Sponsors Link

17 Pengaruh Media Baru dalam Komunikasi

Sponsors Link

Berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang sering kita gunakan saat ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berlangsung sejak zaman pra-sejarah hingga kini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat kita telusuri jejaknya melalui sejarah penggunaan simbol dalam ilmu komunikasi, sejarah perkembangan teknologi komunikasi, dan sejarah perkembangan teknologi informasi.

ads

Teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang dengan cepat, dengan sendirinya membuat dunia menjadi semakin kecil. Kini kita dapat dengan mudah mengetahui berbagai peristiwa atau kejadian baik dari dalam negeri maupun luar negeri hanya dalam hitungan detik.

Kita juga dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia hanya dengan seujung jari. Dunia seolah-olah berada dalam genggaman tangan.

Berbagai kemudahan yang ada merupakan dampak dari kehadiran teknologi baru yaitu internet. Kehadiran internet sebagai media komunikasi telah mengubah pola komunikasi dan interaksi antar manusia di seluruh dunia seiring dengan semakin menjamurnya media baru atau media komunikasi modern.

Media baru biasanya merujuk pada berbagai isi yang tersedia di internet sesuai dengan permintaan, dapat diakses di berbagai perangkat digital, serta mengandung umpan balik yang bersifat interaktif dari penggunanya serta bersifat partisipatif.  Yang termasuk media baru menurut para ahli diantaranya adalah laman, surat kabar daring, blog, permainan video, dan media sosial.

Dengan kata lain, media baru telah memberikan pengaruh yang sangat besar dalam komunikasi. Tidak hanya komunikasi interpersonal, namun melingkupi seluruh bidang dan konteks komunikasi lainnya seperti komunikasi organisasi, komunikasi massa, komunikasi politik, komunikasi antar budaya, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis, komunikasi kesehatan, dan lain-lain.

Dengan demikian, apa sajakah pengaruh media baru dalam komunikasi? Berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Komunikasi melalui internet

Pengaruh media baru dalam komunikasi yang pertama adalah digunakannya internet atau jaringan komputer untuk memfasilitasi interaksi atau komunikasi antar manusia. Hal ini sesuai dengan pengertian media baru secara umum yang mengacu pada berbagai isi yang tersedia di internet sesuai dengan permintaan, dapat diakses di berbagai perangkat digital, mengandung umpan balik interaktif, dan partisipatif.

2. Komunikasi sinkron

Kehadiran media baru berpengaruh pada munculnya berbagai jenis metode komunikasi daring, salah satunya adalah metode komunikasi sinkron.

Komunikasi sinkron terjadi ketika para pengguna dapat berinteraksi secara real-time dan masing-masing pengguna secara simultan berperan sebagai pengirim dan penerima sebagaimana layaknya komunikasi tatap muka. Beberapa metode komunikasi sinkron menggunakan teks sebagai media komunikasi yang memungkinkan salah satu pihak melacak sejarah percakapan secara akurat. Selain teks, media komunikasi lain yang juga digunakan dalam metode komunikasi sinkron adalah audio dan video, misalnya video call.

3. Komunikasi asinkron

Selain metode komunikasi sinkron, jenis metode komunikasi daring lainnya adalah metode komunikasi asinkron. Komunikasi asinkron terjadi manakala interaksi yang terjadi antar pengguna bersifat tertunda dan masing-masing pengguna harus bergiliran untuk menjadi pengirim dan penerima. Contoh tipe komunikasi asynchronous  (asinkron) adalah komunikasi melalui surat elektronik.

4. Gaya komunikasi

Media baru memberikan pengaruh pada gaya berkomunikasi. Berbagai perangkat komunikasi digital memiliki gaya komunikasi masing-masing. Misalnya, surat elektronik mendukung gaya komunikasi dari orang ke orang dan masing-masing partisipan merupakan mitra sejajar dalam proses komunikasi.

5. Komunikasi berlangsung dua arah

Sebagaimana halnya komunikasi tatap muka, media baru juga menghadirkan pola komunikasi yang berlangsung secara dua arah. Hal ini dapat kita lihat melalui berbagai aplikasi media sosial dimana masing-masing pengguna dapat saling berkomunikasi dan berintraksi secara simultan.

Sponsors Link

6. Penggunaan bahasa

Pengaruh media baru dalam komunikasi selanjutnya terkait dengan penggunaan bahasa. Jika kita memperhatikan cara penggunaan bahasa dalam media sosial maka akan terlihat bahwa bahasa yang digunakan dalam media sosial atau media baru secara keseluruhan tidaklah sama dengan bahasa pada umumnya.

Hal ini disebabkan adanya keterbatasan yang dimiliki oleh masing-masing media baru yang akhirnya berdampak pada penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi di internet.

Bahasa yang digunakan di internet umumnya disebut dengan internet slang dan bertujuan untuk  mempercepat komunikasi dan mengekspresikan emosi melalui gambar atau tanda baca. Karena itulah, internet slang dipandang tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa dan kerap dituding sebagai dalang rusaknya bahasa nasional di berbagai negara termasuk Indonesia.

7. Interaktivitas

Interaktivitas merupakan karakteristik new media atau karakteristik media baru yang utama. Sebagai teknologi komunikasi, media baru memungkinkan atau memfasiliasi interaksi antar pengguna atau interaksi antara pengguna dan informasi.

Dalam media baru, interaktivitas dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti pemograman, pembuatan film secara digital, pelibatan partisipasi khalayak, dan lain-lain. Interaktivitas membuat setiap orang atau pengguna dapat mengekspresikan diri melalui teknologi yang dimiliki maupun melalui teknologi yang telah ada sebelumnya. –

ads

8. Beragamnya perangkat, layanan, dan aplikasi

Semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi telah melahirkan berbagai perangkat, layanan, dan aplikasi baru. Kini, banyak sekali perangkat komunikasi yang bertebaran di sekitar kita. Komunikasi tidak hanya dilakukan melalui perangkat komputer melainkan melalui tablet dan telepon pintar.

Setiap orang dapat menciptakan konten dan memiliki kebebasan untuk menyunting, menyimpan, memproses informasi, menciptakan produk komunikasi, memodifikasi, dan mendokumentasikannya. Beragam layanan dan aplikasi pun dibuat dalam bentuk yang semakin canggih.

9. Komunikasi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun

Berbagai perangkat komunikasi yang lahir akibat teknologi baru yang otomatis terkoneksi dengan internet telah membuat kita juga secara otomatis berada dalam posisi yang online. Telepon pintar atau tablet telah memudahkan kita untuk dapat mengakses berbagai macam aplikasi media sosial dan lain-lain sehingga kita dapat tetap terhubung, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain kapanpun dan dimanapun.

10. Komputasi awan

Kehadiran teknologi media baru membuka ruang diterapkannya komputasi awan yaitu praktik menggunakan jaringan server jarak jauh yang di-hosting di internet guna menyimpan, mengelola, dan memproses data.

Atau dengan kata lain, komputasi awan adalah istilah yang digunakan secara umum untuk proses pengiriman layanan yang di-hosting melalui internet. Layanan ini sangat berguna bagi perusahaan untuk mengkonsumsi sumber daya komputasi dibandingkan bila harus membangun infrastruktur komputasi di rumah.

11. Membentuk komunitas virtual

Komunitas virtual adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua jenis komunikasi yang didukung oleh perangkat komputer. Media baru telah menyatukan orang-orang untuk berdiskusi atau mendiskusikan berbagai permasalahan yang menjadi perhatian bersama.

Komunitas virtual memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah untuk memfasilitasi kelompok pendukung dan menjadi katup pengaman bagi mereka yang tidak mampu bersuara dan kehilangan haknya di komunitas mereka sendiri.

12. Komunikasi multimedia

Kehadiran media baru melahirkan budaya baru yang lebih modern yakni melalui cara orang berperilaku, berkomunikasi, belajar, dan menampilkan dirinya kepada orang lain di seluruh dunia melalui media komputer. Istilah multimedia kerapkali mengacu pada digunakannya komputer untuk menyajikan berbagai bentuk  konten seperti teks, audio, gambar, video, animasi, dan konten interaktif.

13. Partisipatif

Dalam budaya media baru, orang-orang tidak lagi menjadi konsumen media yang pasif melainkan secara aktif berpartisipasi di dalamnya. Dalam artian, para pengguna atau konsumen media turut serta dalam menciptakan isi atau konten media. Teknologi semakin mudah untuk digunakan sehingga semua orang dapat dengan mudah menghasilkan produk komunikasi.

14. Penggunaan ruang dan waktu

Media baru memungkinkan penggunanya memiliki kebebasan atas ruang dan waktu. Media baru membantu kita untuk mengatasi hambatan jarak dan waktu dan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus secara simultan.

Dengan kata lain, media baru mengubah cara kita berorganisasi sebagai sebuah komunitas dan membantu menyusun atau mengatur cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Sponsors Link

15. Sifat hubungan

Pengaruh media baru dalam komunikasi selanjutnya berkaitan dengan sifat hubungan yang dibangun. Sebagai teknologi komunikasi, media baru berperan melengkapi hubungan di dunia nyata. Hasil studi menunjukkan bahwa kedekatan dan hubungan yang dibangun dengan baik melalui media daring seringkali mengarah pada interaksi yang baik di dunia nyata walaupun frekuensi dan durasi hubungan secara daring cenderung lebih singkat dan melibatkan berbagai permasalahan.

16. Etika komunikasi

Kehadiran internet sebagai media komunikasi telah memberikan ruang yang luas bagi kebebasan untuk mengeluarkan pendapat, mempromosikan produk atau layanan, dan menyebarluaskan nilai-nilai.

Hal ini tentu bukan tanpa batasan. Berbagai tata krama, tata cara, peraturan menggunakan internet yang sehat atau etika komunikasi di internet pun banyak dirumuskan oleh para ahli. Tujuannya adalah sebagai koridor atau batasan berkomunikasi melalui internet dan meminimalisasi kejahatan siber.

17. Semakin luasnya bidang komunikasi

Pengaruh media baru dalam komunikasi yang terakhir adalah semakin luasnya bidang komunikasi. Era digital seperti sekarang, kehadiran teknologi komunikasi baru telah membuat semakin luasnya bidang komunikasi. Komunikasi tidak hanya sekedar proses pertukaran informasi, melainkan proses pertukaran produk dan layanan.

Hal ini dapat kita lihat dengan semakin berkembangnya perdagangan yang dilakukan secara daring, proses pembayaran dan transfer antar bank yang dilakukan secara daring, sistem layanan pendidikan yang menjadi lebih interaktif, dan lain-lain.

Manfaat Mempelajari Pengaruh Media Baru dalam Komunikasi

Mempelajari pengaruh media baru dalam komunikasi dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah :

  • Kita dapat mengetahui dan memahami pengertian media baru.
  • Kita dapat mengetahui dan memahami beberapa pengaruh media baru dalam komunikasi yang diadaptasi dari karakteristik yang dimiliki oleh media baru.

Demikianlah ulasan singkat tentang pengaruh media baru dalam komunikasi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang media baru dan pengaruhnya dalam komunikasi antar manusia.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi