Sponsors Link

7 Contoh Komunikasi Interpersonal dalam Kebidanan

Sponsors Link

Membahas mengenai contoh komunikasi interpersonal dalam kebidanan menjadi sebuah hal yang memang sangat aplikatif. Kebidanan merupakan ilmu yang mempelajari mengenai kesehatan ibu hamil dan juga bayi. Di dalamnya, komunikasi menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan mengingat interaksi yang terjadi antara bidan dengan pasiennya. Tanpa adanya komunikasi yang baik, tidak mungkin bidan dapat memberikan pelayanan yang prima. Oleh karenanya, tidak heran apabila kemudian komunikasi ini menjadi bagian yang memang selalu melekat di dalamnya.

ads

Komunikasi interpersonal atau biasa dikenal juga sebagai komunikasi antar pribadi merupakan salah satu konsep yang juga akan dibahas di dalamnya. Dalam ilmu kebidanan, komunikasi interpersonal ini terjadi ketika bidan berinteraksi dengan pasien atau rekan sejawat lainnya. Komunikasi yang berlangsung antara bidan dengan pasien bisa terlihat terutama ketika bidan mengadakan konseling. Ini tentu saja sangat aplikatif sekali sehingga kita perlu melihat bagaimana gambaran dari bentuk komunikasi ini. (Baca juga: Proses komunikasi interpersonal)

Berikut ini adalah beberapa macam contoh dari bentuk komunikasi interpersonal yang ada dalam kebidanan. Kita dapat mempelajarinya supaya kita bisa mendapatkan gambaran langsung mengenai bagaimana proses komunikasi tersebut diterapkan:

  1. Pendidikan Kesehatan

Contoh komunikasi interpersonal di dalam praktik kebidanan yang pertama yaitu tentang pendidikan kesehatan. Pada saat bidan memberikan penyuluhan tertentu kepada pasien, komunikasi interpersonal ini akan berlangsung. Kalimat-kalimat yang praktis dan mudah dipahami menjadi kunci penting dalam komunikasi ini. Sebagai contoh, ”Ibu memiliki tekanan darah tinggi yang normal” akan lebih mudah dipahami daripada menggunakan kalimat, “BP Ibu DBN”.

  1. Konseling Kesehatan

Konseling kesehatan sebenarnya adalah esensi dari komunikasi interpersonal dalam kebidanan. Konseling tentu saja berbeda dengan konsultasi. Dalam konseling, pemecahan masalah akan diserahkan kepada klien. Tugas bidan hanya mengobservasi dan mengarahkan klien untuk mendapat pemecahan masalah sendiri.

  1. Empati

Empati merupakan salah satu bentuk komunikasi interpersonal yang mungkin akan melibatkan perasaan klien. Dengan adanya empati, bidan akan lebih memiliki sikap untuk mengerti dan membuat klien lebih nyaman akan hal itu. Tanpa adanya empati, klien mungkin akan merasa diabaikan. (Baca juga: Elemen komunikasi interpersonal)

  1. Eksplorasi Perasaan

Eksplorasi perasaan adalah contoh komunikasi interpersonal dalam kebidanan yang juga digunakan untuk mengetahui apakah ada faktor-faktor tertentu yang ditemukan pada klien terhadap masalah psikis yang mungkin saja berpengaruh pada kesehatannya.

  1. Penjelasan

Saat akan menjelaskan sesuatu, konsep dari komunikasi interpersonal akan digunakan oleh bidan. Bidan akan menggunakan kalimat yang efektif sehingga klien dapat menerima penjelasan dengan baik. Tanpa adanya proses ini, besar kemungkinan klien juga bisa merasa kurang nyaman.

  1. Pemecahan Masalah

Kembali seperti pada penjelasan mengenai konseling kesehatan, kadang-kadang bidan hanya perlu mendengarkan apa yang menjadi keluhan pasien tanpa harus memberikan suatu saran. Namun demikian, saat dibutuhkan pemecahan masalah, bidan bisa menerapkan konsep komunikasi interpersonal untuk menawarkan alternatif solusi dengan menggunakan strategi komunikasi yang tepat.

  1. Persamaan Persepsi

Persamaan persepsi merupakan kunci penting agar komunikasi kesehatan yang dilakukan bidan bisa berlangsung dengan baik. Hal ini bisa diwujudkan dengan memberikan beberapa macam pemahaman kepada klien dan menanyakan ulang apa pernyataan yang sudah kita sampaikan supaya tidak terjadi kesalahan persepsi di sana.

Jadi, itulah beberapa contoh aplikasi dari komunikasi interpersonal. Masih ada banyak lagi contoh penerapan dari bentuk komunikasi tersebut yang bisa diterapkan dalam ilmu kebidanan. Pada dasarnya, tanpa komunikasi yang baik maka seorang bidan belum tentu bisa menjalankan tugasnya dengan baik pula. Kembangkan lagi contoh komunikasi interpersonal dalam kebidanan tersebut dan selamat membaca artikel menarik lainnya seputar ilmu komunikasi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :