Sponsors Link

8 Dampak Ketidakefektifan Komunikasi Antar Pribadi

Sponsors Link

Ketidakefektifan komunikasi antar pribadi merupakan salah satu bentuk kegagalan proses komunikasi yang bisa memberikan dampak kurang bagus.  Komunikasi antar pribadi atau biasa disebut juga sebagai komunikasi interpersonal merupakan sebuah proses yang dilakukan antara individu satu dengan individu lainnya. Umumnya, komunikasi ini biasanya bersifat dua arah. Umpan balik akan terjadi di dalam proses komunikasi efektif ini, dimana kadang-kadang dalam umpan balik tersebut terjadi perbedaan persepsi.

ads

Perbedaan persepsi yang tidak dilihat sebagai sesuatu yang positif bisa menimbulkan konflik komunikasi. Proses komunikasi menjadi tidak efektif dan terjadilah berbagai macam dampak di dalamnya. Sebagai gambaran umum, berikut ini adalah beberapa macam akibat dari ketidakefektifan komunikasi yang bisa terjadi dalam komunikasi interpersonal:

  1. Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat bisa muncul akibat komunikasi yang kurang efektif. Sebenarnya hal ini wajar untuk terjadi, namun sayangnya tidak diimbangi dengan bagaimana pendapat tersebut bisa dianggap sebagai sesuatu hal yang wajar menjadikan proses komunikasi berlangsung dengan tidak semestinya. Perbedaan pendapat justru dijadikan sebagai alasan pertentangan.

  1. Permusuhan

Komunikasi yang kurang efektif juga bisa menimbulkan permusuhan. Inilah mengapa kita harus mengetahui cara komunikasi yang baik, sehingga tidak memunculkan permusuhan akibat informasi yang diterima tidak lengkap. Kurang efektifnya komunikasi juga bisa disebabkan oleh sikap yang tidak saling menyadari dan memahami antar pihak yang terlibat di dalam komunikasi.

  1. Perdebatan

Perdebatan juga bisa timbul apabila komunikasi yang kita lakukan tidak berlangsung secara efektif. Teknik komunikasi yang dilakukan oleh antar individu hendaknya harus memperhatikan sikap saling menyadari bahwa masing-masing orang bisa memiliki penilaian-penilaian tertentu. Ada faktor yang mempengaruhi komunikasi di sini yang bisa memicu terjadinya perdebatan.

  1. Kesalahpahaman

Kesalahpahaman juga merupakan dampak yang bisa disebabkan oleh ketidakefektifan komunikasi antar pribadi. Informasi yang berasal dari sumber sebenarnya sudah tepat, namun karena adanya faktor penghambat komunikasi tertentulah yang kemudian menyebabkan terjadinya kesalahpahaman. Kita mungkin biasa mendengar istilah miss communication.

  1. Kesalahan Penyampaian Informasi

Hampir mirip dengan kesalahpahaman, kesalahan penyampaian informasi mengandung pengertian bahwa informasi yang berasal dari sumber diterima dengan makna yang berbeda pada penerima pesan. Informasi tersebut tentu saja bisa menjadi salah dan tidak sesuai dengan sumber aslinya. Oleh karenanya, penting supaya diperhatikan bagaimana kita dalam berkomunikasi supaya bisa tetap efektif.

  1. Kehilangan Makna

Proses komunikasi yang tidak bermakna merupakan salah satu akibat dari komunikasi yang tidak efektif. Tujuan dari komunikasi menjadi hilang dan di dalamnya tidak ada informasi berarti yang didapatkan. Umumnya, ada hambatan-hambatan komunikasi yang terjadi di dalamnya dan tidak ditangani dengan baik. Hal ini tentu saja menyebabkan proses komunikasi antar pribadi menjadi kurang baik.

  1. Tidak Tercapainya Tujuan Komunikasi

Hampir mirip dengan proses kehilangan makna. Akumulasi dari tidak efektifnya komunikasi antar individu adalah tujuan yang tidak tercapai. Sebenarnya, model komunikasi memang beragam. Namun pada dasarnya, setiap komunikasi tersebut biasanya memiliki tujuan tertentu. Entah itu sebagai komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran atau bahkan komunikasi persuasif. Namun karena kurang efektifnya proses komunikasi yang terjadi, ini menyebabkan tujuan komunikasi tidak tercapai.

  1. Putus Kontak

Kontak atau hubungan antar individu bisa menjadi terputus hanya karena komunikasi yang kurang efektif. Tentunya ini perlu diperhatikan dan dihindari. Ada banyak strategi komunikasi efektif yang bisa dilakukan supaya masalah ini tidak terjadi.

Demikianlah beberapa macam dampak dari tidak efektifnya proses komunikasi. Melihat banyak sekali kerugian yang bisa timbul dari proses komunikasi yang kurang efektif, maka kita perlu menghindari terjadinya ketidakefektifan komunikasi antar pribadi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :