Sponsors Link

13 Pengaruh Media Massa dalam Proses Sosialisasi

Sponsors Link

Media massa yang berfungsi sebagai media komunikasi ini ternyata memiliki keterkaitan terhadap proses sosialisasi yang ada di masyarakat. Berikut ini merupakan pengaruh media massa dalam proses sosialisasi:

ads
  1. Mengubah pola pikir

Adanya media massa dalam kehidupan masyarakat mempengaruhi proses sosialisasi, yaitu mengubah pola pikir seseorang. Media massa yang berisi informasi sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengembangkan pola pikir. Informasi tersebut menjadi sebuah wawasan yang luas, sehingga pola pikir seseorang menjadi lebih terbuka. Hal ini terlihat pada seseorang yang mampu menerima komentar atau kritik dari seseorang. (Baca juga:  Fungsi Media Massa Menurut Ahli)

  1. Membentuk karakter seseorang

Pengaruh media massa dalam proses sosialisasi selanjutnya adalah membentuk karakter seseorang. Media massa yang dikonsumsi oleh publik ini dapat membentuk karakter maupun perilaku seseorang.

Hal ini bisa berdampak pada perilaku yang positif maupun negatif. Misalnya, tayangan sinetron yang mengubah karakter anak remaja menjadi hilang moral. Namun ada juga tayangan televisi yang justru memberikan dampak positif seperti reality show yang berhubungan dengan kemanusiaan, acara ini dapat meningkatkan jiwa sosial seseorang. (Baca juga: Pengaruh Media Massa Terhadap Masyarakat)

  1. Mengembangkan keterampilan komunikasi

Media massa tidak hanya meliputi televisi, telepon dan media sosial juga termasuk dalam kategori media massa. Adanya media massa dalam kehidupan masyarakat dapat mengembangkan keterampilan seseorang dalam berkomunikasi.

Komunikasi yang baik akan menciptakan komunikasi yang efektif, sehingga mudah dipahami oleh komunikan. Komunikasi menjadi suatu elemen yang penting dalam proses sosialisasi. Oleh karena itu, mengembangkan keterampilan komunikasi sangat berpengaruh terhadap proses sosialisasi di masyarakat. (Baca juga: Peran Media Massa dalam Pembentukan Moral)

  1. Berintegrasi dengan lingkungan sekitar

Media massa dapat memudahkan masyarakat dalam berintegrasi dengan lingkungan sekitarnya. Berintegrasi berarti mengalami pembauran ke dalam lingkungan masyarakat. Peranan media massa dalam berintegrasi ini memudahkan terjalinnya proses sosialisasi yang baik dan terarah di lingkungan masyarakat. (Baca juga:  Contoh Sosialisasi dalam Media Massa)

  1. Menyebarkan informasi

Media massa tidak lain berperan sebagai penyebar informasi. Proses sosialisasi dalam masyarakat tentu membutuhkan informasi-informasi terbaru yang mempengaruhi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, media massa hadir untuk menyebarkan informasi dalam proses sosialisasi masyarakat. (Baca juga: Contoh Kalimat Tidak Efektif dalam Media Massa)

  1. Meningkatkan nilai sosial

Media sosial merupakan salah satu kategori media massa. Media sosial sering digunakan untuk mempublikasikan suatu kegiatan yang berhubungan dengan nilai sosial. Misalnya, seseorang memposting sebuah kalimat ajakan dengan poster digital yang diunggah ke dalam media sosial. Tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai sosial yang ada dalam diri masyarakat sebagai proses sosialisasi terhadap sesama. (Baca juga: Contoh Homogenitas dalam Pengembangan Massa)

  1. Hiburan

Media massa banyak menampilkan tayangan yang menghibur. Hal ini sesuai dengan fungsi media massa sebagai hiburan. Hiburan menciptakan emosional gembira dalam diri seseorang. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk proses sosialisasi berupa komunitas seperti fans club. Tujuan lainnya adalah untuk bertukar informasi seputar dunia hiburan. (Baca juga: Pengertian Media Massa)


  1. Edukasi

Media massa memberikan pengaruh terhadap proses sosialisasi melalui informasi yang mengandung edukasi. Edukasi yang ada dalam suatu program acara televisi seperti acara kuis maupun informasi beasiswa. Program acara tersebut berlangsung dengan adanya interaksi antar partisipan dan pembawa acara. Hal ini menunjukkan adanya proses sosialisasi antar peserta yang memiliki latar belakang berbeda. (Baca juga: Teori Efek Media Massa)

  1. Mengubah gaya hidup

Proses sosialisasi yang ada dalam masyarakat lebih banyak dipengaruhi oleh media massa. Media massa yang menjadi konsumsi publik ini berdampak pada pola gaya hidup masyarakat. Adanya perubahan gaya hidup dalam masyarakat ini dipengaruhi oleh media sosial dan televisi yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. perubahan gaya hidup tersebut bisa bedampak ke arah positif atau negatif. (Baca juga: Efek Media Massa dalam Komunikasi Persuasif)

  1. Sarana promosi

Media massa menjadi sarana promosi untuk semua produk baik barang maupun jasa. Promosi dalam media massa ini terbilang cukup efektif karena menjangkau masyarakat luas. Hal ini menjadi salah satu pengaruh media massa dalam proses sosialisasi di masyarakat, dimana seorang konsumen dapat berinteraksi dengan produsen melalui media massa untuk membeli suatu produk yang diinginkannya. (Baca juga:  Karakteristik Media Massa)

  1. Meningkatkan eksistensi

Sosialisasi dalam masyarakat tentu menjadi hal yang penting apalagi manusia adalah makhluk sosial. Media massa menjadi sebuah sarana dalam meningkatkan eksistenis masyarakat terutama dalam media sosial.

Masyarakat berlomba-lomba menampilkan eksistensinya dalam bersosialisasi di lingkungannya. Misalnya mengunggah beberapa foto atau video dalam media sosial dengan tujuan meningkatkan eksistensinya terutama dalam gaya hidup yang terbilang mewah. (Baca juga: Contoh Propaganda dalam Media Massa)


  1. Mempererat silaturahmi

Media sosial yang termasuk dalam kategori media massa ini rupanya memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah untuk mempererat tali silaturahmi pada masyarakat.

Media sosial menjadi media massa yang berpengaruh terhadap proses sosialisasi. Misalnya, seorang yang sudah lama hilang kontak akan mudah bertemu kembali melalui pencarian di media sosial. (Baca juga: Efek Media Massa Terhadap Individu)

  1. Membangun relasi atau jaringan

Media massa berperan penting untuk membangun relasi atau jaringan dalam masyarakat. Suatu organisasi biasanya memanfaatkan media massa untuk menjalin relasi atau jaringan kepada perusahaan lain. Media massa yang mempengaruhi proses sosialisasi ini memudahkan masyarakat terutama pada komunikasi antar individu maupun kelompok. (Baca juga: Perkembangan Media Massa di Indonesia)

Demikian penjelasan terkait apa saja pengaruh media massa dalam proses sosialisasi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Interaksi Sosial