Sponsors Link

Hakikat Sistem Komunikasi di Indonesia

Sponsors Link

Membicarakan hakikat sistem komunikasi di Indonesia tentunya tidak akan lepas dari konsep komunikasi itu sendiri. Banyak ahli komunikasi yang sudah menjelaskan mengenai apa itu proses komunikasi dan berbagai macam modelnya yang ada. Demikian pula dengan apa yang ada di Indonesia. Komunikasi menjadi bagian paling inti yang menghubungkan seseorang dengan orang lainnya. Ini pun tidak terbatas pada dua orang saja, melainkan bisa melibatkan antara individu dengan keluarganya hingga kepada tingkat kelompok dan masyarakat. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi hakikat dari sistem komunikasi Indonesia itu sendiri?

ads

Keberagaman yang Menjadi Unik

Sebagaimana kita ketahui, semboyan “Bhineka tunggal ika” adalah semboyan Indonesia yang memang sangat representatif terhadap keadaan bangsa tercinta ini. Ada banyak sekali perbedaan suku, budaya dan bangsa yang menyebabkan Indonesia menjadi sebuah sistem yang majemuk. Tentu saja sistem komunikasi yang ada di dalamnya menjadi begitu banyak dan bisa dibilang komplit. Sebelum membahas lebih jauh mengenai hal itu, setidaknya kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi dari sistem komunikasi. Sistem komunikasi adalah sebuah struktur yang membangun bagaimana proses komunikasi tersebut bisa berlangsung. Di dalam sistem komunikasi, setidaknya harus ada:

  • Sekumpulan elemen-elemen komunikasi
  • Tujuan system (menyebarkan informasi kepada khalayak, membentuk image positif dalam humas, persuasi)
  • Wujud hasil kegiatan atau proses sistem selama jangka waktu tertentu
  • Pengolahan data dan tau energi dan atau bahan

Melihat dari definisi tersebut, maka kita bisa kembali melihat bagaimana hakikat sistem komunikasi di Indonesia. Ada beberapa macam klasifikasi atau penggolongan yang bisa dilihat dari sistem komunikasi ini. Tentu saja jumlahnya pun sangat beragam dan bervariasi. Hal ini menujukkan bahwa Indonesia menjadi sebuah negara dengan sistem komunikasi yang juga banyak. Bahkan, ini bisa menjadi sebuah pemicu untuk dilakukan penelitian-penelitian lebih lanjut. Siapa tahu, ada jenis komunikasi yang rupanya bisa ditemukan atau memperbarui teori-teori pendahulu.

Contoh Sistem Komunikasi di Indonesia

Sistem komunikasi di Indonesia sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Berikut ini adalah contoh dari penggolongan jenis sistem komunikasi yang ada di Indonesia.

  1. Dilihat dari segi geografis

Apabila dilihat dari segi geografis, maka sistem komunikasi di Indonesia bisa dibedakan menjadi dua kelompok besar, yakni sistem komunikasi pedesaan dan sistem komunikasi perkotaan. Dua jenis sistem komunikasi ini bisa terlihat berbeda, mengingat komunikasi di tingkat pedesaan biasanya lebih memiliki nilai-nilai kebersamaan yang tinggi bila dibandingkan dengan tingkat perkotaan yang cenderung egosentris.

  1. Dilihat dari media yang digunakan

Sistem komunikasi di Indonesia bila dilihat dari media yang digunakan juga terdiri dari beberapa macam. Seperti misalnya sistem media cetak, sistem media elektronik, sistem media tradisional dan lain sebagainya. Bentuk komunikasi digital hingga komunikasi konvensional ada di Indonesia. Ini tentu menjadi keragaman tersendiri.

  1. Dilihat dari pola komunikasi

Bila dilihat dari pola komunikasinya, sistem komunikasi di Indonesia juga dibagi menjadi beberapa macam jenis. Sistem komunikasi itu antara lain adalah sistem komunikasi dengan diri sendiri (sistem komunikasi interpersonal), komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok dan sistem komunikasi massa. Beberapa jenis ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita.

Itulah beberapa contoh dari sistem komunikasi yang ada di Indonesia. Komunikasi lintas budaya menjadi salah satu sistem komunikasi yang paling unik dan mungkin sangat lengkap bila dibandingkan dengan negara-negara lain. Tentu akan menarik bila jenis komunikasi ini bisa diteliti lebih lanjut sehingga semakin membuat hakikat sistem komunikasi di Indonesia lebih berkembang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi