Sponsors Link

7 Contoh Komunikasi Afektif yang Benar

Sponsors Link

Membahas contoh komunikasi afektif sebenarnya akan sangat berkaitan dengan komunikasi massa. Ya, komunikasi massa memiliki sebuah efek komunikasi dimana salah satunya adalah menyinggung aspek afektif dari seseorang. Aspek afektif merupakan sebuah aspek sikap dan perilaku yang akan dilakukan oleh seseorang. Dengan adanya suatu proses komunikasi yang berjalan, informasi yang diterima seseorang bisa kemudian diinterpretasikan menjadi sesuatu yang akan mengubah sikap maupun perilakunya. Ini berarti, ia akan mengalami perubahan pada aspek afektif yang dimilikinya.

ads

Inilah yang kemudian disebut sebagai suatu proses komunikasi afektif, dimana adanya perubahan sikap dalam diri seseorang akan menjadi bagian dari hasil atau efek komunikasi tersebut. Terdapat berbagai macam contoh dari jenis komunikasi ini. Berikut ini adalah beberapa macam gambaran yang akan membuat pemahaman kita terhadap proses komunikasi afektif ini menjadi lebih mudah:

  1. Tayangan Drama

Tayangan drama merupakan salah satu bentuk dari komunikasi visual yang akan menciptakan efek pada aspek afektif seseorang. Nilai-nilai cerita yang ada di dalam drama tersebut yang kemudian akan diambil oleh seseorang sebagai petunjuk untuk mengambil suatu hikmah. Ini kemudian akan diinternalisasi ke dalam diri seseorang sebagai bentuk dari perubahan sikap. Apabila keputusan untuk merubah sikap ini terjadi, maka bisa dikatakan bahwa proses komunikasi afektif yang ada adalah berhasil.

  1. Tayangan Lelucon

Kita mungkin pernah melihat tayangan lelucon hingga tertawa terbahak-bahak karena konten di dalamnya yang begitu menggelitik dan lucu. Tidak hanya tayangan, cerita-cerita lucu yang dituliskan dalam bentuk pengalaman juga seringkali bisa membuat perasaan kita menjadi lebih bahagia. Perubahan sikap dari sedih kemudian menjadi lebih senang atau bahagia inilah yang disebut sebagai perubahan dari aspek afektif seseorang. Sifatnya mungkin hanya sementara, akan tetapi terjadi pergeseran sikap walaupun hanya sedikit. Ini masih bisa dikategorikan sebagai salah satu contoh komunikasi afektif.

  1. Iklan

Iklan sebenarnya merupakan bagian dari komunikasi pemasaran. Namun demikian, iklan juga bisa dimasukkan ke dalam komunikasi massa apabila konten di dalamnya berupa ajakan atau suatu pesan mengenai informasi layanan masyarakat. Proses mengajak yang ada di dalam komunikasi inilah yang kemudian bisa kita sebut sebagai suatu proses komunikasi afektif. Terjadi rasa keinginan yang mendorong sikap seseorang untuk melakukan perubahan perilaku tertentu. Sebagai contoh, seseorang mungkin akan tertarik untuk melakukan kegiatan belanja lebih banyak pada saat tertarik pada iklan suatu produk. Terjadi proses komunikasi intrapersonal yang akan membuatnya melakukan perubahan sikap.

  1. Berita

Berita, meskipun juga memiliki efek kecil pada aspek afektif seseorang, namun pada kenyataannya juga tetap efektif dalam memberikan suatu perubahan perilaku. Seseorang yang terpapar oleh berita bisa menjadi lebih terprovokasi untuk melakukan sesuatu. Tentunya ini akan sangat bergantung bagaimana persepsi atau penerimaan seseorang tersebut pada saat menerima suatu pemberitaan. Ada hal yang baik yang sebaiknya dilakukan pada saat mendengar macam-macam berita, yakni dengan membandingkan berita melalui sudut pandang lain sehingga kita tidak akan cepat-cepat membuat kesimpulan mentah.

  1. Propaganda

Bentuk komunikasi yang sifatnya propaganda sebenarnya sudah sangat jarang sekali kita temui terutama yang terang-terangan. Propaganda adalah usaha untuk mempengaruhi seseorang untuk mengikuti keyakinan, kegiatan atau perilaku-perilaku lain yang ditetapkan oleh suatu kelompok. Propaganda akan bersifat positif apabila isi dari propaganda tersebut mengajak kebaikan. Sayangnya, propaganda biasanya identik dengan hal yang negatif. Propaganda bisa menjadi salah satu contoh dari komunikasi afektif yang sangat nyata dalam membuat perubahan sikap seseorang. Kadang di dalamnya juga menggunakan macam-macam media komunikasi tertentu.

  1. Motivasi

Seseorang yang terpapar informasi dengan sifat memotivasi biasanya akan mengalami perubahan perilaku. Aspek afektif akan sangat dipengaruhi manakala ia mendapatkan pesan-pesan motivasi tertentu. Contohnya sudah sering kita lihat, terutama ketika ada siaran-siaran dari motivator yang ada di sekeliling kita. Proses komunikasi yang dilakukan oleh motivator tersebut bisa disebut sebagai suatu proses komunikasi afektif.

  1. Nasehat

Nasehat adalah bentuk dari proses komunikasi afektif yang juga sangat sering kita temui. Kadang kita mendapat nasehat dari orang tua, teman atau guru. Demikian pula sebaliknya, kadang kita memberikan nasehat-nasehat tertentu kepada orang lain. Tujuannya jelas, yaitu untuk memberikan suatu perubahan sikap pada orang lain. Ini adalah contoh komunikasi afektif yang memang sudah tidak asing lagi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa