Sponsors Link

5 Contoh Jaringan Komunikasi Lingkaran

Sponsors Link

Kali ini kita akan membahas mengenai contoh jaringan komunikasi lingkaran yang mungkin saja kita sering temui dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak sadar bahwa kita sebenarnya sedang menerapkannya. Ada banyak sekali tipe jaringan komunikasi dalam manajemen yang pada intinya, jenis jaringan komunikasi tersebut akan disesuaikan dengan seperti apa pola komunikasi organisasi yang akan berlangsung.

ads

Fungsi dari jaringan komunikasi itu sendiri memang berguna terutama dalam meneruskan informasi supaya bisa diteruskan dengan cepat. Jaringan komunikasi yang bentuknya lingkaran umum ditemui terutama apabila informasi ini sifatnya adalah terus menerus. Berikut ini adalah beberapa macam contoh dari jaringan komunikasi dengan bentuk lingkaran:

  1. Rapat

Jalannya suatu rapat biasanya akan dipimpin dengan menggunakan jaringan komunikasi yang sifatnya lingkaran. Jaringan komunikasi ini memungkinkan antar anggota rapat saling berinteraksi, sehingga pesan yang disampaikan bisa didistribusikan dengan merata. Tentunya ini akan menjadikan proses komunikasi yang berjalan menjadi lebih teratur dan juga efektif.

Jalannya rapat sebenarnya juga bisa menggunakan tipe jaringan komunikasi lainnya, namun demikian jenis yang sifatnya lingkaran sudah umum digunakan. Tipe jaringan komunikasi lingkaran memungkinkan terjadinya kontak antar pihak yang terlibat untuk saling berkomunikasi dengan cepat dan efisien. Ini tergantung dari elemen-elemen komunikasi yang ada.

  1. Focus Group Discussion

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan sifat yang juga melingkar. Biasanya FGD akan dilakukan dengan cara dipimpin oleh satu orang sebagai pemicu terjadinya kegiatan diskusi. Umpan balik akan didapatkan dari pimpinan kepada anggota diskusi dan berjalan secara simultan. FGD juga membuat proses komunikasi efektif yang dilakukan dalam diskusi menjadi lebih baik dan bermanfaat.

  1. Penyuluhan Kelompok Kecil

Kegiatan penyuluhan yang ada di sini terutama kegiatan penyuluhan dalam kelompok kecil. Penyuluhan-penyuluhan terkait dengan informasi kesehatan biasanya lebih tepat pada saat menggunakan jaringan komunikasi lingkaran. Individu yang terlibat dalam jaringan komunikasi ini akan saling terhubung, sehingga proses pertukaran pendapat (baik melalui komunikasi langsung dan tidak langsung) antar anggota yang ada menjadi lebih terjalin dengan baik. Kegiatan penyuluhan pada kelompok yang lebih besar biasanya jarang menggunakan jenis komunikasi ini, sebab biasanya justru akan membuat komunikasi menjadi tidak efektif. Sumber informasi bisa hilang dengan begitu saja.

  1. Birokrasi

Komunikasi yang sifatnya birokrasi biasanya juga merupakan contoh jaringan komunikasi lingkaran. Informasi akan disampaikan dari satu pihak ke pihak lain, dan bisa kembali lagi ke pihak pertama. Umumnya, bentuk ini digunakan terutama pada saat akan melakukan suatu evaluasi. Ada bentuk jaringan birokrasi yang menggunakan sistem komunikasi linear. Bentuk lingkaran biasanya digunakan ketika proses komunikasi dalam organisasi yang ada membutuhkan suatu umpan balik secara terus menerus.

  1. Komunikasi Pemerintahan

Komunikasi pemerintahan, hampir mirip dengan tipe komunikasi dalam birokrasi. Di sini akan ada jaringan komunikasi lingkaran yang akan dilakukan antara satu pemerintahan dengan pemerintahan yang lain. Harapannya, informasi yang ada akan disebar merata dan dipastikan tidak ada perubahan informasi awal sehingga proses pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Ini juga bisa menjadi salah satu cara agar proses komunikasi yang berlangsung dapat menghasilkan kebijakan-kebijaka tertentu secara lebih cepat dan efisien.

Berbagai macam contoh dari jaringan komunikasi lingkaran di atas adalah gambaran umum mengenai suatu proses komunikasi yang dilakukan dalam keseharian. Kita bisa mengembangkan contoh jaringan komunikasi lingkaran tersebut dengan mengamati kembali kebiasaan-kebiasaan kita pada saat berkomunikasi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :