Sponsors Link

30 Fungsi Periklanan dalam Dunia Pemasaran

Sponsors Link

Didalam dunia bisnis, tentunya terdapat banyak sekali Strategi Komunikasi Pemasaran yang dapat digunakan untuk membuat pemasaran produk tersebut menjadi lebih mudah dan semakil dikenal konsumen. Seperti yang kita ketahui, banyak Model Komunikasi Pemasaran dan Elemen – Elemen Komunikasi untuk membuat Proses Komunikasi Efektif, serta menjamin Komunikasi Bisnis berjalan dengan efektif. Salah satu elemen tersebut adalah iklan ataupun periklanan. Periklanan merupakan elemen pendukung yang paling penting didunia usaha modern karena Fungsi Iklan Bagi Pemasaran adalah mengarahkan komunikasi persuasif pada masyarakat selaku konsumen. Jika sebuah produk tidak diiklankan dengan baik oleh produsen dan penjualnuya, maka dapat dipastikan pembeli tidak akan memiliki informasi yang memadai mengenai produk barang dan jasa tersebut, ditambah lagi penjual atau produsen produk tersebut tidak akan mengalami kenaikan penjualan yang signifikan.

ads

Menurut beberapa ahli seperti Machfoedz mengatakan bahwa iklan merupakan cara untuk memberikan informasi dan promosi sebuah produk secara tidak langsung serta dilakukan oleh para donatur atau sponsor dari sebuah jasa atau barang tersebut. Begitu juga dengan ahli lain bernama Subagyo yang mengatakan bahwa iklan adalah bagian dari kegiatan promosi produk atau jasa yang bisa diidentifikasi serta memiliki tambahan biaya untuk membayar kegiatan tersebut. Secara tidak langsung iklan juga memiliki Peran Komunikasi Pemasaran yang sangat baik dan berguna.

Dari kedua pendapat ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa fungsi periklanan diatas adalah suatu bentuk komunikasi massa yang mempunyai sifat terbuka untuk publik untuk mempromosikan produk dan jasa secara tidak langsung serta pengguna jasa periklanan harus membayarkan beberapa biaya kepada pembuat iklan. Fungsi periklanan yang berperan sebagai Komunikasi Pemasaran yang dimaksud tergabung kedalam beberapa Bauran Komunikasi Pemasaran yang meliputi beberapa kegiatan usaha atau bisnis. Untuk itu dibawah ini beberapa fungsi periklanan yang kami bagi kedalam 2 kelompok fungsi.

Fungsi Periklanan Bagi Konsumen

Fungsi periklanan bagi konsumen tentu sangatlah besar dan bermanfaat sekali, karena akan mempermudah konsumen itu sendiri jika ingin membeli, mencari atau menggunakan sebuah produk atau jasa. Berikut ini beberapa fungsi periklanan bagi konsumen :

  1. Media atau penyedia informasi yang mungkin dibutuhkan konsumen
  2. Menjadi alat Komunikasi Persuasif antara konsumen dengan penjual atau produsen
  3. Menjadi alat yang berguna untuk mengingatkan konsumen
  4. Menunjukkan kelebihan sebuah produk atau jasa bagi konsumen
  5. Menciptakan sebuah branding bagi konsumen
  6. Memberikan dorongan agar konsumen tertarik membeli
  7. Mendidik konsumen melalui iklan produk atau jasa yang ditampilkan
  8. Mengajak konsumen untuk perduli dengan sesama
  9. Mengenalkan dunia luar bagi konsumen
  10. Memberikan pengetahuan tentang adanya potongan harga atau promosi
  11. Menggugah kesadaran konsumen untuk hidup lebih baik
  12. Menjadi alat penghibur
  13. Membangun kepercayaan konsumen
  14. Menjadi alat pengontrol bagi konsumen untuk mengetahui produk berkualitas
  15. Mempermudah konsumen mencari barang atau jasa yang dibutuhkan

Baca juga :

Fungsi Periklanan bagi Penjual atau Produsen serta Pembuat Iklan

Fungsi periklanan bagi penjual, produsen atau pembuat iklan juga sangat berguna dan bermanfaat. Berikut ini kami terangkan beberapa fungsi periklanan bagi para penjual atau pembuat sebuah produk atau jasa hingga fungsi periklanan bagi pembuat iklan itu sendiri. Berikut ulasannya :

1. Memperluas area pasar

Fungsi periklanan bagi penjual atau produsen sebuah produk yang sangat penting adalah untuk memperluas area pasar atau wilayah penjualan dari produk tersebut. Dengan adanya iklan, maka produk tersebut diharapkan akan mampu menembus seluruh lapisan pasar mulai dari pasar tradisional hingga hypermarket. Fungsi periklanan yang satu ini juga akan membuat produk tersebut memiliki area pasar yang sangat luas.

2. Meningkatkan penjualan

Setelah area pasar berhasil diperluas, maka secara otomatis dapat dikatakan penjualan produk atau jasa akan meningkat. Oleh sebab itu, fungsi dari periklanan juga tentunya langsung berkaitan dengan tingkat penjualan. Sebuah iklan yang dibuat secara baik dan benar akan menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut, dan pada akhirnya penjualan akan meningkat secara signifikan.

Sponsors Link

3. Mengurangi risiko

Fungsi periklanan sedikit banyaknya juga akan mengurangi risiko penjualan barang yang menurun ataupun barang tersebut tidak laku, karena biasanya sebuah barang atau jasa yang diiklankan secara otomatis akan banyak dilirik konsumen. Bagi penjual atau produsen, meminimalisir risiko dengan cara apapun sangatlah penting. Oleh karena itu, usahakanlah untuk mengiklankan produk yang diproduksi agar risiko tersebut bisa dihindari.

4. Memperkecil biaya pemasaran

Salah satu fungsi periklanan yang berikutnya adalah untuk memperkecil biaya pemasaran. Kenapa? karena setiap produk yang diiklankan dengan sistematis dan berkesinambungan akan membuat beberapa kebutuhan pemasaran yang harus mengeluarkan biaya besar, tidak perlu lagi untuk dilakukan. Iklan akan membuat konsumen lebih yakin untuk memilih sebuah produk dari pada langsung ditemui oleh sales promotion.

5. Mempermudah pemasaran

Pemasaran yang dilakukan akan lebih mudah jika produk atau jasa tersebut telah diiklankan. Penjual atau produsen tidak akan terlalu repot untuk membuka stand promosi atau menyebar sales – sales mereka ke beberapa wilayah, karena iklan sudah menjangkau wilayah tersebut sehingga proses pemasaran semakin cepat dan mudah.

6. Menjangkau wilayah yang luas

Sama seperti fungsi periklanan untuk memperluas area pasar, fungsi periklanan yang satu ini juga akan membuat wilayah pemasaran semakin luas karena iklan yang dibuat dapat menjangkau wilayah yang sangat luas. Contohnya, sebuah iklan yang ditayangkan di Indonesia akan dapat menjangkau wilayah dari Sabang hingga Merauke.

Baca juga :

7. Mampu mengenalkan produk dengan cepat

Fungsi periklanan yang lain adalah untuk mengenalkan sebuah produk dengan cepat, karena iklan akan memberikan informasi yagn padat, tepat dan akuran kepada konsumen hanya dalam hitungan detik atau menit. Jika menggunakan sales promotion, biasanya pengenalan produk atau jasa akan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk setiap konsumennya. Namun bila menggunakan iklan, maka waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1-5 menit saja dan dapat langsung menjangkau ratusan bahkan ribuan orang. Ada juga iklan yang hanya berdurasi dibawah 30 detik.

8. Mencegah terjadinya penyelewengan biaya promosi

Ketika sebuah produk ingin melakukan promosi menggunakan sales promotion atau cara promosi yang lainnya, maka biaya yang dikeluarkan akan sangat besar. Biaya yang besar ini tentunya akan sangat rawan untuk diselewengkan atau disalah gunakan. Berbeda dengan menggunakan iklan yang dibuat dan disebarkan oleh pihak ketiga yang memang bekerja sebagai pembuat iklan. Selain perincian dana pembuatan iklan lebih detail dan rapi, biaya yang dikeluarkan lebih terjamin dan sulit untuk diselewengkan.

9. Mampu memberikan daya tarik bagi konsumen

Fungsi periklanan yang lain adalah memberikan daya tarik bagi konsumen untuk menggunakan dan membeli produk yang ditawarkan. Hal ini terjadi karena iklan tersebut dibuat dengan baik, kreatif, unik serta menggugah hati para konsumen. Daya tarik sebuah produk sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan produk tersebut.

ads

10. Menjangkau semua kalangan

Periklanan juga akan menjangkau semua kalangan masyarakat, mulai dari kelas bawah hingga millioner sekalipun. Fungsi periklanan yang satu ini tentunya berdampak positif kepada produk ataupun kepada penjual dan produsen. Sebuah produk yang informasinya diketahui oleh semua kalangan masyarakat, secara otomatis akan beredar dan dipasarkan dengan waktu yang lama.

11. Membuka lapangan pekerjaan baru

Iklan juga berfungsi untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Fungsi yang satu ini akan dapat kita lihat dari banyaknya production house (PH) yang setiap hari merekrut model untuk dipekerjakan sebagai bintang iklan. Artinya periklanan juga dapat mengurangi tingkat pengangguran.

Baca juga :

12. Memberikan penghasilan

Setelah fungsi iklan yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru, tentunya iklan juga akan memberikan penghasilan. Penghasilan yang diberikan dari sebuah iklan tentu bukan hanya diterima oleh pembaut iklan, melainkan juga akan diterima oleh orang-orang yang menjadi model iklan serta kepada pihak yang menyebarkan iklan. Artinya periklanan akan dapat menambah pemasukan ataupun ekonomi banyak orang.

13. Mendidik konsumen sekaligus mengenalkan produk

Periklanan juga berfungsi untuk mendidik konsumen meskipun sebenarnya sedang mengenalkan sebuah produk. Fungsi yang satu ini dapat kita lihat pada salah satu iklan produk sabun mandi ataupun pasta gigi atau shampoo. Dari iklan tersebut, konsumen akan diajarkan untuk selalu menggunakan sabun ketika mandi, menggunakan pasta gigi dan menggosok gigi minimal 2 kali sehari atau menggunakan shampoo untuk membersihkan rambut. Periklanan yang mendidik lainnya, biasanya juga dapat kita temui pada iklan-iklan yang berkonten layanan masyarakat seperti anjuran tidak menggunakan Narkoba, dan lainnya.

14. Mempermudah mencari sponsor

Sebuah produk atau jasa yang sudah diiklankan tentunya akan dikenal oleh banyak orang dari berbagai lapisan ekonomi dan jabatan. Hal ini tentunya akan mempermudah produk tersebut untuk mendapatkan sponsor, baik berupa dukungan dana dan lainnya. Bahkan ketika produsen membutuhkan tambahan dana dari pinjaman bank, kemungkinan besar bank tidak akan ragu untuk mengeluarkan bantuan modal yang dibutuhkan.

15. Menciptakan citra produk yang baik

Produk atau jasa tentunya membutuhkan sebuah citra ataupun kesan yang baik dihati dan mata konsumen. Oleh karena itu, periklanan juga berfungsi untuk menciptakan citra, merk, atau kesan yang baik dihati dan mata konsumen agar produk tersebut laku dan banyak dicari oleh konsumen. Citra sebuah produk yang baik juga akan menentukan umur dari penjualan produk tersebut.

Baca juga :

Sebenarnya, masih banyak fungsi-fungsi periklanan yang lain dan berguna untuk seluruh orang yang terlibat didalam pembuatan iklan, penjual, produsen serta konsumen. Untuk itu, dilain kesempatan kami akan menuliskan fungsi-fungsi periklanan yang lainnya agar kita semakin mengetahui apa saja fungsi dari periklanan. Semoga apa yang kami tuliskan ini dapat menambah pengetahuan anda, dan tidak ragu untuk menggunakan iklan sebagai bagian untuk melakukan pemasaran produk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,