Sponsors Link

17 Penerapan Komunikasi dalam Jaringan

Sponsors Link

Ketika menggunakan internet, anda mungkin melakukan komunikasi berbasis internet, untuk menghubungi keluarga, teman atau kolega anda. Anda bisa melakukan komunikasi dengan berbagai cara, baik itu melalui email, pesan singkat, panggilan telepon, ataupun video. Internet menawarkan beragam cara yang dapat anda pilih dan gunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna internet yang tersebar di seluruh dunia (baca juga: jenis-jenis komunikasi daring).

ads

Komunikasi daring (dalam jaringan) yang menggunakan media internet sebagai saluran penghubungnya memiliki banyak kelebihan, dibandingkan dengan komunikasi analog. Anda dapat melakukan panggilan telepon atau video melalui jaringan internet berjam-jam lamanya dengan biaya yang lebih murah dibanding menggunakan jaringan telepon,  apalagi jiga anda memanfaatkan wifi kantor atau publik. Selain itu, internet juga memangkas jarak dan waktu.

Seperti telah disinggung diatas, terdapat beragam cara berkomunikasi melalui internet yang dapat anda pilih dan gunakan. Berikut ini Pakar Komunikasi akan memaparkan 17 penerapan komunikasi dalam jaringan yang cukup populer digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tahap Persiapan

Sebelum menggunakan komunikasi daring anda perlu mempersiapkan perangkat yang diperlukan untuk melakukan komunikasi daring. Perangkat tersebut terdiri dari perangkat keras (laptop, PC, ipad ataupun smartphone) perangkat lunak (software aplikasi browser, media sosial, atau pesan singkat), pengguna (brainware) serta alat pendukung lainnya seperti modem dan kuota internet atau jaringan wifi (baca juga: jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya).

2. Tahap pelaksanaan

Setelah semua perangkat pendukung komunikasi daring disiapkan, maka selanjutnya ada bisa mulai menggunakan berbagai aplikasi komunikasi daring seperti email, sosial media (facebook, twiter, instagram), pesan instant (bbm, line, whatsapp, dkk). Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut dan memlai komunikasi dengan pengguna lainnya, anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri (baca juga: macam-macam media komunikasi).

Untuk mendaftarkan diri anda perlu mengisi identitas yang di minta dan melalukan verifikasi. Data yang diminta serta proses pendaftarannya bergantung aplikasi yang anda gunakan, namu secara keseluruhan proses pendaftaran tidak akan memakan waktu yang lama dan cukup mudah dilakukan (baca juga: tata krama komunikasi sinkron).

3. Penggunaan Instant Mesagging

Instant messaging digunakan untuk berkomunikasi dalam bentuk barisan teks. Penggunaannya mirip  seperti penggunaan sms dalam mobile phone. Pengguna apliikasi instant messaging dapat berkomunikasi secara langsung (berbalas balasan) dengan pengguna yang dituju jika pengguna tersebut juga sedang online (baca juga: cara berkomunikasi dengan baik). Namun jika tidak, pesan akan tetap terkirim dan tersimpan dalam jaringan sampai target pesan membacanya.

4. Penggunaan Internet Thelephony & voIP

Internet telephony dan voIP digunakan untuk berkomunikasi dalam bentuk pesan suara. Prnggunanya dapat saling berkomunikasi langsung (berbicara berbalas balasa) seperti ketika menggunakan perangkat telepon (baca juga: komunikasi langsung dan tidak langsung). Bedanya jaringan yang digunakan merupakan jaringan internet. Selain berbicara langsung, saat ini anda juga sudah dapat mengirimkan pesan suara, meskipun penggunanya sedang tidak online, seperti halnya pesan teks. Untuk melakukan panggilan telepon ini, pengguna harus memiliki mikrofon dan speaker pada perangkat internetnya.

5. Penggunaan Email

Email merupakan penerapan komunikasi daring dalam bentuk surat-menyurat. Sama seperti surat yang dikirimkan lewat kantor POS, surat yang dikirim melalui email berisi sebuat pesan teks (tulisan) yang sifatnya formal ataupun non formal. Bedanya pesan yang dikirimkan melalui email berbentuk digital, dan dikirimkan melalui jaringan internet (baca juga: komunikasi digital).

Sponsors Link

6. Penggunaan Internet Relay Chat

Internet Relay Chat atau disingkat IRC digunakan untuk berkomunikasi, bertukar informasi ataupun pesan, dalam  bentuk barisan tulisan. Biasanya pesan yang dikirimkan hanya berupa beberapa baris kalimat pendek, dan saling berbalas – balasan. Komunikasi dapat dilakukan secara bebas dengan semua pengguna, tanpa dibatasi dengan keanggotaan tertentu, ataupun topik bahasan tertentu (baca juga: internet sebagai media komunikasi).

7. Penggunaan Video Conferencing

Vidfeo conference digunakan untuk melakukan komunikasi online dalam bentuk audio video. Dengan menggunakan video conference, pengguna dapat melihat langsung wajah orang yang diajak berkomunikasi dalam bentuk video yang ditampilkan melalui perangkat internet yang digunakan. untuk dapat melakukan panggilan ini, selain speaker dan mikrofon perangkat juga harus memiliki camera.

8. Penggunaan Websites

Website digunakan untuk mempresentasikan informasi dalam bentuk teks, gambar, audio, maupun video yang dapat di akses oleh pengguna internet kapan saja mereka memerlukannya (baca juga: jenis metode komunikasi daring). Berbagai bentuk informasi tersebut disimpan dalam ternet webserver, sebelum akhirnya diubah kedalam bentuk hypertext sehingga dapat ditampilkan melalui perangkat internet. Informasi tersebut bisa berupa sebuah artikel edukasi mengenai suatu hal, promosi suatu produk, atau sekedar profil perusahaan.

9. Penggunaan Forum

Forum digunakan sebagai media diskusi antar anggota suatu kelompok tertentu dalam dunia maya. Biasanya anggota diskusi tergabung atas minat atau ketertarikan yang sama dalam suatu hal. Suatu furum diskusi biasanya mengangkat berbagai  topic tertentu secara khusus, kemudian anggotanya dipersilahkan mengungkapkan pendapatnya secara bebas. Tak jarang orang yang biasanya pasif di dunia nyata, dapat menjadi lebih aktif ketuka mealkukan diskusi di dunia maya (internet).

10. Penggunaan Mailinglist

Milis atau mailinglist juga dapat digunakan untuk saling berdiskusi atau mengirimkan suatu informasi kepada sesama anggotanya. Bedanya komunikasi dilakukan melalui email. Oleh sebab itu anggota mailing list harus memiliki email dari penyedia layanan email yang sama dengan anggota lainnya, untuk dapat bergabung dalam suatu grup (baca juga: jenis jenis komunikasi).

ads

11. Penggunaan Newsletter

Newsletter digunakan oleh bagian humas dari suatu perusahaan atau organisasi untuk memberikan informasi mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Baik mengenai produknya, profil perusahaan, atau hal lain yang dapat membantu pembacanya dalam berhubungan bisnis dengan perusahaan tersebut (baca juga: media komunikasi modern).

12. Penggunaan Social Network

Sosial network digunakan untuk berkomunikasi secara publik. Biasanya profil penggunanya akan ditampilkan sehingga pengguna lainnya dapat mengenali dan mengetahui profil diri pengguna. Banyaknya informasi yang ditampilkan bergantung pengaturan yang dilakukan penggunanya. Sosial media dapat digunakan untuk beragam aktivitas komunikasi, mulai dari berbagi informasi, foto , video atau hanya berupa komentar mengenai sesuatu (baca juga: etika komunikasi di internet).

13. Penggunaan Teleconference

Teleconference biasa digunakan untuk melakukan rapat jarak jauh. Dengan teleconference, komunikasi antar perserta rapat dapat dilakukan meskipun berada di tempat atau wilayah yang berbeda (berjauhan). Untuk dapat melakukan hal ini penggunanya harung memiliki webcam (camera), speaker, dan juga microphone. Selain itu koneksi internet yang digunakan juga harus stabill, agar tidak menganggu kelancaran jalannya rapat.

14. Penggunaan Internet Fax

Internet fax digunakan untuk berkomunikasi melalui faksimili lewat jaringan internet. Fungsinya sama seperti pengiriman faksimili biasa, mesin yang digunakan pun sama, yang membedakannya hanya saluran pengirimannya (baca juga: fungsi komunikasi daring). Internet fax lebih unggul dalam hal efisiensi, kemudahan dan kepraktisan pengiriman faksimili.

15. Penggunaan File Transfer Protocol

File Transfer Protocol atau disingkat FTP digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat komputer yang terhubung. Dengan FTP, pengguna dapat mengambil atau memindahkan file atau dokumen dari satu komputer ke komputer lainnya (baca juga: tujuan komunikasi dalam jaringan). Hal ini tentunya lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan melakukan pemindahan berkas dalam bentuk cetakan (kertas).

16. Penggunaan Telnet

Telnet digunakan untuk mengakses komputer jarak jauh (baca juga: komunikasi digital). Dengan telnet, pengguna yang memiliki user id dan password yang diperlukan, akan dapat melihat, membaca, dan melakukan aktifitas lainnya terhadap data atau informasi yang disimpan pada komputer tersebut, meski tidak berada didepan komputer target atau dari jarak jauh.

17. Penggunaan Search Engine

Search engine digunakan untuk membantu dan memudahkan pencarian informasi yang tersedia dalam jaringan internet. Seperti kita ketahui, beragam informasi disajikan oleh milyaran website yang ada dalam internet. Akan sangat merepotkan jika harus memeriksa satu persatu website tersebut untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Search engine membantu pengguna internet untuk melakukan pemilahan, dan memunculkan link website yang sesuai dengan informasi yang kita cari. Contoh search engine yang cukup popular digunakan misalnya Google.com

Demikian artikel mengenai penerapan komunikasi daring ini. Sebelum berkomunikasi menggunakan jaringan internet anda harus mempersiapkan perangkat internet serta sarana pendukung lainnya yang diperlukan agar dapat terhubung dengan internet. Setelah itu anda perlu mendaftar sebagai pengguna, baru kemudian menggunakan berbagai aplikasi komunikasi daring tersebut.

Terdapat beragam aplikasi komunikasi daring yang dapat anda gunakan untuk berkomunikasi dengan penggguna internet lainnya, seperti email, instant messaging, voIP, teleconference, Internet Relay Chat, website, sosial media, newsletter, mailinglist, forum, search engine, dan sebagainya.

Akhir kata Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, penambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat!^^

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital