Sponsors Link

10 Fungsi Strategi Komunikasi Pemasaran

Sponsors Link

Beragam fungsi strategi komunikasi pemasaran akan mengikuti bagaimana sebuah proses pemasaran bisa terjadi dengan lebih baik. Menyiapkan strategi dengan baik di dalam proses komunikasi pemasaran adalah hal yang memang disarankan supaya komunikasi ini bisa berjalan dengan baik. Komunikasi pemasaran sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang baik, terutama dalam hal mengenalkan produk hingga mendistribusikannya kepada konsumen. Tanpa adanya strategi komunikasi yang baik, ini mungkin akan menjadi sulit.

ads

Berikut ini adalah beberapa macam fungsi dalam strategi komunkasi pemasaran yang bisa menjadi sebuah manfaat tersendiri bagi pelaku bisnis. Tidak hanya itu saja, fungsi-fungsi ini perlu diketahui agar kita juga bisa mengerti bahwa penting untuk menyusun strategi dalam komunikasi pemasaran.

  1. Memudahkan pembuatan kerangka komunikasi

Kerangka komunikasi pemasaran akan lebih mudah dibuat manakala telah disusun strategi dalam komunikasi ini. Ini tentu saja menjadikan proses komunikasi tersebut menjadi terlihat jelas bagaimana kerangka kerjanya. Seseorang bisa membuat sebuah outline terlebih dahulu dalam strategi yang akan digunakan sehingga pondasi dari sistematika komunikasi menjadi lebih kuat.

  1. Mengetahui latar belakang dengan lebih baik

Dengan adanya strategi komunikasi pemasaran, maka latar belakang dari suatu permasalahan atau pun segala sesuatu yang menjadi landasan dari fungsi pemasaran itu menjadi lebih mudah diidentifikasi. Fungsi ini termasuk penting, karena dapat menggambarkan cikal bakal atau asal muasal dari terjadinya sesuatu permasalahan.

  1. Membuat rincian strategi

Rincian dalam setiap strategi yang ada pada komunkasi pemasaran juga akan lebih dijabarkan karena adanya persiapan ini. Tentu saja ini menjadi poin yang juga tidak kalah penting dari fungsi strategi komunikasi pemasaran karena dengan adanya rincian yang lebih jelas, maka proses komunikasi pun bisa lebih mudah dalam pelaksanaannya.

  1. Proses komunikasi pemasaran lebih cepat

Sebagaimana telah dijelaskan pada poin sebelumnya, proses komunikasi akan menjadi lebih cepat dan efisien. Strategi yang digunakan menjadi lebih jelas dari sebelumnya. Ini merupakan fungsi yang baik, terutama dalam membuat proses komunikasi menjadi lebih efektif. Komunikasi yang efektif bisa menghasilkan produktivitas yang baik pula.

  1. Memberi kemudahan dalam menyusun komunikasi pemasaran

Fungsi yang selanjutnya yaitu adanya kemudahan dalam menyusun komunikasi pemasaran. Dengan membentuk strategi, maka proses komunikasi yang akan dilakukan lebih mudah disusun. Gambaran ini tentu sangat jelas, karena tanpa adanya strategi, proses komunikasi mungkin menjadi tidak tersusun dengan baik.

  1. Membuat alur komunikasi

Komunikasi dengan alur yang baik akan menunjukkan tahap-tahap penyelesaian yang baik pula. Ini juga bagus saat diterapkan dalam strategi komunikasi pemasaran. Penggunaan alur ini akan dimulai dari sebuah latar belakang, kemudian menunjukkan solusi yang ditawarkan. Konsumen akan lebih tertarik dengan adanya komunikasi yang memiliki alur semacam ini. Ini juga akan disesuaikan dengan model komunikasi pemasaran yang akan digunakan tentunya.

  1. Membuat komunikasi pemasaran lebih terarah

Poin-poin sebelumnya sudah memberikan gambaran bahwa fungsi dari adanya strategi pada komunikasi pemasaran adalah membuat komunikasi ini menjadi lebih terarah. Ini bisa terlihat terutama dari bagaimana proses komunikasi yang terjadi tersebut menjadi lebih tertata dan teratur.

  1. Tujuan menjadi lebih fokus

Tujuan komunikasi pemasaran adalah hal yang termasuk penting untuk ditentukan. Sama dengan poin sebelumnya, bila tujuan tidak ditentukan, maka komunikasi bisa menjadi tidak terarah. Kombinasi yang paling tepat adalah manakala alur dan tujuan komunikasi pemasaran dibuat sedemikian rupa dalam strategi sehingga komunikasi ini bisa berjalan dengan baik.

  1. Menjadi persiapan awal

Penyiapan strategi dalam komunikasi pemasaran adalah persiapan awal yang baik. Dengan mempersiakan strategi terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses komunikasi, maka hasil akhir dari komunikasi tersebut bisa menjadi lebih mudah untuk dicapai.

  1. Memudahkan koreksi

Strategi komunikasi juga akan memberikan kemudahan dalam koreksi yang diperlukan. Ini tentunya bisa diketahui dari outline atau rancangan yang sudah dibuat sebelumnya.

Beragam fungsi tersebut adalah gambaran secara garis besar mengenai bagaimana peran komunikasi pemasaran. Ada baiknya memang kita mempersiapkan strategi sebelum melakukan suatu tindakan komunikasi. Masih banyak fungsi strategi komunikasi pemasaran yang tentu saja sangat bermanfaat untuk diterapkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :