Sponsors Link

10 Peran Fotografi Dalam Jurnalistik

Sponsors Link

Fotografi dalam jurnalistik memang memegang peranan yang cukup penting. Sebuah informasi atau berita biasanya menambahkan foto dalam seiap ulasannya. Untuk lebih memahami tentang pentingnya sebuah foto, berikut ini adalah 10 peran fotografi dalam jurnalistik.

ads

1. Menarik perhatian

Fotografi merupakan salah satu hal penting yang akan menarik perhatian para pembaca ketika melihatnya pertama kali. Dengan sebuah foto yang menarik, maka pembaca yang tadinya tidak ingin membaca ulasan berita tersebut jadi tertarik untuk membaca lebih jauh.

Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki foto yang menarik dan mewakilkan isi dari informasi yang akan disampaikan. Foto yang digunakan haruslah sesuai dengan tema yang diusung agar pembaca tidak kecewa setelah membaca informasi di dalamnya.

Baca juga :

2. Menyampaikan isi

Sebuah foto memiliki sejuta makna. Begitulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan sebuah foto. Fotografi dalam jurnalistik memberikan pengaruh yang sangat besar. Pemilihan foto harus dilakukan dengan benar-benar bijak karena foto merupakan gambaran dari sebuah tulisan.

Peran fotografi dalam jurnalistik sangat penting dalam menyampaikan isi dari ulasan yang ada. Dalam sebuah foto setidaknya harus ada beberapa poin penting dari sebuah tulisan yang bisa diwakilkan melalui foto tersebut.

3. Membentuk komunikasi yang efektif

Selain menyampaikan isi dari sebuah tulisan, peran fotografi dalam jurnalistik juga berfungsi membentuk komunikasi yang efektif. Terkadang pembaca mengalami kesulitan dalam membayangkan apa yang seharusnya terjadi dalam sebuah tulisan. Namun dengan adanya foto, maka hal tersebut akan memudahkan pembaca.

Foto memang merupakan salah satu media dalam komunikasi visual yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan sebuah tulisan. Misalnya saja ketika seseorang membaca tulisan mengenai cara melakukan lompat harimau. Jika teknik atau cara tersebut dijelaskan lewat tulisan, maka biasanya akan ada beberapa pembaca yang kebingungan. Dengan adanya foto, maka pembaca akan lebih mudah membayangkan bagaimana posisi yang tepat untuk melakukan lompat harimau.

Baca juga :

4. Memudahkan pengenalan

Dalam sebuah wawancara, biasanya seorang HRD akan meminta CV atau riwayat hidup. Dalam riwayat hidup tersebut tercantum jelas mengenai informasi mengenai diri seseorang. Namun dengan adanya foto, maka HRD akan lebih mudah untuk mengenali orang tersebut.


Peran fotografi dalam jurnalistik dapat memudahkan pengenalan karakter seseorang tanpa harus menanyakan banyak hal lebih jauh. Begitu pula dengan pemilihan foto pada sebuah karya seni. Karakter seseorang akan terlihat dari foto yang digunakan.

5. Pelengkap berita

Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, menulis sebuah berita rasanya tidak akan lengkap jika tidak dilengkapi dengan sebuah foto. Foto memang menjadi salah satu bagian penting dalam penyampaian berita karena berita akan tampak jadi lebih menarik bagi mereka yang singgah untuk melihatnya.

6. Ekspresi diri

Bukan hanya dapat mengetahui dengan mudah karakter seseorang, foto juga merupakan bagian dari ekspresi diri seseorang. Seseorang yang ceria cenderung akan memberikan foto yang penuh dengan warna cerah, seperti kuning, biru, dan merah. Namun bagi mereka yang cenderung sedang dalam kondisi yang sedih biasanya akan memberikan foto dengan warna hitam, putih, abu-abu, atau warna gelap lainnya.

Baca juga:

7. Memudahkan untuk mengingat

Kebanyakan manusia akan lebih mudah mengingat informasi dari sebuah tampilan visual dibandingkan dengan tulisan dan suara. Maka dari itu, fotografi memegang peranan yang sangat penting dalam memperkuat ingatan seseorang pada sebuah informasi.


Misalnya saja ketika seseorang membaca sebuah berita tentang 11/9 yang meruntuhkan gedung WTC dengan gambar gedung WTC, maka setiap kali ia melihat gambar gedung WTC dimana pun ia akan mengingat kembali informasi mengenai kejadian yang menghebohkan tersebut.

8. Memperkuat kepercayaan masyarakat

Peran fotografi dalam jurnalistik lainnya adalah mampu memperkuat kepercayaan masyarakat yang melihat foto tersebut. Ada kalanya sebuah berita akan sangat sulit dipercaya ketika tidak memiliki bukti sebuah foto. Namun dengan adanya foto, maka berita yang dituliskan pun akan lebih mudah dipercaya oleh masyarakat.

Namun sekali lagi semua kembali kepada jurnalis yang menyajikan berita tersebut. Hendaknya etika sebagai seorang jurnalis dalam menjaga kebenaran informasi juga tetap dijaga. Penempatan foto yang asli dan bukan editan hendaknya menjadi pedoman penting dalam menulis berita.

9. Memudahkan penyerapan informasi

Sebuah foto juga akan sangat membantu dalam penyerapan informasi. Hal ini berkaitan dengan kemudahan otak untuk mengolah gambar atau visual dibandingkan tulisan atau suara. Tak hanya sekedar mudah, penyerapan informasi juga berjalan lebih cepat karena otak lebih mudah mengolahnya.

Baca juga :

10. Meningkatkan mutu berita

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa foto dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Foto juga mampu meningkatkan mutu berita karena adanya bukti foto yang menunjukkan bahwa berita tersebut adalah benar.

Itulah 10 peran penting dari fotografi dalam jurnalistik. Begitu pentingnya sebuah foto karena akan memberikan dampak besar terhadap sebuah informasi. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :