Sponsors Link

8 Contoh Komunikasi Massa dalam Keperawatan

Sponsors Link

Terdapat beberapa macam contoh komunikasi massa dalam keperawatan yang bisa dijadikan sarana untuk pertukaran informasi dan pengembangan pengetahuan. Komunikasi massa sebagaimana kita ketahui pasti akan berhubungan erat dengan proses komunikasi yang berkaitan dengan publik. Dalam keperawatan, penerapan komunikasi semacam ini biasanya ditekankan terutama dalam ilmu keperawatan komunitas. Proses pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan dapat berlangsung dengan lebih baik melalui penggunaan komunikasi massa. (Baca juga: Komunikasi terapeutik dalam keperawatan)

ads

Mengingat hal ini memang diterapkan dalam dunika keperawatan, maka tidak ada salahnya jika kita melihat apa saja contoh dari penerapan komunikasi massa ini. Kita bisa melihat bagaimana keperawatan komunitas juga sebenarnya bisa menggunakan jenis komunikasi massa ini untuk lebih memudahkan proses promosi kesehatan. Dengan adanya strategi yang baik dan tepat, maka diharapkan komunikasi massa yang ada dalam keperawatan bisa diterapkan dengan lebih efektif. Simak ulasannya berikut ini:

  1. Promosi Kesehatan

Promosi kesehatan merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi dalam keperawatan, terutama keperawatan komunitas. Komunikasi massa bisa digunakan dalam promosi kesehatan dengan tujuan memberikan pengetahuan-pengetahuan baru secara lebih efektif dan efisien kepada publik. Konsep moral dalam komunikasi keperawatan tetap digunakan ketika melakukan implementasi promosi kesehatan.

  1. Pendidikan Kesehatan

Pendidikan kesehatan sedikit berbeda dengan promosi kesehatan. Umumnya, pendidikan kesehatan diberikan dalam rangka mengubah kebiasaan pasien supaya derajat kesehatannya lebih meningkat lagi. Melalui komunikasi massa, pendidikan kesehatan juga bisa diberikan dengan lebih efektif. Karakteristik komunikasi terapeutik juga tetap harus ditunjukkan sebagai ciri yang khas dari komunikasi keperawatan.

  1. Seminar

Seminar-seminar tentang keperawatan merupakan salah satu bentuk dari komunikasi massa. Walaupun mungkin kadang-kadang seminar ini lebih identik pada kegiatan antar sejawat, namun seminar merupakan contoh penerapan komunikasi terapeutik yang bisa digunakan juga dalam proses promosi kesehatan tertentu. Penggunaan komunikasi dalam keperawatan yang tepat dapat memudahkan pencapaian tujuan promosi kesehatan.

  1. Publikasi Ilmiah

Publikasi ilmiah dengan menggunakan komunikasi massa mungkin sudah bukan hal asing lagi. Dalam keperawatan, pemanfaatan media massa juga bisa digunakan terutama untuk membagikan hasil temuan-temuan di bidang ilmu keperawatan. Ini merupakan salah satu hal yang juga cukup bermanfaat dan bisa kita temui penerapannya dalam sehari-hari.

  1. Loka Karya

Loka karya atau workshop pelatihan tertentu seputar keperawatan juga merupakan bentuk komunikasi massa. Perawat komunitas yang mengadakan pelatihan kader di suatu wilayah RW misalnya, bisa menggunakan loka karya untuk mencapai tujuan pelatihan secara umum. Ini adalah contoh komunikasi massa dalam keperawatan yang bisa diterapkan untuk mendapatkan manfaat semacam itu. (Baca juga: Contoh komunikasi interpersonal dalam keperawatan)

  1. Iklan Layanan Masyarakat

Komunikasi massa juga bisa digunakan dengan menerbitkan suatu iklan layanan masyarakat yang berhubungan dengan keperawatan. Ini sebenarnya juga masuk ke dalam strategi promosi kesehatan. Pemanfaatan media massa untuk iklan layanan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan, berupa himbauan-himbauan tertentu yang diberikan dari keperawatan.

  1. Penerbitan Jurnal Ilmiah Keperawatan

Ilmu keperawatan merupakan ilmu yang akan selalu berkembang dan diperbaharui. Salah satunya terlihat dari bagaimana publikasi jurnal ilmiah yang mulai meningkat. Jika dilihat dari sisi komunikasi, penerbitan jurnal tersebut juga menjadi bagian dari komunikasi massa.

  1. Buletin Keperawatan

Terakhir yaitu buletin keperawatan. Media massa dalam bentuk cetak bisa berupa buletin-buletin tertentu. Di dalamnya berisi info menarik seputar keperawatan. Ini sebenarnya masih jarang, namun beberapa rumah sakit pasti juga menyediakan buletin dengan konten di dalamnya yang juga menjelaskan bagaimana pelayanan keperawatan yang ada.

Beberapa macam contoh dari bentuk komunikasi massa di atas bisa kita jumpai di keseharian kita. Sebagai ilmu yang dinamis, keperawatan menggunakan konsep komunikasi ini untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu terutama terkait dengan keperawatan komunitas. Pelajari lebih lanjut lagi mengenai contoh komunikasi massa dalam keperawatan ini dan selamat membaca artikel menarik lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :