Sponsors Link

7 Contoh Komunikator dalam Komunikasi Massa

Sponsors Link

Mengetahui contoh komunikator dalam komunikasi massa bisa menambah pengetahuan tersendiri mengenai konsep dari cabang ilmu komunikasi ini. Komunikasi massa bisa diartikan sebagai salah satu bentuk komunikasi yang melibatkan penggunaan media massa, dalam rangka mencapai tujuan tertentu yang sifatnya untuk publik dan bersifat luas. Sebagaimana kita ketahui, komponen dalam komunikasi secara umum salah satunya adalah komunikator. Komunikator bisa diartikan sebagai pemberi pesan atau informasi yang kemudian akan diterima oleh penerima pesan atau komunikan. (Baca juga: Fungsi komunikasi massa)

ads

Apabila dikaitkan dengan proses komunikasi massa ini, maka kita bisa mulai mengidentifikasi tentang apa saja contoh dari komunikator yang ada di dalamnya. Dengan mengetahui contoh komunikator ini, kita bisa lebih mudah dalam mengenali bentuk komunikasi yang berlangsung apakah termasuk ke dalam komunikasi massa atau bukan. Berikut ini adalah beberapa macam contoh dari komunikator tersebut. Pemahaman ini tentunya sifatnya umum dan masih bisa kita kembangkan lebih jauh lagi:

  1. Penyiar Televisi

Penyiar televisi adalah salah satu contoh komunikator dalam komunikasi massa. Sebenarnya penyiar televisi menjadi perwakilan dari satu lembaga utuh yang di dalamnya berusaha memberikan informasi tertentu kepada pemirsa, seperti misalnya pemberitaan, info cuaca dan lain sebagainya. Namun dalam hal ini, penyiar televisi dapat dikatakan menjadi pionir dari keseluruhan kerja tim tersebut sebagai komunikator dalam komunikasi massa.

  1. Penyiar Radio

Penyiar radio juga merupakan contoh yang hampir sama seperti penyiar televisi. Setiap informasi atau pesan yang disampaikan oleh penyiar, biasanya juga berasal dari hasil kerja sama tim yang ada dalam radio tersebut. Ia kemudian berperan menjadi komunikator karena memberikan pesan secara langsung kepada pendengar yang ada di radio tersebut.

  1. Jurnalis Berita

Penulis berita maupun artikel lainnya juga termasuk ke dalam komunikator komunikasi massa. Ia menggunakan media massa berupa media cetak atau elektronik dalam rangka memberikan informasi secara massal. Tentunya berbagai macam opini, sudut pandang dan hal lain yang berkaitan dengan sesuatu yang baru akan dikomunikasikan dan disebar kepada banyak pihak dengan tetap memperhatikan etika komunikasi massa. Inilah mengapa penulis berita bisa disebut sebagai komunikator dalam komunikasi massa.

  1. Perwakilan Lembaga

Kebijakan baru yang muncul dari sebuah lembaga biasanya akan disosialisasikan melalui perwakilan lembaga tertentu. Ini adalah salah satu contoh komunikator dalam komunikasi massa yang juga bisa kita jadikan rujukan. Perwakilan dari lembaga tersebut akan memberikan informasi kepada banyak pihak sehingga kebijakan yang ada bisa disosialisasikan dengan baik.

  1. Divisi Hubungan Masyarakat (Humas)

Divisi hubungan masyarakat atau biasa dikenal sebagai public relations juga merupakan bagian dari komunikator. Sifatnya adalah memberitahu berbagai macam informasi atau klarifikasi kepada massa secara umum sehingga keberadaannya memang penting. Tanpa adanya humas, sebuah perusahaan mungkin akan kesulitan untuk menjalin hubungan kerja sama. (Baca juga: Teori Hegemoni dalam komunikasi massa)

  1. Guru

Jika kita sudah mengarah ke dalam komunikasi pendidikan, maka guru bisa disebut sebagai komunikator. Ini juga akan berlaku apabila konteks yang sedang diberlakukan adalah ketika guru memberikan suatu seminar kepada khalayak umum. Ia kemudian bisa menjadi komunikator dalam proses komunikasi massa yang berlangsung. Manajemen komunikasi dalam pendidikan biasanya berhubungan pula dengan proses tersebut.

  1. Administrator

Seorang administrator dari suatu perusahaan atau pun media elektronik tertentu merupakan komunikator yang ada dalam komunikasi massa. Saat ini komunikasi massa tidak berbatas pada media cetak saja, namun juga media elektronik hingga ke media sosial. Oleh karenanya, seorang administrator bisa berperan sebagai komunikator. (Baca juga: Fungsi administrator dalam jurnalistik online)

Demikian uraian ringkas mengenai contoh dari komunikator ini. Semoga informasi ini bisa memberi pengetahuan baru. Jangan segan untuk membaca lebih banyak lagi tentang contoh komunikator dalam komunikasi massa dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa