Sponsors Link

13 Makna Budaya dalam Komunikasi

Sponsors Link

Budaya merupakan suatu pola hidup yang berkembang dan dimiliki oleh semua manusia yang diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya di Indonesia memiliki ragam terlihat dari berbagai suku, ras, bahasa, adat istiadat, bangunan, dan seni. Indonesia yang kaya akan budaya sering menjadi tempat wisata bagi sebagian warga negara asing, sehingga terjadilah komunikasi yang berfungsi sebagai pertukaran informasi antara budaya lokal dengan budaya asing. (Baca juga: Pengertian Komunikasi menurut para ahli)

ads

Soemardjan dan Soemardi mendefinisikan budaya sebagai hasil karya, ciptaan, dan rasa dalam masyarakat. Hasil karya dari masyarakat akan menciptakan teknologi dan kebudayaan kebendaan dan kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat diabadikan untuk keperluan masayarakat.

Budaya bersifat dinamis sehingga dapat berubah-ubah sesuai dengan perkembangannya. Selain itu, budaya memiliki korelasi dengan komunikasi. Bahasa merupakan salah satu wujud budaya yang menjadi unsur penting dalam komunikasi yang dikategorikan sebagai komunikasi verbal. Bahasa memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang yang memiliki budaya berbeda. (Baca juga: Gaya Bahasa dalam Komunikasi)

Adapun makna budaya dalam komunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi komunikasi

Komunikasi berkaitan dengan budaya, salah satunya faktor budaya luar dapat memberikan inspirasi dan inovasi dalam suatu negara. Budaya menciptakan suatu teknologi yang dapat memudahkan manusia dalam komunikasi seperti penggunaan media sosial. Media sosial memberikan kemudahan untuk seseorang yang memiliki keterbatasan jarak. (Baca juga: Model Komunikasi)

  1. Sistem mata pencaharian

Makna budaya dalam komunikasi ini berkaitan dengan aspek ekonomi. Sistem mata pencaharian merupakan suatu budaya yang telah diwariskan dari yang terdahulu. Dahulu manusia mempunyai mata pencaharian sebagai pemburu, nelayan dan petani. Seiring dengan perkembangan zaman maka mata pencaharian pun berubah seperti adanya guru, pengusaha, dan profesi lainnya. (Baca juga: Unsur Komunikasi)

  1. Sistem kekerabatan dan organisasi sosial

Makna sistem kekerabatan dan organisasi sosial dalam komunikasi terjadi karena sistem budaya yang sudah diwariskan. Dahulu ada perkumpulan yang bertujuan untuk pertukaran informasi yang disebut paguyuban. Saat ini budaya tersebut masih sering digunakan tetapi dengan nama yang berbeda tanpa mengubah tujuannya. (Baca juga: Komponen-komponen Komunikasi)

  1. Bahasa

Bahasa merupakan makna budaya yang paling pokok. Komunikasi tanpa bahasa tidak dapat berjalan dengan baik. Bahasa tidak hanya meliputi bahasa lisan saja tetapi ada bahasa dalam tulisan maupun bahasa melalui gerak (bahasa tubuh). Tujuannya agar seseorang dapat memahami pesan yang akan disampaikan oleh komunikator. (Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi)

  1. Kesenian

Kesenian merupakan makna budaya dalam komunikasi yang diekspresikan ke dalam bentuk keindahan. Kesenian ini bisa berupa gerakan seperti seni tari, seni dengan ucapan seni suara, dan seni melalui gambaran yang dikenal dengan seni rupa. (Baca juga: Teori Strategi Komunikasi)

  1. Sistem kepercayaan (religi)

Sistem kepercayaan ada sebagai budaya yang diwariskan oleh generasi sebelumnya. Tujuannya untuk memberikan informasi mengenai hal-hal positif sebagai arahan dalam kehidupan. Kepercayaan pada generasi yang terdahulu meliputi animisme dan dinamisme. Sistem kepercayaan ini merupakan wujud komunikasi dari manusia dengan apa yang diyakini. (Baca juga: Psikologi Komunikasi)

Sponsors Link

  1. Institusi kekeluargaan atau pernikahan

Budaya memiliki makna sebagai institusi kekeluargaan atau pernikahan. Hal ini berkaitan dengan komunikasi terhadap kepercayaan. Pernikahan dan kekeluargaan merupakan anjuran dalam setiap agama untuk mengembangkan budaya dan mewariskannya ke generasi selanjutnya. (Baca juga: Pengaruh Budaya dalam Komunikasi Bisnis)

  1. Sistem ilmu dan pengetahuan

Budaya memiliki makna sebagai sistem ilmu dan pengetahuan. Budaya memberikan ilmu dan pengetahuan ketika seseorang baru beradaptasi dengan budaya lain. Setiap orang dapat mempelajari budaya orang lain yang meliputi budaya dalam bahasa, kebiasaan, pakaian, makanan dan minuman, serta kebudayaan lainnya. (Baca juga: Pengaruh Budaya dalam Komunikasi Interpersonal)

  1. Mobilitas

Mobilitas merupakan gerakan berpindah-pindah. Biasanya seseorang melalukan mobilitas untuk kepentingannya seperti perpindahan dari perusahaan, perpindahan untuk pendidikan, dan kepentingan lainnya. Setiap daerah tentu memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda. Untuk menjaga harmonis hubungan komunikasi maka seseorang harus mengenal budaya baru tersebut. Komunikasi antar pribadi dari dua kebudayaan yang berbeda ini berubah menjadi komunikasi antar budaya. (Baca juga: Elemen-elemen Komunikasi)

  1. Pola imigrasi

Makna budaya dalam komunikasi ini adalah pola imigrasi. Faktor budaya yang berbeda dapat terjadi melalu pola imigrasi seseorang yang memiliki perpindahan wilayah. Budaya dapat menciptakan komunikasi yang baik melalui adaptasi dari budaya yang berbeda terutama dari pengalaman. (Baca juga: Hambatan-hambatan Komunikasi)

  1. Kesejahteraan politik

Kesejahteraan politik artinya sistem politik dalam suatu negara dapat mencapai tujuannya sesuai dengan aturannya. Makna budaya menjadi hal yang perlu karena sistem politik melibatkan berbagai negara. Saat negara terjadi konflik maka peran budaya terutama bahasa menjadi hal penting untuk membantu perdamaian. (Baca juga: Prinsip-prinsip Komunikasi)

Sponsors Link

  1. Inovasi

Budaya memiliki makna sebagai inovasi dalam komunikasi. Inovasi adalah gagasan baru mengenai sebuah hal yang sudah diteliti. Budaya dalam negara maju akan memberikan inovasi baru terhadap negara-negara yang mengikutinya. (Baca juga: Komunikasi yang Efektif)

  1. Saling Ketergantungan

Sistem ekonomi dalam suatu negara tentu memiliki campur tangan dari negara lain untuk memajukan perusahaan negara tersebut. Adanya budaya negara maju menjadikan negara lainnya saling ketergantungan dengan negara tersebut. Selain aspek ekonomi bisa juga dari aspek sosial. (Baca juga: Etika Komunikasi)

Sponsors Link
, , ,
Oleh :