Sponsors Link

7 Contoh Propaganda dalam Media Massa

Sponsors Link

Kali ini kita akan membahas mengenai contoh propaganda dalam media massa. Propaganda merupakan bentuk pengaruh-pengaruh tertentu dari suatu pihak kepada orang lain untuk mengarahkan mereka sesuai dengan tujuan-tujuan tertentu. Ada propaganda yang sifatnya memang positif, namun sangat jarang. Propaganda biasanya identik dengan hal negatif karena ada unsur menggerakkan massa secara luas di sana. Melalui propaganda, kepentingan suatu pihak bisa saja terwujud dengan mudah karena memang tujuan utama dari propaganda adalah menggerakkan massa untuk mengikuti apa yang menjadi keinginan pihak tersebut. (Baca juga: Contoh propaganda dalam komunikasi internasional)

ads

Media massa termasuk menjadi salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan dalam propaganda. Ini kemudian semacam menjadi kombinasi antara komunikasi persuasif dengan komunikasi massa. Gabungan keduanya kemudian menjadi sebuah strategi tersendiri bagi pihak tertentu yang memang ingin melakukan propaganda. Berikut ini adalah beberapa macam contoh dari propaganda yang ada dalam media massa. Kita bisa memperhatikan dalam kehidupan sehari-hari karena bisa saja media massa tersebut memuat unsur dari propaganda. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Pengaruh Politik

Mereka yang ingin mempengaruhi keyakinan politik masyarakat dalam lingkup yang besar bisa kemudian memanfaatkan media massa. Penayangan-penayangan terkait dengan komunikasi politik yang kuat bisa dilakukan dengan harapan tujuan dari pengaruh tersebut bisa diserap oleh banyak lini masyarakat. Walau sering dianggap retorika, namun disadari atau tidak secara lambat laun pengaruh tersebut akan terasa dalam lapisan masyarakat. Opini publik dalam psikologi komunikasi juga sering dianggap mengambil porsi terhadap penyerapan pengaruh politik.

  1. Pengaruh Kebijakan

Hampir sama seperti pengaruh politik, kebijakan tertentu yang akan dicetuskan oleh pemerintah juga bisa menjadi bentuk propaganda. Penggunaan media massa tetap dilakukan sebagai langkah yang dinilai paling efektif dalam memberikan pengaruh. Walaupun akan terjadi pro dan kontra, namun setidaknya propaganda tersebut akan tetap bisa diterima banyak pihak. Macam-macam media komunikasi bisa digunakan untuk kepentingan ini.

  1. Penggunaan Produk

Penggunaan produk tertentu juga merupakan contoh propaganda dalam media massa. Ini tentu saja erat kaitannya dengan gaya hidup seseorang. Seseorang akan dipengaruhi mengenai tingkat kebutuhannya. Biasanya mereka juga akan cenderung untuk menggunakan produk yang sebenarnya kurang penting, namun memiliki gengsi yang cukup tinggi.

  1. Rubrik Keagamaan

Propaganda lain juga bisa terkait dengan masalah keagamaan. Kita bisa menemui banyak rubrik-rubrik keagamaan yang sering memberikan nilai-nilai tertentu pada masyarakat. Umumnya, propaganda ini bersifat positif dengan mengajak masyarakat untuk berbuat kebaikan dan memiliki akhlak atau moral yang lebih baik lagi. (Baca juga: Peran media massa)

  1. Pertunjukan Kebudayaan

Propaganda selanjutnya yang bisa kita temui yaitu berupa propaganda kebudayaan. Biasanya ini dikemas dalam suatu pertunjukan kebudayaan tertentu. Kita bisa melihat bagaimana seseorang bisa menjadi lebih tertarik pada kebudayaan yang dimiliki sekelompok orang lain dan berusaha menirunya. Ini artinya pengembangan kebudayaan dari suatu kelompok tertentu bisa semakin luas.

  1. Iklan

Iklan sebenarnya juga bisa masuk ke dalam bentuk komunikasi persuasif. Namun demikian jika kita membicarakan media massa, iklan juga sebenarnya menjadi bagian dari propaganda. Ada nilai pengaruh tertentu yang ingin dicapai dengan adanya iklan tertentu supaya masyarakat bisa menggunakan produk tersebut. Efek media massa juga bisa terlihat dari adanya iklan ini.

  1. Penyebaran Doktrin

Penyebaran doktrin merupakan salah satu bentuk propaganda yang sifatnya memang cukup “agresif”. Sekelompok orang mungkin akan berusaha mencapai tujuannya dengan cara menyebarkan doktrin dengan cukup intensif sehingga mampu mempengaruhi sekelompok orang. Media massa dulu sering digunakan untuk melakukan hal ini. (Baca juga: Contoh komunikator dalam komunikasi massa)

Demikian beberapa macam contoh dari propaganda yang bisa kita perhatikan. Kita tentu bisa mengamati lebih banyak lagi contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Jangan segan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai komunikasi massa dan propaganda ini. Ada banyak contoh propaganda dalam media massa yang bisa kita temukan nantinya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa