Sponsors Link

10 Manfaat Komunitas Online di Media Sosial

Sponsors Link

Manusia melakukan berbagai interaksi dengan makhluk hidup lainnya dengan cara berkumpul. Perkumpulan manusia yang melakukan aktivitas dengan tujuan yang sama disebut berkelompok. Seiring dengan perkembangan zaman, proses sosialisasi manusia menjadi hal yang lazim dilakukan untuk hal-hal yang positif. Misalnya, setiap Minggu sore kita sering melihat komunitas-komunitas yang berkumpul di taman untuk membicarakan hal yang menjadi hobi atau kebiasaan yang sama. Komunitas merupakan proses interaksi manusia yang memiliki tujuan tertentu dan mengharapkan berbagai informasi yang menguntungkan.

ads

Menurut Wenger, komunitas adalah kelompok sosial yang mempunyai habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya. Komunitas berasal dari bahasa Latin “communitas” yang terdiri dari kata “communis” artinya masyarakat, publik, milik bersama atau banyak orang. Di zaman yang serba canggih, komunitas tidak hanya dilakukan melalui pertemuan nyata. Teknologi yang canggih mempermudah suatu kelompok untuk bertukar informasi hanya melalui media online atau virtual seperti kebanyakan aplikasi handphone yang memberikan layanan berupa chat rooms. Hal ini memberikan kemudahan untuk suatu kelompok saat memberikan informasi dan opini perihal suatu masalah tertentu.

Baca juga:

Jika dilihat dari medianya komunitas dikategorikan menjadi dua bagian, yaitu komunitas online dan komunitas offline. Komunitas online merupakan komunitas yang aktivitasnya tidak terbatas karena menggunakan media online sebagai sarananya. Komunitas online lebih banyak memberikan informasi ke publik baik dalam negeri maupun luar negeri. Komunitas offline adalah komunitas yang proses sosialisasinya tidak menggunakan media online sebagai sarana penyaluran informasi, melainkan menggunakan tatap muka sebagai sarana untuk menyebarkan informasinya. Komunitas online atau e-community biasanya digunakan untuk keperluan pendidikan, pekerjaan, sosial, atau tujuan lainnya.

Adapun manfaat komunitas online adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan ruang publik baru

Ruang publik adalah tempat berkumpulnya masyarakat untuk menyatakan opini, kebutuhan, dan kepentingannya secara terbuka dan bebas. Komunitas online bermanfaat untuk menciptakan ruang publik baru di masyarakat tanpa batasan apapun. Masyarakat secara demokrasi dapat menyampaikan aspirasinya baik untuk anggota komunitas, anggota komunitas lain dan bahkan untuk pemerintah.

  1. Menjalin silaturahmi

Komunitas online memberikan manfaat untuk menjalin silaturahmi dengan sesama anggota komunitas. Dengan menggunakan internet komunikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, sehingga komunikasi lebih intens dan menciptakan keakraban antara anggotanya.

  1. Saling bertukar informasi

Setiap komunitas online terdiri dari masyarakat yang berbeda-beda ilmu dan pengalamannya. Komunitas online menjadi solusi masyarakat untuk memudahkan seseorang untuk memperoleh informasi karena menggunakan sistem internet yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, sehingga dapat saling bertukar informasi.

Sponsors Link

  1. Memperluas jaringan

Komunitas online menjadi wadah masyarakat untuk bertukar informasi secara cepat dan menjalin silaturahmi. Hal ini dapat menguntungkan anggota komunitas karena komunitas online memberikan manfaat untuk memperluas jaringan atau koneksi pertemanan. Semakin banyak jaringan maka semakin memudahkan seseorang untuk mendapatkan teman baru dan pengetahuan baru.

  1. Berbagi pengalaman

Masyarakat memanfaatkan komunitas online sebagai sarana untuk berbagi pengalaman. Komunitas yang merupakan perkumpulan dari berbagai kalangan tentu terdiri atas orang-orang yang memiliki pengalaman yang berbeda. Komunitas online memudahkan seseorang untuk berbagi pengalaman, sehingga seseorang dapat menjadikan pengalaman tersebut sebagai ilmu yang baru.

  1. Diskusi dengan para ahli

Perkumpulan dalam komunitas memiliki kegiatan yang salah satunya memberikan ruang diskusi dengan para ahli. Tujuannya untuk memberikan ilmu-ilmu baru dan berbagi pengalaman. Terkadang tanpa disadari, setiap komunitas memiliki para ahli yang sebenarnya adalah seorang yang memiliki ilmu dan pengalaman lebih banyak mengenai komunitas tersebut.

  1. Mengatasi segala masalah

Proses diskusi yang selalu diadakan dalam setaip komunitas memberikan manfaat untuk mengatasi segala masalah yang sedang dihadapi oleh seseorang. Komunitas biasanya berperan sebagai pendengar dan penasehat untuk permasalahan seseorang.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Membangun karakter dan kepribadian

Komunitas online dapat membangun karakter dan kepribadian seseorang. Komunitas merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang berbeda karakter dan kepribadiannya. Hal ini memberikan dampak positif untuk seorang yang tidak terbiasa bersosialisasi menjadi terbiasa. Orang yang introvert atau pasif dalam berbicara menjadi orang yang ekstrovert atau aktif dalam komunikasi. Keharmonisan komunitas dapat terjalin apabila setiap anggotanya dapat memahami karakter dan kepribadian masing-masing.

  1. Menciptakan kebahagiaan

Komunitas online dapat menciptakan kebahagiaan. Setiap komunitas memiliki tema atau pembahasan yang berbeda-beda. Misalnya komunitas pencinta K-Pop terdiri dari orang-orang yang menyukai K-Pop. Aktivitasnya adalah mengetahui informasi-informasi seputar K-Pop. Hal ini dapat menciptakan kebahagiaan para anggota komunitas tersebut karena menemukan teman-teman yang memiliki hobi yang sama.

  1. Peluang kerja

Komunitas online menjadi ajang untuk mencari teman baru. Semakin banyak teman maka semakin banyak informasi baru yang didapatkan. Selain itu, komunitas online juga memberikan manfaat sebagai peluang kerja untuk masyarakat yang sedang membutuhkan pekerjaan.

Demikian penjelasan terkait apa saja manfaat komunitas online, dan juga penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Akan lebih baik keberadaan teknologi tersebut dimanfatkan untuk hal-hal baik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring