Sponsors Link

13 Teknik Komunikasi Berkesan yang Efektif

Sponsors Link

Begitu banyak pengertian komunikasi menurut para ahli yang telah dirumuskan. Masing-masing pengertian atau definisi komunikasi tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai perspektif seperti perspektif psikologi, perspektif sosiologi, dan perspektif mekanis. Dari berbagai pengertian komunikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada intinya yang dimaksud dengan komunikasi adalah proses pengiriman pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan.

ads

Komunikasi yang dilakukan dapat berupa komunikasi langsung dan tidak langsung. Komunikasi langsung umumnya merujuk pada komunikasi tatap muka. Sedangkan, komunikasi tidak langsung merujuk pada komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan saluran atau media komunikasi. Adapun komunikasi yang dilakukan umumnya berfungsi untuk menimbulkan pengertian atau pemahaman bersama, kesenangan, mempengaruhi sikap, memperbaiki hubungan baik, dan menimbulkan tindakan. Fungsi-fungsi komunikasi tersebut menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss merupakan tanda-tanda komunikasi yang efektif.

Menjalin komunikasi yang efektif memang tidak mudah. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi yang harus kita pertimbangkan sebelum menyusun perencanaan komunikasi serta merancang strategi komunikasi efektif sesuai dengan teori strategi komunikasi.  Komponen-komponen komunikasi, tahap-tahap komunikasi, serta hambatan-hambatan komunikasi juga harus menjadi pertimbangan dalam menyusun suatu strategi komunikasi agar apa yang menjadi tujuan komunikasi dapat tercapai dengan baik.

Dalam konteks komunikasi antar pribadi atau komunikasi interpersonal misalnya, selain memahami hal-hal tersebut di atas, kita juga harus memahami etika komunikasi dan cara berkomunikasi dengan baik karena cara kita berkomunikasi dengan orang lain akan menimbulkan kesan tersendiri di mata orang lain. Hal ini juga berlaku dalam konteks komunikasi atau bidang komunikasi lainnya seperti komunikasi kelompok atau komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, komunikasi bisnis lintas budaya, komunikasi antar budaya, komunikasi lintas budaya, komunikasi pemasaran, dan lain sebagainya.

Agar komunikasi yang kita lakukan dapat menimbulkan kesan positif di mata orang lain, maka ada beberapa teknik komunikasi berkesan dan teknik komunikasi efektif yang harus kita pahami, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Persiapan yang baik

Ketika kita hendak berkomunikasi dengan orang lain, hendaklah kita menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan apa yang ingin kita capai dari komunikasi yang akan dilakukan dan menggunakan cara-cara yang baik dan jelas dalam menyampaikan pesan. Intinya adalah kita harus memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, utamanya adalah keterampilan mendengar.

  1. Mengenali lawan bicara

Sebelum kita berkomunikasi dengan orang lain, ada baiknya kita mengenal atau mengetahui siapa yang menjadi lawan bicara kita. Kemudian, kita harus memastikan bahwa lawan bicara telah siap untuk menerima pesan yang akan kita sampaikan.

  1. Melakukan kontak mata

Ketika kita melakukan komunikasi dengan orang lain, maka ada baiknya kita melakukan kontak mata dengan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa kita benar-benar menaruh perhatian dan mendengarkan apa yang sedang dibicarakan.  Selain kontak mata, kita harus memastikan bahwa kita mendengarkan nama  lawan bicara dan menggunakannya secara tepat. Jika kita tidak berhat-hati dengan apa yang dikatakan oleh lawan bicara maka kita dapat memintanya untuk mengulang apa yang dikatakan.


  1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami

Ketika kita akan melakukan komunikasi dengan orang lain, maka hal penting yang harus dilakukan adalah menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi atau kata-kata yang mudah dipahami oleh penerima pesan. Hal ini dimaksudkan agar apa yang ingin disampaikan kepada orang lain dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh penerima pesan sehingga mereka akan bersedia untuk merubah pendapat, sikap, atau tindakan mereka. Penggunaan Bahasa tubuh dalam komunikasi juga harus diperhatikan guna membuat lawan komunikasi menerima maksud pesan yang sudah disampaikan.

  1. Langsung pada pokok persoalan

Saat kita berkomunikasi dengan orang lain, kita harus menghargai waktu yang dimiliki oleh penerima pesan. Untuk itu, menyampaikan pesan yang langsung pada pokok permasalahan akan lebih baik dibandingkan dengan terlalu banyak basa basi yang tidak perlu.

  1. Menunjukkan apa yang menjadi tujuan kita berkomunikasi

Saat kita berkomunikasi, alangkah baiknya kita menunjukkan apa yang menjadi tujuan kita berkomunikasi dengan orang lain. Sampaikan maksud kita berkomunikasi dengan sopan dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh penerima pesan.

  1. Mengulangi hal-hal yang dianggap penting

Saat kita berkomunikasi, maka hal lain yang juga penting adalah dengan mengulangi hal-hal yang dianggap penting. Namun tanpa adanya penambahan yang tidak perlu. Hal ini dimaksudkan agar pesan dapat diingat dengan baik oleh penerima pesan.

  1. Menggunakan saluran atau media komunikasi yang tepat

Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, maka kita harus memilih saluran atau media komunikasi yang sesuai. Sedapat mungkin menghindari penggunaan saluran atau macam-macam media komunikasi sekaligus. Akan lebih baik jika komunikasi dilakukan secara langsung atau tatap muka. Namun perlu juga dipahami bahwa hal ini disesuaikan dengan perencanaan serta strategi yang telah dibuat dan tujuan komunikasi yang akan dicapai.

  1. Bahasa nonverbal

Yang harus kita pahami adalah bahwa 95 persen komunikasi yang kita lakukan dengan orang lain adalah komunikasi nonverbal seperti gerakan mata, posisi, wajah, dan gerakan tangan. Ketika kita berkomunikasi dengan lawan bicara maka kita harus berhati-hati dengan bahasa nonverbal dengan cara tetap fokus pada isi pembicaraan atau yang ingin kita sampaikan.

  1. Petunjuk naratif

Saat berkomunikasi dengan orang lain, kita harus menghindari berbagai petunjuk naratif seperti “hmm” atau diam dengan cukup lama selama percakapan. Jika hal ini dilakukan dapat membuat lawan bicara tidak lagi tertarik dan menaruh perhatian terhadap apa yang ingin kita sampaikan.

  1. Memberikan kesempatan kepada penerima pesan untuk berbicara

Saat kita berkomunikasi dengan orang lain, hendaknya kita memberikan peluang kepada penerima pesan untuk berbicara atau bertanya atau meminta penjelasan lebih lanjut mengenai permasalahan yang sedang dibahas. Hal ini penting agar kita juga mengetahui sejauh mana pesan yang kita sampaikan dapat dipahami oleh penerima pesan.

  1. Menciptakan atmosfer keterbukaan

Agar tercipta hubungan yang efektif dengan orang lain atau penerima pesan maka kita harus mampu menciptakan atmosfer keterbukaan. Caranya adalah dengan menghindari berbagai macam hal yang dapat mengganggu jalannya proses komunikasi seperti suasana yang sangat bising atau emosi yang tidak dapat diredam dan lain sebagainya.

  1. Melakukan evaluasi

Setelah kita melakukan komunikasi dengan orang lain, maka kita dapat melakukan evaluasi apakah pesan telah diterima dan dipahami dengan baik oleh lawan bicara. Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan atau meminta lawan bicara untuk mengulang apa yang telah dipahami.

Manfaat Mempelajari Teknik Komunikasi Berkesan

Mempelajari teknik komunikasi berkesan dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya adalah  :

  • Kita dapat mengetahui dan memahami komunikasi secara umum
  • Kita dapat mengetahui dan memahami berbagai teknik komunikasi berkesan
  • Kita dapat menerapkannya dalam berbagai bidang kehidupan

Demikianlah ulasan singkat tentang teknik komunikasi berkesan. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang teknik berkomunikasi yang dapat menimbulkan kesan baik di mata lawan bicara sehingga mereka bersedia untuk merubah pendapat, sikap, atau tindakan mereka sesuai dengan yang tujuan komunikasi yang ingin dicapai.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi