Sponsors Link

8 Strategi Komunikasi Pemasaran Global

Sponsors Link

Strategi komunikasi pemasaran global merupakan sebuah hal yang perlu diperhatikan terutama saat kita akan menjadikan bisnis yang sedang kita jalankan menjadi lebih dikenal mendunia. Bagaimana tidak? Pasar global saat ini sudah dibuka, banyak kesempatan yang bisa digunakan oleh seseorang untuk memanfaatkan akses ini demi meraih keuntungan yang lebih banyak. Komunikasi pemasaran tentunya tidak lepas dari bagaimana suatu perusahaan mengenalkan produk mereka melalui cara-cara yang interaktif. Oleh karenanya, perlu suatu teknik di dalamnya agar proses komunikasi pemasaran tersebut berjalan menjadi lebih efektif.

ads

Terdapat beberapa macam teknik dan strategi yang bisa diterapkan untuk mewujudkan hal ini. Tentu saja ini akan memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin membuat bisnisnya lebih lancar dan berkembang. Beberapa strategi dalam komunikasi pemasaran yang sifatnya global tersebut antara lain:

  1. Menggunakan Bahasa Internasional

Bahasa sebagai alat komunikasi termasuk penting untuk diperhatikan. Sebagaimana kita ketahui, pemasaran global akan efektif dilakukan manakala komunikasi yang digunakan juga menggunakan bahasa internasional. Ini akan memudahkan informasi yang sifatnya promotif akan disebarkan dalam bahasa yang banyak orang ketahui. Tentunya ini adalah teknik yang baik untuk diterapkan.

  1. Menyediakan Fasilitas Terjemahan

Fasilitas terjemahan juga bisa dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan pemasaran secara global. Ini akan memudahkan proses komunikasi antara pihak-pihak yang mungkin memiliki perbedaan bahasa. Fasilitas terjemahan akan semakin lengkap apabila juga terdapat semacam interpreter atau penafsir. Tentunya ini menjadi strategi yang tidak kalah penting untuk dilakukan.

  1. Menekankan Komunikasi Persuasif

Komunikasi dengan sifat persuasif umumnya akan mengajak atau memengaruhi seseorang agar tertarik terhadap suatu produk atau pun jasa. Bahasa-bahasa yang sifatnya promotif dan ajakan bisa ditekankan lebih lagi dalam kategori ini supaya model komunikasi pemasaran berlangsung dengan lebih efektif dan juga bagus.

  1. Membangun Jaringan Komunikasi Skala Internasional

Jaringan komunikasi diperlukan sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran global agar jaringan yang terbentuk menjadi lebih solid. Ini berarti bahwa komunikasi yang baik akan membutuhkan struktur jaringan yang kuat juga. Proses pembentukan jaringan informasi ini bisa dimulai dari skala yang kecil terlebih dahulu, hingga kemudian meningkat ke skala yang lebih besar.

  1. Membuat Branding

Branding merupakan cara yang paling tepat dan juga cocok untuk membuat suatu karakteristik pada perusahaan atau pelaku bisnis. Dengan adanya branding, seseorang bisa lebih mudah mengingat tentang jasa atau produk yang sedang ditawarkan. Ini adalah strategi di dalam komunikasi pemasaran yang bisa digunakan. Bentuk branding ini juga bisa dalam bentuk simbol atau logo yang sederhana, tetapi memiliki sifat “iconic”. Tujuan komunikasi pemasaran bisa tercapai dengan lebih baik.

  1. Menyediakan Layanan Customer Care

Penerapan layanan customer care menjadi salah satu strategi yang bagus untuk menunjang komunikasi pemasaran di tingkat global. Layanan bantuan ini akan memberikan kedekatan dari produsen terhadap konsumen. Untuk memberikan layanan ini, tentu kita juga harus ingat di poin awal, dimana dibutuhkan bahasa dengan sifatnya yang internasional atau paling tidak memiliki fasilitas terjemahan.

  1. Menyediakan Saluran Global

Saluran global memiliki pengertian bahwa terdapat akses yang memungkinkan dalam proses komunikasi pemasaran berlangsung secara mendunia. Akses ini bisa didapatkan terutama pada proses pembentukan jaringan informasi. Strategi komunikasi pemasaran ini bisa dilakukan dengan bertahap. Mulai dari skala yang kecil, hingga berkembang menjadi yang besar.

  1. Menyesuaikan Latar Belakang Tempat

Mengetahui latar belakang tempat bisa diidentifikasi terlebih dahulu sehingga proses komunikasi efektif yang berjalan menjadi lebih baik. Bagaimana cara melayani orang lain dengan mengetahui latar belakangnya adalah strategi yang baik untuk meningkatkan kepercayaan.

Beragam strategi tersebut merupakan gambaran umum dari bagaimana suatu proses komunikasi pemasaran bisa ditingkatkan hingga di level global. Secara keseluruhan, masih ada strategi yang bisa dikembangkan lagi. Tentunya strategi komunikasi pemasaran global ini akan sangat berpengaruh terhadap jalannya roda bisnis yang sedang dijalankan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :