Sponsors Link

17 Penggunaan Media Sosial Dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link

Komunikasi Bisnis adalah sebuah pertukaran informasi atau pesan yang dilakukan untuk menciptakan peluang dan keberhasilan dalam dunia usaha atau dunia bisnis. Dijaman yang semakin maju dan modern ini, kehidupan berbisnis semakin mudah untuk dilakukan. Ini terjadi karena peluang keberhasilan bisnis juga mulai meningkat seiring dengan berbagai kebijakan pemerinta, serta Penggunaan Teknologi Informasi dalam Komunikasi BisnisPenggunaan Teknologi Dalam Komunikasi Bisnis yang sering sekali digunakan adalah media sosial atau medsos.

ads

Jika merujuk kepada Pengertian Media Sosial, maka penggunaan medsos pada komunikasi bisnis adalah komunikasi bisnis yang dilakukan menggunakan berbagai media sosial atau aplikasi sosial seperti Facebook, Instagram, Path, Twitter, dan aplikasi media sosial lainnya untuk menjalankan berbagai Fungsi Strategi Komunikasi Pemasaran. Namun untuk menggunakan media sosial dalam kegiatan bisnis hingga mendapatkan Pengaruh Teknologi dalam Komunikasi Bisnis yang signifikan ternyata tidaklah mudah. Seorang pebisnis harus mampu menghindari berbagai Hambatan Penggunaan Teknologi Dalam Komunikasi Bisnis, seperti :

  1. Ketidaksesuaian teknologi yang digunakan dengan jenis bisnis yang dijalankan
  2. Kurangnya literasi teknologi yang dimiliki oleh manajer
  3. Kurangnya literasi teknologi yang dimiliki oleh pegawai
  4. Teknologi yang digunakan kurang memenuhi standar yang dibutuhkan
  5. Alokasi dana
  6. Mahalnya biaya pengembangan dan pemeliharaan sistem teknologi
  7. Lambatnya koneksi internet
  8. Permasalahan integrasi teknologi
  9. Kurangnya kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang dijual secara online
  10. Kurangnya tingkat keamanan dalam transaksi secara online

Setelah berbagai hambatan diatas dapat diatasi dan dihindari, maka Dampak Komunikasi Tidak Efektif dalam Komunikasi Bisnis akan dapat dihindari sehingga Pengaruh Media Sosial atau Efek Media Sosial Pada Komunikasi bisnis menjadi sangat besar. Dibawah ini, akan kami jelaskan berbagai penggunaan media sosial didalam komunikasi bisnis. Diantaranya adalah :

1. Membangun Jaringan

Perkembangan Media Sosial di Indonesia berlangsung dengan sangat cepat, begitu juga pertumbuhan ekonomi dan bisnis juga meningkat setiap tahunnya. Ketika pebisnis sudah mulai memiliki bisnis yang berkembang, tentu sangat diperlukan jaringan yang luas untuk mengembangkan bisnisnya itu. Disinilah peran dan penggunaan media sosial dibutuhkan. Media sosial yang cepat dan mudah digunakan untuk berkomunikasi dengan siapa saja, tentunya akan semakin membuat komunikasi dapat dilaksanakan dengan lebih intens. Ketika komunikasi dijalankan dengan intens, tentunya jaringan yang dibangun akan memiliki kekuatan yang cukup untuk memperlebar area bisnis.

2. Menerima Informasi dari Konsumen

Pengaruh Budaya dalam Komunikasi Bisnis tentunya tidak bisa dilepaskan begitu saja, karena budaya juga memiliki suatu ikatan didalam diri konsumen untuk menentukan barang atau produk yang akan digunakannya. Misalnya saja di daerah Sumatera Utara yang memikili beragam budaya seperti budaya karo, budaya melayu dan sebagainya tentunya akan mempengaruhi perkembangan bisnis. Ketika pebisnis membuka bisnis fashion dibidang Melayu atau Karo, maka dapat dipastikan bisnis tersebut akan berjalan dengan lancar. Disinilah penggunaan media sosial dilibatkan untuk menerima informasi mengenai budaya, kesukaan, keinginan atau berbagai informasi lain dari konsumen. Contoh penggunaannya seperti membuat jejak pendapat pada suatu aplikasi medsos.

3. Memperkecil pengeluaran

Dampak Negatif Dari Media Sosial pada bisnis hanya berupa rentannya transaksi uang disalah gunakan atau rentannya konsumen menjadi korban penipuan. Sedangkan dampak negatif komunikasi bisnis yang dilakukan secara konvensional seperti langsung mengunjungi kolega, langsung mengunjungi konsumen dan sebagainya tentunya membuat pengeluaran atau biaya pemasaran menjadi semakin besar. Ini berarti, ketika pebisnis mampu berbisnis dengan Etika Komunikasi di Media Sosial yang baik dan benar, maka penggunaan media sosial dalam komunikasi bisnis menjadi salah satu cara untuk memperkecil pengeluaran atau biaya pemasaran.

4. Menjadi Tempat Iklan

Penggunaan media sosial kini telah menjadi salah satu tempat iklan yang paling favorit. Selain karena biayanya murah, iklan di Medsos juga lebih mampu untuk menjangkau konsumen dari berbagai tempat dan usia. Hanya saja, iklan pada media sosial cenderung memiliki konten negatif ketimbang iklan yang dilakukan pada media TV atau media cetak yang pemasangannya lebih diawasi. Iklan yang kami maksud adalah iklan seharusnya tidak pantas untuk anak remaja seperti iklan game dewasa, iklan produk kecantikan bagi wanita dewasa hingga iklan alat kontrasepsi yang menggunakan model dewasa. Iklan ini tentunya memiliki Dampak Sosial Media terhadap Komunikasi Remaja Masa Kini.

Sponsors Link

5. Cocok Untuk Pebisnis Pemula

Komunikasi bisnis yang menggunakan media sosial sangat cocok untuk pebisnis dengan kategori pemula hingga menengah. Ketika pebisnis pemula belum memiliki modal yang besar untuk melakukan pemasaran, belum memiliki jaringan yang luas hingga belum memiliki konsep usaha yang baik, maka dengan menggunakan media sosial semuanya menjadi terselesaikan. Penggunaan medsos bagi pebisnis pemula bisa kita lihat, misalnya seorang pengguna facebook menawarkan berbagai produk barang bekas, produk elektronik, produk makanan atau kue hingga produk fashion melalui Timeline facebooknya, dan itu tidak dipungut biaya iklan.

6. Menciptakan Brand Awareness

Penggunaan medsos untuk menciptakan brand awareness sangatlah efektif untuk menyebarkan informasi dari merk tertentu. Ini biasanya dilakukan ketika produk masih baru dan dalam tahap promosi pada pebisnis yang ingin melihat tanggapan konsumen dan menginginkan agar konsumen cepat mengetahui produk tersebut. Contoh untuk menciptakan brand awareness melalui media sosial adalah dengan membuat berbagai postingan tentang sebuah produk secara berkesinambungan baik dengan menggunakan medsos spesialis, komunitas atau grup medsos hingga membuat website berbasis SEO atau search engine optimization.

7. Terhubung Langsung Dengan Konsumen

Komunikasi bisnis yang dijalankan dan dilakukan melalui media sosial, tentunya membuat pebisnis langsung terhubung dengan konsumen. Pada tahap ini, pebisnis dan konsumen kemungkinan besar akan memiliki alur komunikasi dari segala arah dan bukan hanya satu atau dua arah saja. Ketika pebisnis sudah terhubung dengan konsumen, maka dengan Strategi Marketing Online yang baik, pebisnis akan mampu mengubah opini, pandangan dan sikap konsumen.

ads

8. Riset Pasar

Didalam komunikasi bisnis, riset pasar merupakan hal yang paling penting untuk mengetahui keinginan dan kemauan konsumen. Itulah sebabnya kenapa media sosial juga dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan riset pasar pada berbagai tingkatan konsumen. Untuk melakukan riset pasar pada media sosial cukuplah mudah, hanya dengan melakukan polling survey atau jejak pendapat, maka riset pasar bisa didapatkan dengan mudah.

9. Mendapatkan Konsumen

Tujuan Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam dunia bisnis yang utama adalah untuk mendapatkan konsumen. Nah dengan menggunakan media sosial, konsumen dengan mudah untuk didapatkan. Hal ini terjadi karena promosi atau iklan yang dilakukan pada media sosial dapat disesuaikan dengan rentang usia, jenis kelamin, wilayah domisili, wilayah penjualan hingga menggunakan fenomena viral atau trending topic. Contohnya ketika Jokowi menggunakan jacket boomber dan menjadi viral, maka banyak produsen fashion berlomba untuk menciptakan kreasi jacket boomber. Dengan begitu, pencarian konsumen dan mendapatkan konsumen menjadi lebih gampang.

10. Penentuan Target

Aplikasi media sosial memiliki fitur targeting yang memunculkan berbagai informasi mengenai konsumen yang kita jadikan target pasar. Hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi keberlangsungan bisnis. Contoh sederhanya ketika kamu memiliki bisnis fashion untuk anak remaja maka dengan menggunakan aplikasi medsos twiter dan membuat #hastag misalnya #Fashionremajakekinian, para remaja akan dengan mudah untuk melihat seluruh postingan kamu. Apalagi kalau #hastag kamu menjadi viral atau tranding topic, dijamin konsumen kamu akan melimpah sesuai dengan target yang ditentukan.

11. Lebih Efektif

Tahap-tahap Komunikasi pada dunia medsos merupakan Proses Komunikasi Efektif dijaman ini. Siapa saja dan dimana saja dapat dengan mudah untuk saling bertukar informasi. Hal ini tentunya sangat baik jika diterapkan dan digunakan dalam dunia bisnis. Perlu diingat bahwa sekarang ini, masyarakat cenderung lebih suka berjelajah ria menggunakan smartphone, sehingga komunikasi menjadi lebih efektif ketika pebisnis juga menggunakan media sosial.

12. Memperluas Pasar

Sekarang ini, pengiriman sebuah barang dari Sabang sampai Merauke semakin mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. Ketika pebisnis hanya memiliki toko di Aceh dan menggunakan media sosial dalam mengembangkan bisnisnya, maka tidak mungkin pebisnis tersebut akan mendapatkan pembeli berasal dari Jakarta atau Sulawesi atau bahkan dari Papua. Oleh sebab itu, penggunaan media sosial dalam komunikasi bisnis tidak bisa terlepas dari pengaruh jasa pengiriman atau ekspedisi. Atas dasar itu pula, area pasar dalam bisnis yang dilakukan akan semakin luas.

13. Langsung Mendapatkan Respon Konsumen

Ciri-ciri Media Sosial yang paling utama adalah berbasis pengguna. Karena berbasis pengguna, maka penggunaan bisnis dalam komunikasi bisnis akan mempermudah pebisnis untuk mendapatkan respon, umpan balik atau tanggapan dari konsumen. Respon atau feedback tersebut tentunya juga sangat penting untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen lainya, karena ketika konsumen A membeli barang dari pebisnis B dan memberikan respon atau feedback sangat memuaskan, maka konsumen C, D, dan E tidak akan ragu untuk membeli barang dari pebisnis B.

14. Meningkatkan Pengunjung website

Dengan jaman yang semakin canggih terlebih lagi google menyediakan layanan AdSense yang juga dapat memberikan pemasukan pundi-pundi dollar bagi orang-orang yang memiliki website, penggunaan media sosial juga dapat digunakan untuk meningkatkan pengunjung website. Jadi ibaratkan satu kali dayung dua – tiga pulau terlampaui. Artinya, proses perkembangan bisnis juga semakin lancar, dan disisi lain pemasukan dari AdSense juga semakin meningkat.

Sponsors Link

15. Penyebaran Informasi Lebih Cepat

Pada tahun-tahun sebelumnya, proses penyebaran informasi tidaklah begitu cepat, hal ini tentunya juga mempengaruhi bisnis. Namun kini penyebaran informasi menjadi sangat cepat. Bayangkan saja dalam 1 jam, suatu kejadian dapat langsung viral atau menjadi trending topic. Contohnya dimana ada pasangan yang melakukan perbuatan tidak terpuji dengan membawa botol air mineral Aqua, seketika itupula terjadi hastag #saveAqua dan hastag tersebut menjadi viral dimedia sosial. Secara tidak langsung, kejadian ini adalah proses promosi marketing yang sangat besar bagi produsen Aqua dan membuat Aqua menjadi lebih dikenal.

16. Melengkapi Kegiatan Pemasaran

Peran Komunikasi Pemasaran dalam bisnis sangatlah besar, itulah sebabnya perusahaan rela mengeluarkan ratusan juta untuk melakukan pemasaran terhadap sebuah produk mereka. Jika biasanya pemasaran menggunakan media TV, Radio atau media cetak seperti baliho, spanduk, poster, selebaran hingga promosi di pusat perbelanjaan, maka pemasaran dirasa tidak lengkap tanpa penggunaan media sosial dalam komunikasi bisnis.

17. Tidak Memiliki Batasan

Jika komunikasi bisnis yang dilakukan seperti iklan atau promosi melakui TV memiliki batasan, lain halnya ketika menggunakan media sosial. Jika pada satu stasiun TV,dalam satu hari iklan hanya 20 kali, maka dengan menggunakan media sosial iklan tidak memiliki batasan penayangan dan penyebaran. Terdapat ribuan grup didalam satu jenis media sosial yang dapat terus menerus digunakan sebagai media promosi. Ini menunjukkan bahwa, selain murah dan mudah, media sosial juga dapat digunakan setiap saat tergantung kebutuhan.

Demikianlah penjelasan kami mengenai penggunaan media sosial dalam komunikasi bisnis. Semoga penjelasan ini memberikan tambahan pengetahuan bagi seluruh pembaca setia pakarkomunikasi.com. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis