Sponsors Link

Tahap dalam Berkomunikasi Daring

Sponsors Link

Secara umum, komunikasi dapat diartikan sebagai penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan simbol atau kode tertentu.

ads

Komunikasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal biasa kita lakukan saat komunikasi lisan atau mengirim pesan melalui tulisan. Sedangkan komunikasi non-verbal disampaikan secara tersirat, misalkan dengan tatapan mata, bahasa tubuh, dan lain sebagainya.

Pada zaman modern ini, kecanggihan teknologi dalam bidang komunikasi sangat mempermudah proses komunikasi sehingga dapat dilakukan dengan cepat dan tak terbatas oleh jarak. Misalnya ketika kita mengirim pesan melalui aplikasi chat, menelepon, video call, dan lain sebagainya.

Komunikasi tersebut merupakan beberapa contoh penerapan komunikasi daring, yang merupakan kependekan dari komunikasi dalam jaringan. Adapun dalam prosesnya, kita memerlukan akses internet untuk melakukan komunikasi daring.

Komunikasi daring saat ini semakin berkembang pesat seiring dengan munculnya aplikasi-aplikasi baru yang menarik dan memiliki banyak fitur. Misalnya seperti facebook, twitter, instagram, dan youtube. Semakin hari pengguna media sosial semakin meningkat dan setiap aplikasi diperbaharui setiap waktu untuk menjaga kualitas agar tidak ketinggalan zaman.

Ada beberapa jenis-jenis komunikasi daring dalam dunia maya, diantaranya :

  • Text chat

Sesuai dengan namanya, text chat merupakan salah satu jenis komunikasi daring yang dilakukan dengan mengirim pesan dalam bentuk tulisan. Untuk saling mengirim dan membalas pesan, kedua pihak harus terkoneksi jaringan internet.

  • Video chat

Video chat dapat dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan menampilkan audio-visual ketika sedang berkomunikasi. Dan pihak-pihak yang akan berkomunikasi dengan video chat perlu memiliki akses internet yang memadahi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan komunikasi dalam jaringan. Dan berikut ini kami rangkum beberapa tahap dalam berkomunikasi daring, berikut uraiannya :

1. Persiapan komunikasi daring

Untuk melakukan komunikasi dalam jaringan, tentu kita membutuhkan alat untuk menunjang komunikasi, bukan? Nah, berikut ini tiga hal yang harus Anda pastikan ketika akan berkomunikasi daring :

  • Perangkat keras

Perangkat keras merupakan syarat mutlak yang perlu Anda miliki ketika ingin melakukan komunikasi daring. Contoh perangkat keras yang sering digunakan adalah komputer, tablet, handphone, dan laptop.

Di dalam perangkat keras, data akan diolah, ditransmisikan, yang akhirnya akan diterima oleh perangkat penerima. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pengiriman dalam komunikasi daring, Anda dapat membaca artikel sistem komunikasi data.

Sponsors Link

  • Perangkat lunak

Untuk melakukan komunikasi, Anda tentu membutuhkan aplikasi atau program yang memiliki fitur chat atau video chat. Aplikasi inilah yang merupakan perangkat lunak. Aplikasi ibarat jalan yang menghubungkan satu tempat ke tempat lain. Walau Anda tahu tujuan, tapi tidak punya aplikasi, maka Anda tidak dapat mengirim pesan Anda. Contoh aplikasi daring yang terkenal saat ini adalah whatsapp, line, dan bbm.

  • Koneksi Internet.

Apabila Anda sudah tahu tempat tujuan dan mengetahui jalan yang harus ditempuh, tentu akan sangat percuma apabila Anda tidak memiliki transportasi. Transportasi ini merupakan ilustrasi akan peran internet dalam pengiriman pesan komunikasi daring. Semakin baik koneksi internet, semakin cepat pesan akan tersampaikan.

2. Pelaksanaan komunikasi daring

Setelah semua alat sudah tersedia dan koneksi internet sudah memadahi untuk melakukan komunikasi, tahap dalam berkomunikasi daring selanjutnya adalah menentukan siapa yang ingin kita ajak berkomunikasi.

Misalnya, komunikasi lewat Whatsapp, kita perlu memastikan nomor yang kita tuju sudah tepat atau belum. Dan ketika sudah terhubung dengan nomor tujuan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika melakukan komunikasi daring, diantaranya :

  • Sebelum melakukan komunikasi, sebaiknya pastikan waktu yang Anda ambil untuk melakukan komunikasi sudah tepat dan tidak akan mengganggu orang lain. Usahakan agar komunikasi tidak dilakukan di tengah malam, kecuali dalam keadaan darurat.
  • Memberikan identitas Anda supaya lawan komunikasi Anda tahu dengan siapa ia berbicara.
  • Berbicara dengan jelas dan tidak bertele-tele, katakan apa maksud dan tujuan Anda melakukan komunikasi daring. Dan pastikan bahwa suara Anda dapat ditangkap dengan jelas oleh lawan bicara.
  • Jaga perkataan agar tidak menyinggung orang lain dan jangan berbicara kasar.
  • Hargai orang lain saat berbicara dan jangan memotong pembicaraan. Walaupun komunikasi tidak dilakukan secara langsung, Anda juga harus menerapkan etika dan kesopanan.
  • Memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta.
    Sponsors Link

Ada beberapa keunggulan melakukan komunikasi daring dibanding dengan komunikasi konvensional, diantaranya yaitu :

  • Biaya lebih terjangkau. Dibanding dengan harus melakukan komunikasi tatap muka yang mungkin saja memakan waktu dan biaya transportasi, komunikasi daring merupakan pilihan yang tepat dan lebih efektif serta efisien.
  • Meningkatkan intensitas komunikasi. Terkadang orang enggan memulai komunikasi secara langsung dan adanya komunikasi lewat dunia maya memudahkan seseorang dalam melakukan komunikasi.
  • Dapat dilakukan untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi, misalkan presentasi, diskusi, dan lain sebagainya.
  • Meningkatkan pengetahuan akan perkembangan teknologi.
  • Membantu seseorang untuk mengekspresikan diri, baik perasaan pribadi maupun ide-ide yang ingin dia sampaikan kepada publik.

Sekian artikel mengenai tahapan dalam berkomunikasi daring. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring