi larangan
  9. Informasi perintah

Beragam jenis informasi tersebut umumnya berisi sebuah pesan untuk mengajak seseorang atau penerima pesan melakukan sesuatu. Informasi ini umumnya akan sangat efektif digunakan terutama pada penggunaan komunikasi persuasif, komunikasi dakwah hingga komunikasi pembelajaran sekalipun. Banyak contoh penerapan teknik komunikasi persuasif yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya ada iklan layanan masyarakat. Di dalamnya pasti ada bentuk informasi yang sifatnya berupa ajakan tertentu. Media komunikasi modern umumnya mengandung informasi ini.

c. Rekreatif

Jenis informasi selanjutnya adalah informasi rekreatif. Dari pengertiannya, informasi ini memiliki pengertian sebagai bentuk informasi yang sifatnya untuk menghibur semata. Tidak hanya itu saja, informasi ini juga cenderung sifatnya ringan dan mudah untuk dipahami. Bahasa-bahasa yang rumit umumnya tidak akan dijumpai dalam jenis informasi ini, mengingat isi pesan yang akan disampaikan tujuannya hanya untuk menghibur saja. Namun demikian, ada pula kata-kata yang digunakan untuk tujuan seni, sehingga bahasanya lebih dibuat indah dan mungkin sulit untuk diambil makna sesungguhnya. Hanya saja, ini tetap memiliki sifat yang menghibur. Contoh dari informasi ini adalah:

  1. Lelucon
  2. Puisi
  3. Sajak
  4. Pantun
  5. Narasi
  6. Parafrase puisi
  7. Lagu
  8. Humor
  9. Berita hiburan

Bentuk informasi ini biasanya memang ada pada komunikasi yang tujuannya hanya untuk hiburan semata. Tentu saja kita sering mendapatkannya, hanya saja kita mungkin belum mengidentifikasi jenis dari informasi tersebut sehingga kita seakan belum tahu bahwa sebenarnya informasi tersebut adalah informasi dengan sifat hiburan.

Itulah tadi beragam jenis informasi yang bisa kita perhatikan sehingga manakala kita akan mengirimkan suatu pesan, kita juga bisa menggunakan teknik komunikasi yang tepat. Jenis informasi edukatif persuasif dan rekreatif memang sering kita dapatkan dalam penggunaan sehari-hari.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi