Sponsors Link

8 Contoh Propaganda dalam Komunikasi Internasional

Sponsors Link

Membahas mengenai contoh propaganda dalam komunikasi internasional menjadi sebuah hal menarik tersendiri. Propaganda bisa kita artikan sebagai bentuk menanamkan suatu ide atau gagasan tertentu dalam benak masyarakat yang luas. Jika kita berbicara konteks komunikasi internasional, maka subjek yang ada dalam propaganda ini adalah masyarakat dunia secara internasional pula. Komunikasi internasional dinilai bisa menjadi salah satu wadah untuk propaganda.

ads

Adapun tujuan dari propaganda ini biasanya yaitu sebagai penguatan atau perluasan dukungan dari negara lain. Ini juga bisa mempertajam atau mengubah sikap dan cara pandang terhadap suatu ide atau kebijakan-kebijakan tertentu. Tak heran bila kemudian komunikasi internasional dinilai bisa menjadi sarana yang tepat untuk melakukan propaganda ini. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa kita amati:

  1. Asosiasi

Asosiasi merupakan contoh propaganda yang ada dalam komunikasi internasional. Ini akan meproyesikan gagasan secara negatif ataupun positif. Dalam hal ini, komunikasi internasional bisa memaparkan mana yang baik dan mana yang kurang baik sehingga mempengaruhi orang lain untuk mengikuti kebijakan tersebut atau tidak. (Baca juga: Komunikasi afektif)

  1. Sanjungan

Sanjungan yang berlebihan terhadap suatu kebijakan bisa mendorong orang lain ikut merasa positif terhadap kebijakan tersebut. Bentuk propaganda ini biasanya mengambil kesempatan dengan menggunakan sikap yang lebih positif supaya pengaruhnya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat internasional secara luas.

  1. Name-calling

Berbeda dengan sanjungan, name-calling justru lebih banyak memaparkan kerugian, hal negatif dan bahkan hal-hal yang kurang baik dari suatu kebijakan tertentu. Ini akan membuat masyarakat luas memiliki penilaian yang negatif sehingga mereka juga ikut mengolok-olok dan tenggelam dalam propaganda yang dibuat. Macam-macam media komunikasi bahkan juga bisa digunakan untuk melakukan hal ini.

  1. Euforia

Euforia merupakan suatu contoh propaganda yang melebih-lebihkan sesuatu. Akan ada banyak hal fantastis yang disampaikan melalui propaganda ini sehingga setiap proses yang ada menjadi seperti sangat menarik. Ini merupakan contoh propaganda dalam komunikasi internasional yang juga sering kita lihat ketika ada suatu konten yang viral. (Baca juga: Media komunikasi politik)

  1. Rasionalisasi

Rasionalisasi lebih mengajak masyarakat luas untuk berpikir secara logis terhadap suatu kebijakan. Proses ini merupakan proses yang cukup panjang juga dan menjadi sebuah hal yang memang bisa saja berpengaruh dalam banyak hal.

  1. Penyederhanaan

Penyederhanaan dalam propaganda contohnya yaitu memberikan sosialisasi tertentu dengan bahasa-bahasa sederhana yang mudah dipahami. Ini memiliki tujuan supaya kebijakan bisa lebih mudah dikenali dan diikuti oleh masyarakat secara luas pula. (Baca juga: Perspektif komunikasi pada opini publik)

  1. Testimonial

Orang akan cenderung percaya ketika ada orang lain yang sudah membuktikan sendiri pengalaman mengenai sesuatu hal. Ini pula yang mencetuskan propaganda testimonial dimana akan ada representasi tertentu yang membuat orang mengikuti kebijakan komunikasi politik tersebut.

  1. Ikut-ikutan

Hampir sama dengan testimonial, karena adanya penyampaian mengenai pembuktian dari keberhasilan kebijaka, maka ada propaganda yang membuat orang ikut-ikutan untuk menyukai kebijakan tersebut. Tentu saja ini bisa sangat berpengaruh pada kehidupan internasional.

Demikian beberapa uraian ringkas mengenai contoh dari propaganda ini. Kita dapat memperluas lagi pengetahuan kita dengan melihat contoh secara langsung apakah propaganda ini masih berlangsung hingga saat ini. Komunikasi persuasif menjadi salah satu bagian dari komponen propaganda yang tentu saja akan sangat berpengaruh secara signifikan pula dalam kehidupan sehari-hari. Baca lebih banyak lagi tentang contoh propaganda dalam komunikasi internasional dan nantikan posting menarik selanjutnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :